Peranan Pikiran Bawah Sadar Dalam Membentuk Kreatifitas

Kalau ngomongin pikiran bawah sadar, yang terlintas dalam bayangan saya adalah acara hipnotis para magician seperti Uya Kuya, Damien, Deddy Corbuzier dan kawan-kawan. Itu tuh, program televisi yang lagi disorot karena membuka aib orang lain. Tapi kali ini saya nggak bahas pro-kontra gossip itu, saya lihat aksinya saja. Pernah satu kali ada pengunjung mall yang dihipnotis mampu bergaya, menyanyi dan menari mirip Cinta Laura. Padahal itu di tempat umum, rasa percaya dirinya bisa berlipat ganda kalau dia lagi berada di alam bawah sadar.

Sementara itu, kita kembalikan lagi kepada hakikat manusia yang diciptakan Tuhan sebagai makhluk paling sempurna dengan berbagai potensi dahsyat yang ada di dalam pikirannya. Sayangnya sebagian besar dari kita tidak mau menggali potensi tersebut. Penyebabnya bisa jadi karena sudah berada di level nyaman. Ngapain nguras pikiran kalau dengan diam pun hidup kita sudah maknyus, mungkin begitulah kira-kira kalimat yang mewakili zona aman dan nyaman manusia.

Lalu kita balikkan lagi kepada orang yang di hipnotis tadi. Mengapa dia bisa tampil enerjik dan lincah bergaya aksen Cinta Laura tanpa merasa malu dilihatin orang-orang satu mall? Karena dia berada di alam pikiran bawah sadar dan keluar dari zona nyaman. Menurut beberapa referensi yang saya dapat, potensi manusia seperti halnya fenomena gunung es. Yaitu 10% berada di alam sadar, sementara 90% berada di alam bawah sadar. Maka tak mengherankan kalau orang yang lagi dihipnotis bisa tampil percaya diri, bisa melompat tembok setinngi 3 meter, makan api dan atraksi menakutkan lainnya.

Peranan Pikiran Bawah Sadar Dalam Membentuk Kreatifitas

Talking Guy Vs Quiet Guy

Lagi-lagi saya mengacu kepada materi seminar menggali kreatifitas dari Oom Hengki Setiawan. Dalam kesempatan tersebut dijelaskan alasan mengapa kita sulit mendulang ide, seret kata-kata inspiratif dan tidak bisa menuangkan gagasan menjadi nyata. Jawabnya adalah karena kita masih dominan menggunakan pikiran sadar (Talking Guy) dibanding pikiran bawah sadar (Quiet Guy). Kalau sudah ketahuan penyebabnya, maka seharusnya sudah tahu solusinya. Yaitu mengubah dominasi pikiran sadar menjadi pikiran bawah sadar.

Apa beda Talking guy dan quiet guy? Kedua-duanya bermakna pintar tapi berbeda levelnya. Dalam bahasa Inggris, Talking Guy identik dengan kata CLEVER, sementara Quiet Guy identik dengan CREATIVE. Yang termasuk pikiran sadar adalah kemampuan analitis, ingatan jangka pendek, berpikir rasional dan kehendak atau keinginan diri. Sedangkan pikiran bawah sadar meliputi kreatifitas, emosi, intuisi, gerak refleks, kepribadian diri, ingatan jangka panjang dan keyakinan atas nilai-nilai yang dianutnya.

Peranan Pikiran Bawah Sadar Dalam Membentuk Kreatifitas

Mengoptimalkan Pikiran Bawah Sadar

Pernahkah Anda tiba-tiba merasa kebanjiran ide waktu lagi bersemedi di kamar mandi? Saya yakin sebagian besar orang pernah mengalaminya. Hal ini terjadi karena pikiran yang sedang mengambil alih kita pada waktu di kamar mandi adalah pikiran bawah sadar. Secara mental dan fisik kita merasa rileks dan siap melepaskan pikiran sadar.

Coba saya tanya, apakah waktu mandi Anda masih terus berada pada proses berpikir. Misalnya Anda perhitungkan sabun yang terpakai harus sekian sentimeter, shampoo yang dituang sekian mili, lalu air yang dipakai sekian meter kubik dan seterusnya. Saya yakin nggak ada orang yang iseng banget melakukan hal ini. Secara naluri kita semua tahu kegiatan apa yang harus dilakukan di kamar mandi tanpa perlu perencanaan sebelumnya.

Ada banyak panduan yang mengajarkan agar kita bisa mengoptimalkan pikiran bawah sadar. Setahu saya ada yang berbentuk seminar tatap muka, training hypnosis, buku cetak, DVD panduan, online course dan lain-lain. Anda bisa memilih salah satu yang sesuai dengan gaya belajar Anda. Atau kalau mau murah meriah Anda bisa melatih pikiran bawah sadar dengan sering-sering mengisi buku teka-teki silang (TTS), membaca buku referensi dan menyalurkan hobby.

Selamat mencoba! Enjoy Blogging, Enjoy Writing!

 

54 Replies to “Peranan Pikiran Bawah Sadar Dalam Membentuk Kreatifitas”

  1. bener2, pernah kok kebanjiran ide, tapi emang sulit ngaktifin lagi, bukan tidak bisa loh mas. asal tau caranya. hehehe.

  2. Jadi teringat frekuensi yang dihasilkan otak saat berfikir, saat tidur, saat hampir tidur mempunyai frekuensi yang berbeda2.. Yang paling mudah menerima ide adalah saat kita rileks dan tidak memikirkan apa2.. seperti saat mau tidur

  3. menyalurkan hoby, mungkin itu yang saat ini saya lakukan, hoby mandi, tidur, mendengkur sedikit.. wkwkkw, tp belum dapat ide

  4. Saya juga sering heran Mas kalau menyaksikan orang yang terkena hipnotis. Mereka bisa melakukan hal-hal yang jika dalam keadaan sadar belum tentu bisa dilakukan. Efek fikiran bawah sadar memang dashyat. Dan memunculkan sugesti2 macam ini sering juga saya temukan di buku2 self-help, yang intinya bermuara di satu titik, yaitu bagaimana memaksimalkan yang 90% itu.

    Soal yang di toilet, bener itu mas, Soalnya saya malah seringnya dapet ilham di situ, hehehe.. πŸ˜€

  5. Artikel ini Koq ya,pas dengan apa yang selalu saya lakukan , Mas. Kebetulan saya sudah lama menekuni ndengerin CD Quantum Ikhlas by Erbe Sentanu. Yach prinsipnya sama dengan menggugah alam bawah sadar pikiran kita, cuman mas Erbe lebih menekankan pencapaian sebuah zona ikhlas dengan menggunakan teknologi. Kurang lebih gitu deh πŸ™‚
    Pada saat kita lebih rileks, rasanya ide koq ada saja ya. mungkin pikiran kita pada saat itu otak kita berada di gelombang alfa dan teta (rileks).
    Salam persahabatan

    1. Saya juga salah satu penyuka metode Quantum Ikhlas. Dalam hal ini saya cenderung ke Terapi SEFT. Namun intinya sama, yaitu ikhlas menerima keadaan dengan tetap berharap keadaan menjadi lebih baik.

  6. Benar sekali, saya pernah mengikuti seminar hypnoteraphy, kesembuhan sebenarnya bergantung kepada si pasien sendiri. Itu artinya bahwa secara fakta pikiran alam bawah sadar jauh lebih dahsyatdalam menciptakan kesembuhan ( kreatifitas ). Begitu juga saat menciptakan sebuah instrumen lagu klasik. Secara alamiah, bagi yang sudah terbiasa mendengarkan musik klasik seperti mozart, beethoven, dll akan lebih mudah dalam membuat kreasi musik baru.

    Bila kita bisa memanfaatkan pikiran alam bawah sadar untuk kegiatan sehari-hari kita, hasilnya akan sangat luar biasa. Apalagi jika dipadukan dengan kekuatan otak kanan ala Purdi E. Chandra. Pasti bisa meledak – ledak. Saya hanya berhasil menerapkan di beberapa bisnis saya. Tapi, hasilnya bisa sangat terasa nikmatnya. Hehehe

    Ghalgoro

  7. Mengaktifkan alam bawah sadar sangat berguna bagi kesehatan mental. meskipun ini peran alam bawah sadar namun jika aktifitas otak ini disadari maka akan lebih maksimal lagi hasilnya, ya kan mas?

  8. I always learn about this.

    Kadang kala kita membutuhkan stimulus khusus untuk mengoptimalkan cara kerja otak bawah sadar ini.

  9. aq kesulitan dalam menghapal kta2 bhsa ing jd mpe skarang aq lom bsa bhs ing karena kesulitan mengingat gmn crana aq bsa bljar bhs ing dgn cepet yah?? bsa gak dengan d hipnotis??

  10. Hello Webmaster, I noticed that it is ranking pretty low for some keywords, this may be due to the new Google Panda update, or it could be due to a variety of other factors. I’m sure you already know about On-page SEO, where Google cares highly about proper formatting of various H1/H2/H3 tags, having your main keyword appear in the beginning of your post and having your post end with the keyword, along with having keyword related alt tags and very relevant LSI. However, you do not seem to have the proper Keywords or relevant Keywords in your posts and in the website. Right now you need a tool or plugin that will allow you to check on Keyword insights, search trends and check for backlink analysis and to find out your Keyword competition.

  11. Thank you for every other excellent article. The place else may just anybody get that type of info in such an ideal means of writing? I have a presentation subsequent week, and I am at the look for such information.

  12. I will immediately take hold of your rss feed as I can’t in finding your email subscription hyperlink or e-newsletter service. Do you have any? Kindly let me recognise in order that I may just subscribe. Thanks.

  13. Merely wish to state your posting is really as astonishing. The clarity in your publish is just nice and i can presume you’re an specialist about this topic. Good together with your authorization allow me to to apply your Feed to maintain up-to-date with forthcoming publish. Many thanks a million as well as please keep on the truly amazing function.

  14. Attractive section of content. I just stumbled upon your website and in accession capital to assert that I get in fact enjoyed account your blog posts. Any way I will be subscribing to your augment and even I achievement you access consistently rapidly.

  15. Good post. I study something more difficult on totally different blogs everyday. It would always be stimulating to learn content material from other writers and practice just a little something from their store. I’d favor to use some with the content on my blog whether you don’t mind. Natually I’ll offer you a hyperlink on your web blog. Thanks for sharing.

  16. Good post. I study something more difficult on totally different blogs everyday. It would always be stimulating to learn content material from other writers and practice just a little something from their store. I’d favor to use some with the content on my blog whether you don’t mind. Natually I’ll offer you a hyperlink on your web blog. Thanks for sharing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *