Agus Siswoyo - Aktifitas penjelajahan alam dan berlibur di daerah pantai

Banyak Pengalaman, Banyak Inspirasi Ngeblog

Beberapa kawan saya mengeluh tidak mampu update artikel blog secara rutin. Padahal kemampuan teknis ngeblog mereka mumpuni. Untuk masalah yang satu ini, saya menyarankan agar kawan-kawan banyak mengalami peristiwa menarik. Nah, caranya adalah banyak melihat, banyak mendengar, banyak merasa, dan banyak merekam kejadian.

Kriteria peristiwa menarik dan tidak menarik itu sifatnya subyektif. Anda bisa menganggap semuanya menarik. Tidak masalah. Itu hak Anda. Kendatipun orang lain menvonis jelek, tetaplah menulis. Alah bisa karena biasa. Anda akan memiliki kemampuan menulis seiring dengan bertambahnya perulangan kegiatan olah pikiran. Semakin banyak pengalaman Anda miliki, makin luas cara pandang Anda dalam mengulas sebuah kejadian.

Akan menjadi tidak mudah bila Anda tidak bisa konsisten pada usaha yang sudah Anda perjuangkan. Ini berlaku dalam hal apapun, bukan hanya di dunia blogging. Hasil yang Anda dapatkan sebanding dengan usaha yang sudah Anda lakukan. Pengalaman baik dan buruk, serta beragam pro dan kontra yang menyelimuti langkah kita, adalah bagian dari proses pencerdasan diri. Dan semua itu layak ditulis di blog.

Percayalah, tidak ada tulisan buruk di blog. Yang ada hanyalah respons pembaca blog yang suka dan tidak suka terhadap artikel Anda. Dan kabar baiknya, Anda tidak perlu menghiraukan komentar mereka. Hidup Anda tidak akan pernah berubah hanya karena mereka menyukai tulisan Anda, begitu juga sebaliknya. Ada baiknya Anda tetap fokus pada tujuan ngeblog Anda semula. Apakah ngeblog untuk tujuan bisnis online maupun membangun personal branding, sah-sah saja.

Semakin banyak cerita dan pengalaman yang Anda bagi, Anda makin kaya wawasan. Blogging adalah dunia yang terus berkembang. Tulisan Anda pun akan berkembang sesuai dengan perkembangan alam berpikir Anda. Ketika Anda berhenti menjalani pengalaman di dunia nyata maupun dunia maya, maka semakin sedikit ide menulis yang akan terlintas dalam pikiran Anda.

Bagaimana jika Anda tertarik memanfaatkan pengalaman orang lain dan menuliskannya dalam artikel blog Anda? Tidak masalah. Inspirasi bisa datang dari mana saja dan dari siapa saja. Yang perlu Anda ketahui adalah tidak semua orang mau kisah hidupnya dipublikasikan. Itu adalah hak privasi setiap orang. So, bagikan lebih banyak kisah inspiratif dari kehidupan pribadi Anda. Semoga terinspirasi.

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *