4 Tahap Persiapan Membuat Karya Seni Rupa

wpid-img_20150531_050847.jpg

Semangat pagi penulis konten dan ghost writer Indonesia! Kita telah mengenal dua jenis pendekatan membuat gambar bentuk dan langkah-langkah berkreasi membuat gambar bentuk. Artikel ini akan menjelaskan tahap persiapan membuat karya seni rupa yang akan dipajang di dalam ruang pameran maupun di-display dalam ruang koleksi benda seni milik pribadi.

Berkarya seni yang baik dapat menciptakan bentuk-bentuk baru yang artistik dan estetik. Keberhasilan berkarya tiga dimensi ditentukan oleh pencipta dan media yang digunakan. Menyiapkan karya dengan kreasi dan membuat sendiri atau mengembangkan beberapa gagasan atau ide yang bersumber dari daerah setempat. Karya tersebut dapat berupa benda yang memiliki fungsi atau guna bagi kehidupan sehari-hari maupu benda seni murni.

Sebelum menyiapkan karya seni kriya, sebaiknya kita mengetahui cara atau media yang digunakan dalam membuat seni kriya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai cara membuat benda seni adalah:

1. Membentuk

Pengertian membentuk adalah ide atau gagasan yang diekspresikan berwujud tiga dimensi yang memiliki nilai indah dan nilai seni dengan menggunakan media atau alat tertentu. Terdapat beberapa cara membentuk karya seni rupa, yaitu: konstruksi, analitik dan memutar. Membentuk karya seni rupa dengan cara menggunakan keterampilan tangan disebut konstruksi.

2. Media atau bahan pembentuk

Media atau bahan yang digunakan untuk membentuk umumnya terbuat dari bahan elastis atau lunak. Contoh media pembentuk karya seni rupa adalah gips, tanah liat, malam, bubur kertas, plastisin, dan lain-lain. Alat yang digunakan sebagai media pembentuk adalah alas papan, tangan, alat putar atau kayu pipih. Bahan membuat karya seni rupa yang sering digunakan pada usaha gerabah. Kaolin disebut juga tanah liat Cina karena berwarna putih dan warnanya tidak berubah walau telah melalui proses pembakaran.

3. Wujud karya seni membentuk

Beberapa hasil karya seni dibentuk dengan cara tertentu, dapat berupa kerajinan atau kriya. Contoh: kerajinan keramik untuk peralatan rumah tangga atau gerabah. Benda karya seni rupa lainnya adalah patung, guci, perkakas batu, gerabah, batu bata, dan lain-lain.

4. Teknik membentuk

Teknik atau cara yang digunakan dalam membuat karya seni rupa antara lain dengan cara membentuk. Untuk mendapatkan sebuah hasil karya yang baik dan indah diperlukan keterampilan seniman, bahan, dan alat pembentuk. Untuk membuat karya cetak cor, bahan dituangkan pada alat cetakan. Selain itu, terdapat alat yang digunakan untuk membentuk karya seni rupa antara lain sudip, pisau, penggores dan lain-lain.

Semoga tulisan ini bisa menjadi referensi bagi setiap content writer dan freelancer writer di Indonesia. Ayo menulis!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

2 thoughts on “4 Tahap Persiapan Membuat Karya Seni Rupa”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *