Aspek Kesatuan Tulisan Dalam Menulis Artikel

terapi menulis untuk kesehatan mental
terapi menulis untuk kesehatan mental

Apa kabar penulis lepas dan blogger Indonesia? Dunia blogging Indonesia makin ramai, semoga Anda tetap bersemangat menekuni profesi bidang penulisan. Dalam artikel kali ini saya akan membahas tips penulis lepas mengenai aspek kesatuan (unity) dalam menulis artikel. Apakah yang dimaksud dengan aspek kesatuan atau unity dalam sebuah artikel? Apa manfaat menggunakan prinsip kesatuan ketika penulis lepas bekerja?

Aspek kesatuan artikel berarti bahwa masalah apapun yang kita kupas dalam artikel tidak boleh keluar dari koridor pembahasan topik utama. Prinsip kesatuan saat ghost writer menulis artikel mencakup tiga unsur utama. Yaitu: isi, tujuan, dan sifat. Tips penulis lepas kali ini mengutamakan aspek kesatuan artikel yang menekankan seluruh uraian artikel berada dalam satu titik dilihat dari sifatnya, isinya dan tujuannya. Inilah poin utama yang harus dipahami oleh penulis lepas, ghost writer dan freelancer writer.

Sebagai contoh, artikel yang sifatnya serius tentang pencalonan presiden secara langsung dengan tujuan meyakinkan masyarakat pembaca, tentu saja tidak boleh disajikan secara bercanda. Lain halnya bila seorang penulis lepas menulis artikel yang membahas pengalaman mendaftar di jaringan minimarket lokal. Penulis tersebut bisa menggunakan bahasa sehari-hari yang santai namun tetap mengutamakan tersampaikannya informasi kepada pembaca.

Manfaat menggunakan prinsip kesatuan saat ghost writer menulis artikel adalah ikatan kesatuan menunjukkan supaya uraian artikel tersebut berada dalam satu tarikan nafas. Artinya tulisan tersebut tidak berjalan sendiri-sendiri. Misalnya satu ke kanan, satu ke kiri. Artikel yang ditulis dengan topik melompat-lompat bisa membingungkan pembaca dalam mengambil simpulan utama artikel secara utuh.

Semoga tips penulis lepas yang membahas pentingnya aspek kesatuan dalam menulis artikel ini bisa berguna untuk Anda. Dengan terbentuknya kesatuan makna artikel, maka informasi yang ingin disampaikan dalam artikel marketing bisa menjangkau beragam lapisan pembaca di internet. Ayo tetap semangat penulis Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *