7 Konsep Acara Halal Bihalal Keluarga Kreatif, Murah dan Menyenangkan

7 Konsep Acara Halal Bihalal Keluarga Kreatif, Murah dan Menyenangkan
7 Konsep Acara Halal Bihalal Keluarga Kreatif, Murah dan Menyenangkan

Ide acara halal bihalal keluarga besar bani yang dibuat dengan kreatif, murah dan menyenangkan merupakan impian semua orang. Acara halal bihalal keluarga besar menjadi kegiatan temu kangen bagi anggota keluarga yang terpisah selama berbulan-bulan. Kegiatan ini sekaligus menjadi acara penambah kerukunan di antara anggota keluarga besar yang semakin bertambah jumlahnya. Berikut ini penulis sajikan beberapa ide kreatif konsep acara halal bihalal atau reuni keluarga besar yang bisa anda terapkan di rumah.

1. Lomba Memasak

Ide kreatif halal bihalal pertama adalah lomba memasak. Setiap orang suka makan, bukan? Halal bihalal keluarga besar menjadi semakin semarak jika kita mau mengadakan kegiatan lomba memasak antar keluarga.

Lomba memasak dalam acara halal bihalal keluarga besar bani tertentu bisa menghasilkan keakraban dan canda tawa diantara keluarga besar. Tak jarang kita bisa mendengarkan komentar antar keluarga saling memberi ucapan bercanda dan mendukung anggota keluarga yang lain.

Lomba memasak dalam acara halal bihalal juga membantu menghemat biaya konsumsi yang dikeluarkan oleh panitia pelaksana. Hasil karya lomba memasak ini akan menjadi menu konsumsi utama anggota keluarga yang hadir meskipun panitia pelaksana bisa saja menambah ragam sajian menu dengan menghadirkan jasa boga (catering) yang lain.

Anda bisa meminta bantuan tetangga untuk menjadi juri lomba memasak ini. Kriteria penentuan pemenang lomba memasak antara lain dari cita rasa makanan, kekompakan tim, dan kreatifitas cara penyajian makanan.

2. Family Outbond

Butuh ide permainan keluarga besar? Ini dia. Halal bihalal keluarga besar tidak harus selalu diadakan di dalam ruangan. Sesekali Anda bisa mencoba mengadakan family outbound atau permainan luar ruangan antar keluarga.

Permainan ini mempertemukan antar tim keluarga satu dengan keluarga lain. Kita bisa membuat sistem permainan yang menyenangkan, kompetitif, sekaligus menghibur. Pilihlah jenis permainan yang aman dilakukan oleh semua anggota keluarga dari segala usia.

Jenis permainan family outbound yang bisa kita terapkan antara lain permainan kerjasama memindahkan air dari sebuah wadah ke wadah yang lain secara estafet. Permainan estafet air ini tentu saja menghasilkan canda-tawa di antara anggota keluarga.

Boleh jadi diantara anggota keluarga Anda ada yang gagal memindahkan air dan tubuh mereka menjadi basah oleh air. Itulah salah satu keakraban yang tercipta dalam permainan Family Outbound di acara halal bihalal keluarga besar. Menarik, bukan?

3. Photobooth Keren

Generasi milenial jaman sekarang suka berfoto dan bergaya didepan kamera. Konsep acara halal bihalal keluarga kreatif berikutnya yang wajib Anda coba adalah menghadirkan foto booth dengan latar belakang yang kekinian dan keren.

Anggota keluarga muda terbiasa untuk mengekspresikan dirinya melalui foto-foto dengan background terbaru dan tulisan dengan caption yang menarik.

Panitia pelaksana hendaknya membuat menyediakan phootobooth yang dirancang secara sederhana namun mewakili semangat anak muda yang kekinian dan kreatif dalam berekspresi.

Anda bisa menambahkan beberapa caption pada aksesoris foto booth seperti: ‘Ganteng sejak lahir’, ‘Cantik sejak jam 6 pagi’, ‘Pemburu THR’, ‘Keluarga kece badai’, dan lain-lain. Anda bisa berekspresi menggunakan caption-caption menarik yang tidak akan terlupakan ketika anak-anak muda itu memajang foto halal bihalal mereka di akun sosial media.

4. Tukar Kado

Hal yang paling ditunggu oleh anak kecil ketika menghadiri acara halal bihalal keluarga besar adalah mendapatkan kado dari orang-orang dewasa yang mereka kenal. Oleh karena itu konsep acara halal bihalal krearif yang bisa anda terapkan di keluarga anda adalah memberikan kado kepada anak-anak kecil.

Aturan mainnya sebagai berikut: setiap kepala keluarga yang menghadiri acara halal bihalal diwajibkan membawa sebuah kado untuk dijadikan door prize. Door prize tersebut ditentukan nilai nominalnya dengan rentang nilai rupiah tertentu, misal Rp20.000-Rp30.000. Nilai nominal ini tidak harus mahal asalkan barang itu berguna bagi penerimanya.

Selain itu, perlu Anda tetapkan juga cara membungkus kado atau doorprize tersebut. Pilihan paling mudah dan netral adalah membungkus kado serta doorprize dengan sampul kertas berwarna coklat yang mudah dijumpai di toko kelontong sebelah rumah.

Kegiatan tukar-menukar kado ini bisa diawali dengan pengambilan nomor undian kado. Setiap kado terlebih dahulu telah ditulis angka sejumlah kado yang terkumpul. Setiap kepala keluarga diberikan kesempatan untuk mengambil kado tersebut. Inilah bagian paling menarik yang bisa anda terapkan di akhir acara halal bihalal keluarga yang kreatif dan meriah.

5. Kuis Berpasangan

Acara halal bihalal keluarga yang kreatif dan menyenangkan tidak harus diisi dengan permainan yang membutuhkan banyak peralatan. Anda juga bisa mencoba mengadakan fun game berpasangan antara suami dan istri.

Aturan mainnya adalah sebagai berikut: suami atau istri berdiri dengan posisi saling membelakangi punggung. Mereka berdua mendapatkan pertanyaan yang sama dan tidak boleh saling melihat jawaban pasangannya. Jika jawabannya benar, maka mereka harus mengangkat tangan kanan. Jika jawabannya salah maka mereka mengangkat tangan kiri. Jadi hanya duq ada pilihan jawaban, yaitu BENAR dan SALAH.

Jika kedua pasangan kompak mengangkat tangan kanan atau kirinya maka bisa dipastikan keduanya kompak dalam berbagai hal. Sebaliknya, jika jawaban keduanya tidak sama maka keduanya perlu mendapatkan tindakan khusus usai fun games.

Acara permainan berpasangan ini bisa menghasilkan canda-tawa di kalangan keluarga besar yang hadir. Mereka pun akan memberikan ledekan atau candaan yang bisa menyegarkan suasana pertemuan keluarga besar.

Namun ada aturan tidak tertulis dalam permainan ini, yaitu kedua pasangan dilarang baper jika terjadi miskomunikasi di antara keduanya antara di antara keduanya jika terjadi miskomunikasi di antara keduanya antara keduanya.

Asyiknya kumpul bareng keluarga besar.
Asyiknya kumpul bareng keluarga besar.

6. Arisan Keluarga

Acara halal bihalal keluarga besar sesekali perlu melaksanakan arisan keluarga. Arisan keluarga tidak harus berupa uang, tapi bisa juga berupa barang maupun jasa yang dilakukan secara bergilir.

Arisan keluarga jika dirupakan uang maka tentukan jumlah nilai nominal yang mampu dibayar oleh seluruh anggota keluarga besar. Setiap keluarga memiliki kemampuan ekonomi yang tidak sama. Oleh karena itu panitia pelaksana harus memperhatikan kemampuan setiap anggota untuk membayar arisan yang berupa uang.

Lain halnya jika arisan keluarga berupa kegiatan atau jasa, misalkan arisan kerja bakti membersihkan rumah salah satu anggota keluarga besar. Maka hal ini bisa menjadi acara yang seru dan mengakrabkan di antara anggota warga besar. Itu acara halal bihalal keluarga besar ini terbilang murah dan tidak membutuhkan banyak biaya.

7. Kuis Silsilah Keluarga

Tujuan paling utama dalam kegiatan halal bihalal keluarga besar adalah memperkenalkan setiap anggota keluarga agar mereka memahami silsilah keluarga besar mereka. Oleh karena itu setiap panitia pelaksana acara halal bihalal keluarga besar hendaknya memiliki data terkini yang memuat susunan nama anggota keluarga besar beserta silsilah keluarga besar mereka.

Panitia pelaksana hendaknya terlebih dulu menginformasikan silsilah keluarga besar melalui beragam media yang bisa ditempuh, baik melalui grup WhatsApp maupun print out tulisan silsilah keluarga besar. Setelah diberikan informasi tersebut maka setiap hadirin yang mengikuti acara halal bihalal keluarga besar diberikan kesempatan untuk mengikuti kuis.

Kuis silsilah keluarga besar diberikan kepada setiap hadirin dengan harapan setiap orang mengetahui silsilah keluarga mereka dan tidak terputus tali silaturahim diantara anggota keluarga besar yang berusia muda. Kegiatan ini mutlak diperlukan jika anda ingin tetap menyambung tali silaturahim diantara keluarga besar yang kemungkinan besar telah berdiaspora ke berbagai daerah di Indonesia.

Itulah 7 ide acara halal bihalal keluarga besar yang bisa anda terapkan di keluarga anda. Konsep acara halal bihalal keluarga besar ini terbilang kreatif, berbiaya murah, dan menghasilkan kesenangan bagi setiap anggota keluarga yang hadir. Selamat merencanakan acara halal bihalal keluarga besar. Semoga keluarga anda selalu rukun, sehat, memiliki rejeki melimpah, damai, dan saling menyayangi.

Bagikan tulisan ini:

13 Replies to “7 Konsep Acara Halal Bihalal Keluarga Kreatif, Murah dan Menyenangkan”

  1. Tukar kado sudah pernah.
    lomba masak juga sudah pernah.
    tapi kalau bikin games di luar ruangan itu yang belum pernah.
    agak ribet sih karena harus mengatur banyak orang supaya permainan tetap fair.

  2. Konsep acaranya bagus. Tinggal pelaksananya bisa bagus apa tdk. Semua tergantung MCnya. Dana kecil tdk masalah asal bisa kreatif kelola SDM.

  3. membuat acara reuni keluarga gampang2 susah. kalau dari sananya anggota keluarga itu tidak rukun ya kesulitan bagi kita untuk membuat acara yang kompak dan menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *