Berkenalan Dengan Profesi Ghost Writer (Bagian 2)

Dunia ghost writer bagi orang awam terdengar seperti sebuah area perselingkuhan intelektual, tapi aslinya nggak juga. Banyak orang yang menyewa jasa penulis hantu untuk bikin naskah pidato, naskah buku ataupun artikel website. Hal ini adalah praktek yang biasa dan sangat diterima. Bahkan beberapa ahli mengatakan bahwa sampai dengan 40% dari semua buku yang diterbitkan adalah karya ghost writer. Fakta ini mungkin tidak diakui secara jelas, tetapi ghostwriting merupakan praktek standar untuk segala macam jasa penulisan.

Untuk mempermudah pembahasan, artikel kali ini akan merujuk pada dunia ghost writer naskah online. Tapi ingat, ini bukan hanya tentang buku. Apa pun jasa penulisan yang Anda butuhkan bisa saja dikerjakan ghost writer. Penulis hantu banyak berperan dalam pembuatan sejumlah artikel majalah, konten ezine, newsletter, dan artikel website. Semua klien bebas untuk menerbitkan karya tersebut atas namanya sendiri.

Definisi Ghost Writer

Apakah Dunia Ghostwriting?

Ghostwriting (seringkali diplesetkan menjadi penulis hantu atau penulis bayangan, and it’s oke :) ) adalah seorang freelancer bidang penulisan yang disewa untuk menulis sebuah buku (ataupun proyek penulisan lain) untuk orang lain dan setelah selesai pengerjaan orang lain yang mendapatkan kredit sebagai penulis. Bagian imbal balik dari layanan hak cipta dalam ghostwriting adalah transfer hak cipta kepada pembeli. Kedengarannya memang seperti sebuah aksi penipuan, tapi sebenarnya nggak juga. Karena penulis hantu seringkali (tetapi tidak selalu) bekerja dengan menggunakan ide-ide dari klien. Jadi mereka pengen nulis topik atau cerita apa, itulah ide utama yang harus dieksekusi.

Untuk pengerjaan proyek besar seperti penulisan buku, biasanya seorang ghost writer akan melakukan wawancara dengan klien. Kegiatan ini direkam (bisa juga via YM) untuk kemudian diterjemahkan ke dalam tulisan nantinya. Lamanya tergantung pada jenis dan ukuran buku yang akan ditulis. Wawancara ini dapat berlangsung selama beberapa jam, beberapa hari atau bahkan beberapa minggu. Para freelance bidang penulisan kemudian menggunakan informasi ini untuk menulis buku dan berunding dengan narasumber secara berkala selama proses penulisan.

Setelah buku atau artikel selesai ditulis, maka tulisan menjadi milik penulis. Meskipun begitu ghost writer tetap memiliki hak cipta pada hasil pekerjaannya. Untuk artikel pendek, biasanya klien menentukan judul artikel, keyword dan beberapa keterangan tambahan untuk tujuan SEO sesuai paket jasa artikel yang dipilih. Kalau model begini, ghost writer tidak perlu melakukan wawancara dengan klien. Langsung bisa dikerjakan sesuai pengetahuan yang dimiliki atau bisa mencari informasi pelengkap dengan cara googling.

berkenalan dengan profesi ghost writer

Mengapa Menyewa Jasa Penulis Hantu?

Ada sejumlah alasan untuk menyewa jasa ghost writer. Yang pertama mungkin Anda punya ide briliyan namun tidak memiliki keahlian untuk menuliskan ke dalam kata-kata. Atau mungkin Anda tidak memiliki disiplin diri yang diperlukan untuk bekerja secara konsisten dan teratur untuk menuntaskan sebuah proyek. Alasan lain yang paling umum adalah Anda tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk membentuk struktur sebuah buku atau artikel sehingga bisa menarik dan mudah dibaca.

Sejauh ini alasan yang paling umum untuk menyewa jasa seorang ghost writer adalah Anda tidak punya waktu untuk menulis. Bisa jadi Anda mempunyai jam kerja yang panjang, sekitar 10-12 jam per hari, yang memberi sedikit waktu bagi Anda untuk mengerjakan proyek penulisan. Namun, Anda masih memiliki ide dan inspirasi untuk menangkap sesuatu dari alam pemikiran Anda sendiri dan ingin berbagi dalam bentuk tertulis, sehingga Anda mulai mencari cara untuk mewujudkannya. Dan ketemulah dengan yang namanya ghost writer.

beach_writing ghost writing service

Jenis Penulisan Ghost Writer?

Jawabnya: banyak sekali. Anda mungkin akan kaget setelah tahu bahwa ghost writer banyak terlibat dalam pembuatan karya penulisan seperti di bawah ini. Contohnya:

  • Otobiografi dan biografi
  • Cerita inspirasi atau prestasi
  • Artikel self-help dan pengembangan pribadi
  • Bisnis dan kewirausahaan
  • Pertumbuhan rohani
  • Artikel tutorial
  • Sejarah dan peristiwa terkenal
  • Memoar
  • Peristiwa aktual dan sedang terjadi
  • Novel dan semua bentuk fiksi

Bagaimana dengan Hak Cipta Dan Royalti?

Masalah hak cipta ini sebenarnya gampang kok. Sederhananya begini, ghost writer setuju bahwa klien memiliki hak cipta atau copyright (kadang-kadang salah tulis jadi copywright atau copywrite) terhadap pekerjaan yang telah selesai, terlepas dari keberadaan ghost writer apakah diakui atau tidak dalam publikasi tersebut. Klien membayar untuk mendapatkan layanan hak cipta tersebut.

Setelah itu royalti diserahkan dari klien / pengarang kepada ghost writer atau penulis lepas. Kadang-kadang seorang penulis lepas melakukan negosiasi biaya lebih rendah dengan harapan mendapatkan imbalan sebagian dari royalti buku atau bahkan beberapa kalimat pengakuan di sampul buku. Tapi ini tidak selalu menguntungkan kedua belah pihak, karena sangat jarang seorang klien mau mengakui secara terbuka.

freelance_writer_on daily activities

Bagaimana Cara Saya Mendapatkan Seorang Ghost Writer?

Banyak orang mengaku ghostwriters berpengalaman, tetapi sangat sedikit dari mereka yang benar-benar terampil dalam menulis. Dia harus memahami bagaimana struktur artikel yang baik sehingga membuat pembaca tertarik dan terlibat dalam alur pembahasan. Dia seharusnya mampu menulis dalam gaya yang sesuai kepribadian klien.

Satu tambahan lagi, dia harus seseorang yang tidak “ember” dan dapat dipercaya untuk menjaga kerahasiaan apa pun yang berhubungan dengan klien. Kalau sejak lahir demen bergosip, jauh-juahlah dari dunia ghost writer. Ini akan sangat membahayakan karir Anda.

Berapa Tarif Menggunakan Jasa Ghost Writer?

Biaya menyewa jasa seorang ghost writer bervariasi tergantung pada jenis proyek penulisan dan pengalaman penulis lepas tersebut. Salah satu ukuran adalah bahasa yang dipakai, panjang tulisan, topik yang dipilih, lama pengerjaan dan layanan pendukung lainnya. Untuk lebih detail lagi, hal ini bisa ditanyakan langsung kepada pengelola web jasa penulisan tersebut.

Itulah sebagian pengantar seputar ghost writer yang dapat saya bagi kali ini. Besok kita lanjutkan lagi pembahasan ini lebih detai. Tetap semangat buat ghost writer Indonesia. Enjoy blogging, enjoy writing!

44 thoughts on “Berkenalan Dengan Profesi Ghost Writer (Bagian 2)”

  1. ehm,jadi intinya ghost writer adalah seorang penulis yg tdk memperlihatkan sosok nya,dan memberikan hasil kerajanya kepada orang lain beserta royalti nya dgan mendapat imbalan berupa uang ataupun barang berharga yg lain gtu ya mas?

    1. koreksi sedikit nih, imbalan bukan berupa barang berharga. karena nggak ada ceritanya ghost writer dibayar pakai cendol, nasi bungkus, tivi, hp ataupun segenggam beras. komentar selebihnya oke. :)

          1. yup,yasudahlah mas agus,
            pokoknya nice post deh,hehe
            kok bisa tau tentang ghost writer,apa mas pernah jadi ghost writer?hehe

  2. jadi ingat Yusril,dia ghost-writer bagi seorang Soeharto…
    dan mungkin seorang SBY juga membutuhkan ghost-writer,hanya saja mungkin belum terungkap ke publik…

  3. Wah…
    Tak kiro pertamax, jebul wis jentrek2…
    Ikutan berkenalan dengan Ghost Writer, biar ketularan ilmunya

  4. Hmm Ghost Writer ya? Apa mereka memang secara “resmi” memproklamirkan diri kalo mereka adalah ghost writer, mas? sehingga kita dengan mudah mengenali mereka.#Maksud saya bagaimana kita mengenali mereka terampil atau tidak, yah minimal kalau di penulis lepas berarti apa kita menilainya dari portfolio mereka? :D

    Mohon pencerahan. Tulisan njenengan selalu membuat saya penasaran :D

    Salam persahabatan dari orang malang. Sukses Muanteb buat mas Agus

    1. Ghost Writer adalah bagian dari profesi freelancer. Jadi ini adalah salah satu pilihan karir bidang online. Bagaimana cara mengenali mereka? Nama mereka ada dalam sejumlah milis Yahoogroups dan forum kategori penulis lepas. Yang aktif berbalas thread biasanya mereka ghost writer beneran.

      Mengenai portofolio kerja ghost writer, sebenarnya nggak etis menyebutkan web mana saja yang dikelola. Karena ini menyangkut kerahasiaan klien. Yang lebih berwenang adalah web penyedia jasa ghost writer (misalnya: http://www.jasaartikel.com ) yang melakukan promo dalam sales letter mereka tentang layanan penulisan yang disediakan.

      1. Thanks atas pencerahannya, kisanak. Dunia TULMENUL (tulis menulis)*sekarang KETMENG (ketik mengetik) :D selalu menarik buat saya. Makanya saya usahakan selalu nimbrung di blog njenengan :D, yah biar dapat ilmu bermanfaat.
        Salam persahabatan.

  5. Sementara ini saya memilih menjadi penulis untuk blog sendiri dulu deh mas. Saya merasa belum begitu produktif menulis. Saya masih ingin terus menggali kemampuan menulis saya (yang menurut saya belum keluar secar maksimal). Trims buat tulisan di atas yang begitu komplit dan sangat mudah dipahami.

  6. Freelancer memang tanpa batas ya mas. Ghost writer bisa menulis dimanapun sesuai dengan order. Bahkan blogger yang mempunyai jam terbang yang tinggi selain ngeblog ada kemungkinan menggunakan jasa Ghost writer ini saat tidak sempat menulis. Tentunya untuk menjaga kredibilitasnya dalam konsistensi menulis. Tanggung jawab moral juga jika sudah mempunyai pembaca setia.

  7. sudah biasa itu mas dikalangan para pencari dollar atau yang biasa ikutan PPP (Pay Per Post) atau kalo ada job menulis reviews suatu produk kadang kita juga suka memanfaatkan jasa para ghost writer.. kadang saya juga suka menggunakan ghost writer kalo ada job.. hihihiihi..

    1. kalau sy mah blum prnh pake jasa GW,,masih bisa diatasi sendiri, tapi lama2 kok y pngen pake juga ya,,, :D apakah ini sy cuma ngikutin arus atau emng bner2 butuh :(

  8. ghost writer, sudah merupakan 1 bidang profesional tersendiri. dia bukan lagi sebuah sampingan. tidak ada yang salah soal ini. ini hanya soal interest atau tidak..

  9. Seru juga ya ghost writer! haha
    serem juga sih, Ghost= Hantu Writer=Penulis, jadi Penulis Hantu, dimana sang Hantu memabawa secarik kertas dan menuliskan ide-ide kreatifnya di atas batu nisan, atau sambil bergelantungan di atas pohon sambil tertawa cekikikan, Haha :D

  10. kalau informasi mengenai “penulis hantu” di mana kita bisa mendapatkannya? Apa ada komunitas mereka yang bisa kita kontak,misalnya suatu saat kita memerlukan mereka?
    Trims mas.

  11. artikel bagus tentang GW..!
    memang asyik nge-ghostwriter daripada nulis buku dengan cara biasa. dari sisi finansial lumayan bikin air liur menetes hehehe..

  12. Salam Kenal Mas Agus . . . !
    Artikelnya menarik sekali, ini menjadi sebuah info penting bagi yang senang nulis, bisa menjadikan profesi sebagai ghost writer sebagai sumber penghasilan tambahan. Apalagi sekarang pertumbuhan bisnis online sangat pesat tapi kebanyakan orang yang terjun ke dunia bisnis online juga memiliki kendala dengan kurang mampu untuk menulis sebuah artikel yang menarik. Jadi sekarang bisa aja memakai jasa ghost writer. Sukses terus Mas Agus GBU.

  13. With almost everything that appears to be building within this subject matter, many of your viewpoints happen to be fairly exciting. Even so, I am sorry, but I do not subscribe to your entire strategy, all be it refreshing none the less. It seems to everyone that your commentary are actually not entirely justified and in simple fact you are yourself not wholly convinced of the argument. In any case I did appreciate looking at it.

  14. Wow that was unusual. I just wrote an very long comment but after I clicked submit my comment didn’t appear. Grrrr… well I’m not writing all that over again. Anyways, just wanted to say superb blog!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>