Langkah Menggambar Bentuk Dengan Menggunakan Model

Kaligrafi Santri TPQ Al-Mujahiddin
Gambar Masjid Karya Santri TPQ Al-Mujahiddin Guwo

Halo freelancer writer dan content writer Indonesia! Bagaimana kabar Anda hari ini? Semoga musim hujan yang mengguyur Indonesia bisa menyegarkan pikiran kita. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas dua jenis pendekatan yang digunakan dalam menggambar bentuk. Maka artikel kali ini akan menjelaskan langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam menggambar bentuk dengan bantuan sebuah model.

Untuk mewujudkan karya yang artistik diperlukan daya cipta seniman. Media yang digunakan untuk sebuah karya seni rupa dengan cara membentuk dapat dilakukan dengan bahan lunak dan tanah liat. Berbeda dengan seni rupa, seni lukis membutuhkan langkah-langkah tertentu untuk menghasilkan gambar bentuk.

Salah satu cara termudah menggambar bentuk adalah dengan menggunakan sebuah model. Model merupakan sebuah obyek yang akan menjadi inspirasi menggambar karya seni. Langkah-langkah menggambar bentuk dengan pendekatan model meliputi berikut ini:

1. Pengamatan

Pengamatan adalah kegiatan untuk mengenali obyek yang akan digambar. Benda yang diamati dengan seksama dan berulang-ulang. Pengamatan membutuhkan ketenangan pikiran seniman dan obyek yang diamati hendaknya dalam kondisi diam. Bila obyek yang dijadikan model dalam keadaan bergerak maka akan menyulitkan pembuatan sketsa gambar.

2. Sketsa

Sketsa adalah kegiatan memindahkan hasil pengamatan di atas bidang gambar dengan cara menyeket obyek gambar satu per satu secara tipis. Sketsa dilakukan secara cepat agar tercipta gambar kasar dari model yang sedang digunakan. Pada umumnya sketsa dibuat menggunakan cat atau tinta hitam.

3. Menentukan gelap terang

Menentukan gelap terang adalah memberikan tanda batas yang tipis antara bagian yang terang dan gelap dengan memperhatikan cahaya. Unsur pencahayaan merupakan salah satu faktor penting dalam menciptakan keindahan sebuah gambar. Arah datangnya cahaya menentukan bagian model mana yang memiliki bayangan dan tidak.

4. Menentukan teknik

Terdapat berbagai macam teknik menggambar bentuk sehingga bisa dihasilkan sebuah gambar atau lukisan yang indah. Apabila menggunakan pensil gambar atau pencil warna, teknik yang tepat dipakai untuk menggambar adalah arsir atau dusel. Apabila menggunakan cat air, teknik yang tepat adalah aquarel. Teknik menggambar saat ini berkembang semakin beragam seiring dengan kemajuan teknologi ciptaan manusia.

Mudah-mudahan artikel ini bisa menambah wawasan ghost writer dan penulis lepas Indonesia dalam mempelajari kesenian.

2 Replies to “Langkah Menggambar Bentuk Dengan Menggunakan Model”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *