Bagaimana Cara Menemukan Ide Tulisan Secara Konsisten?

Airy Room - Aplikasi Booking Hotel Murah Terpercaya
Airy Room – Aplikasi Booking Hotel Murah Terpercaya

Menulis artikel blog pribadi sebenarnya bukan perkara sulit. Sebagai tulisan pribadi, Anda bebas menuangkan segala ide yang terlintas di pikiran Anda. Mungkin Anda tertarik pada satu atau beberapa tema kepenulisan, misalnya pendidikan, bisnis, olahraga, teknologi, ataupun politik. Seharusnya Anda tidak memiliki tekanan dari pihak manapun agar Anda bisa menuliskan ide-ide artikel menurut alam berpikir Anda.

Pada kenyataannya tidak semua orang bisa mengungkapkan ide-ide dalam pikiran mereka menjadi sebuah tulisan. Sebagian besar orang justru terkendala perbendaharaan kata saat menulis artikel blog pribadi. Padahal menurut saya, setiap orang terlahir ke dunia dengan dibekali Tuhan kemampuan berkomunikasi yang bagus. Perbedaan cara berkomunikasi antara satu orang dengan orang lain yang membedakan mengapa terlahir penulis hebat dan para orator ulung.

Langkah pertama untuk mendapatkan ide menulis adalah Anda harus menerima kondisi diri Anda secara ikhlas. Jangan pernah mengutuk diri sendiri ataupun menyesal karena tidak dapat merangkai kata menjadi kalimat. Setiap orang terlahir unik. Jika Anda tidak dapat menulis segera, segera tonton video Youtube di channel kesukaan Anda. Nikmati setiap detik tontonan tersebut. Buat diri Anda senyaman mungkin saat menonton video itu. Saat dunia Anda merasa sangat nyaman maka aliran informasi dapat Anda kumpulkan dengan mudah.

Langkah selanjutnya adalah Anda menuliskan semua bentuk informasi yang telah Anda tangkap dalam video tadi. Jangan takut salah. Tulis saja semua hal yang Anda ketahui dari video tadi. Entah hal penting ataupun remeh, semua bentuk informasi itu layak dibagi kepada pembaca. Anda tidak tahu pembaca sedang mencari informasi yang mana, bagikan saja semua yang Anda miliki. Percayalah, pembaca akan mampu menyaring informasi mana yang mereka butuhkan dan mana informasi yang harus ditinggalkan.

Terakhir, teruslah menulis dan jangan buru-buru melakukan revisi tulisan. Tidak perlu takut Anda melakukan kesalahan penulisan ejaan. Selesaikan saja ide-ide yang tersimpan dalam pikiran Anda sehingga saat itu Anda tidak memiliki beban pikiran. Jika hal itu sudah Anda lakukan maka tanpa sadar Anda telah mengatasi hambatan menulis. Mungkin Anda tidak akan percaya bahwa artikel yang sedang Anda baca inipun hasil dari menulis bebas dari tontonan video youtube.

Selamat mencoba tips menulis ini. Semoga Anda betah ngeblog!

Bagikan tulisan ini:

One Reply to “Bagaimana Cara Menemukan Ide Tulisan Secara Konsisten?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *