Efek Badai Matahari Terhadap Kerja Freelancer Writer

tataplah matahari dan abaikan bayanganmu
tataplah matahari dan abaikan bayanganmu

Apa kabar freelancer writer Indonesia? Semoga hari ini makin banyak order yang masuk dan bisa terselesaikan dengan baik. Beberapa tahun lalu dunia internet sempat dibuat kalang kabut oleh beberapa moment langka. Yang pertama adalah aksi Internet Blackout menentang SOPA/PIPA tanggal 18 Januari 2012. Lalu yang kedua adalah fenomena badai matahari tanggal 19-23 Januari 2012. Dua peristiwa ini memang tidak seheboh kasus korupsi pejabat, tetapi berpengaruh terhadap produktifitas kerja freelancer online.

Yang kita bahas kali ini adalah efek badai matahari terhadap pekerjaan freelancer writer yang berbasis internet. Badai matahari sempat mengacaukan sistem komunikasi yang ada di bumi karena satelit yang melayang di angkasa terpengaruh oleh badai matahari. Penjelasan astronomisnya silakan googling aja ya. Dan pantas saja selama seminggu terakhir ini koneksi internet di rumah susah banget jalan. Beberapa project penulisan yang saya jalani sempat ngadat dan dikomplain oleh klien. Sempat stress juga sih, tapi untungnya efek ini tidak berjalan lama.

Pengaruh badai matahari juga berimbas kepada sistem komunikasi melalui handphone. Jaringan telepon seluler tidak lancar alias putus nyambung meski berada di wilayah dekat menara BTS. Kalau internet di laptop nggak jalan, mobile internet apalagi. Pasti lebih payah. Kontak by phone dengan klien bermasalah ditambah dengan koneksi internet ngadat menjadikan freelancer uringan-uringan sendiri. But, let bygone be bygone. Badai telah berlalu dan kini saatnya berlari lebih kencang dalam bisnis freelancer writer.

Peristiwa langka ini memberikan pelajaran untuk semua freelancer writer, termasuk juga jenis freelancer lain yang berjalan berdasarkan koneksi internet, untuk lebih aware dalam menghadapi peristiwa serupa yang mungkin terjadi. Caranya adalah dengan menulis tabungan artikel sebanyak mungkin di saat koneksi offline. Kalau sudah banyak tulisan ghost writer miliki maka menjadi nilai lebih saat internet sudah jalan. Kita tinggal publish atau melakukan penerbitan terjadwal.

Semoga efek badai matahari ini tidak berlangsung lebih lama lagi bagi profesi online freelancer writer. Karena kalau koneksi internet tidak lancar bisa bikin puyeng semua profesi bisnis online. Good luck untuk semua freelancer writer Indonesia!

One Reply to “Efek Badai Matahari Terhadap Kerja Freelancer Writer”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *