Cara Membuat Revisi Judul, Tulisan Pojok, Kolom dan Teori ANSVA

terapi menulis untuk kesehatan mental
terapi menulis untuk kesehatan mental

Apa kabar penulis lepas Indonesia? Jumpa lagi dengan artikel tips penulis lepas bersama blog The Jombang Taste. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara melakukan revisi judul artikel. Oke, langsung saja kita bahas cara sederhana revisi judul artikel. Judul artikel memainkan peran penting untuk menarik minat pembaca. Judul yang salah bisa mengubur isi berita. Isi berita yang baik tidak akan memiliki arti bila salah judul. Demikian juga ide-ide Anda dalam artikel tidak akan memiliki banyak pembaca kalau judulnya payah.

Cara membuat revisi judul artikel blog pertama-tama adalah baca dan periksa kembali judul artikel sebelumnya yang kita beri status sementara. Pikirkan dan putuskan apakah judul sementara itu akan kita ubah statusnya menjadi judul permanen. Pilihan lain adalah mengutak-atik kembali judul yang telah dibuat, mengubah atau mengganti, sehingga menjadi lebih baik dan memiliki nilai judul yang bagus di mata pengunjung internet.

Lihat kembali tips menulis judul yang baik. Sering terjadi, judul artikel blog yang dibuat oleh penulis lepas pemula biasanya terlalu panjang, terlalu singkat, datar, tidak menarik, tidak membumi, dan terlalu akademis. Kerap terjadi, judul artikel sama persis dengan judul laporan penelitian atau judul skripsi yang pasti terasa kaku, dingin dan sangat formal. Dengan melakukan revisi judul artikel, maka tulisan penulis lepas akan memiliki nilai seni lebih baik di mata pengunjung.

Pengertian Tulisan Tajuk Rencana

Selanjutnya, pada bagian kedua artikel kali ini kita akan membahas pengertian tulisan tajuk rencana. Menurut Haris Sumadiria, tajuk rencana atau editorial adalah opini yang berisi pendapat dan sikap resmi suatu media sebagai institusi penerbitan terhadap persoalan aktual, fenomenal, dan atau kontroversional yang berkembang dalam masyarakat.

Sebagai induk artikel dalam surat kabar atau majalah, tajuk rencana juga disebut sebagai mahkota. Karakter atau identitas sebuah surat kabar terletak pada tajuk rencana. Karena itulah tajuk rencana menjadi bagian penting dari reputasi sebuah surat kabar. Tajuk rencana menunjukkan pandangan redaksi surat kabar terkait isu-isu terkini yang sedang hangat diperbincangkan oleh masyarakat.

Pengertian Dan Definisi Karikatur

Pada bagian ketiga artikel kali ini kita akan membahas pengertian dan definisi karikatur. Karikatur diartikan sebagai opini redaksi media dalam bentuk gambar yang sarat dengan muatan kritik sosial dengan memasukkan unsur kelucuan, anekdot, dan humor agar siapa pun yang melihatnya bisa tersenyum, termasuk tokoh atau subyek yang dikarikaturkan itu sendiri. Karikatur memiliki kelompok penggemar tersendiri karena aspek hiburan dan kritik yang terkandung di dalamnya.

Pengertian Dan Definisi Tulisan Pojok

Pada bagian keempat artikel kali ini kita akan membahas pengertian tulisan pojok. Pojok adalah kutipan pernyataan singkat nara sumber atau peristiwa tertentu yang dianggap menarik atau kontroversial, untuk kemudian dikomentari oleh pihak redaksi dengan kata-kata atau kalimat yang mengusik, menggelitik, dan ada kalanya reflektif. Tujuannya untuk ‘mencubit’, mengingatkan, menggugat.

Pojok bersifat kritis tetapi tetap etis. Sesuai dengan namanya, pojok ditempatkan di sebelah pojok. Dalam setiap edisi penerbitan, pojok memuat tiga sampai lima butir kutipan pernyataan atau peristiwa menarik untuk dikomentari. Meski tidak memiliki area yang luas, namun kalimat singkat di tulisan pojok mampu membuat siapa saja berpikir, merenung, bahkan tertawa dibuatnya.

Pengertian Dan Definisi Tulisan Kolom

Pada bagian kelima artikel kali ini kita akan membahas pengertian tulisan kolom. Kolom adalah opini singkat seseorang yang lebih banyak menekankan aspek pengamatan dan pemaknaan terhadap suatu persoalan atau keadaan yang terdapat dalam masyarakat. Kolom lebih banyak mencerminkan cap pribadi penulis. Sifat tulisan kolom memadat dan memakna.

Bandingkan dengan sifat artikel yang lebih banyak memapar melebar. Kolom ditulis secara inferensial. Artikel ditulis secara referensial. Biasanya dalam tulisan kolom terdapat foto penulis. Sangat dianjurkan, tulisan kolom disertai foto penulis. Anjuran yang sama, justru tidak berlaku pada artikel.

Pengertian Dan Definisi Surat Pembaca

Pada bagian keenam artikel kali ini kita akan membahas pengertian tulisan surat pembaca. Surat pembaca adalah opini singkat yang ditulis oleh pembaca dan dimuat dalam rubrik khusus surat pembaca. Surat pembaca biasanya berisi keluhan atau komentar pembaca tentang apa saja yang menyangkut kepentingan dirinya atau masyarakat. Panjang surat pembaca rata-rata 2 sampai 4 paragraf. Rubrik surat pembaca lebih kepada layanan publik dari redaksi surat kabar kepada masyarakat.

Mengenal Teori ANSVA Dalam Menulis Tajuk Rencana

Tajuk rencana merupakan karya jurnalistik. Sebagai karya jurnalistik, tajuk rencana sangat tergantung pada dimensi ruang dan waktu. Artinya tajuk rencana harus dibuat dan selesai dalam tempo singkat tetapi harus tetap akurat datanya dan tajam analisisnya.

Apa kabar penulis lepas, freelancer writer, ghost writer dan pekerja penulis lainnya? Jumpa lagi dengan tips dan trik menulis dari JasaArtikel.Com. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Teori ANSVA yang digunakan dalam menulis artikel Tajuk Rencana. Apakah Teori ANSVA? Mari kita bahas topik ini.

Selain harus akurat dan tajam, ruang yang disediakan untuk publikasi tajuk rencana pada setiap edisi penerbitan surat kabar juga tetap, tidak berubah-ubah. Tajuk rencana memang merupakan salah satu karya jurnalistik yang sangat terukur dilihat dari segi proses pekerjaan, ruang, dan waktu pemuatannya. Hal ini sungguh berbeda dengan menulis artikel blog uang lebih fleksibel dalam hal publikasi.

Untuk itu diperlukan kemampuan menyusun pesan yang baik dalam tajuk rencana dengan menghubungkan tiga pendekatan: ilmu, seni, dan keterampilan. Bagaimana pendekatan tersebut dijalankan dalam menulis artikel tajuk rencana? Ilmu diperlukan dengan cara dipelajari, seni didapat dengan cara dijiwai, dan keterampilan didapat dengan cara dilatih terus-menerus.

Menyusun Tajuk Rencana Dengan Teori ANSVA

Menyusun pesan tajuk rencana yang baik dan menarik dapat dilakukan dengan cara merujuk kepada teori ANSVA dari Alan H. Monroe. Menurut Monroe dalam Raymond S. Ross, dalam Persuasion: Communication and Interpersonal Relations (1974:185), terdapat lima tahap urutan motif yang sesuai dengan cara berpikir manusia dalam formula ANSVA.

Lima faktor ANSVA adalah Attention (perhatian), Need (kebutuhan), Satisfaction (pemuasan), Visualization (visualisasi), dan Action (tindakan). Lima hal tersebut menjadi urut-urutan langkah menulis artikel tajuk rencana yang baik. Penjelasan Teori ANSVA adalah sebagai berikut.

Yang pertama-tama harus dilakukan oleh penulis adalah menimbulkan perhatian khalayak pembaca. Selanjutnya ia harus merasakan kebutuhan tertentu. Ia harus diberi petunjuk bagaimana cara memuaskan kebutuhan tersebut. Berikutnya, ia harus dapat menggambarkan dalam pikirannya penerapan usul yang dianjurkan kepadanya. Akhirnya, penulis harus tegas memberikan saran tindakan.

Bila kita perhatikan dengan cermat, penerapan Teori ANSVA bisa juga dijalankan dalam aktifitas menulis artikel blog. Interaksi antara narablog dan pembaca melibatkan proses menarik perhatian, meniciptakan kebutuhan untuk menambah pengetahuan blogging, mencari cara memuaskan kebutuhan tersebut, membuat visualisasi, dan melakukan tindakan nyata dalam menulis artikel blog.

Mudah-mudahan tips menulis menggunakan teori ANSVA ini bisa berguna bagi para penulis dalam menulis artikel tajuk rencana. Bagi teman-teman blogger juga nggak ada salahnya kalau mempraktekkan Teori ANSVA ini. Ayo budayakan menulis!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *