Fakta Seputar Dunia Penulisan Ghost Writing

Ghost writer adalah seorang yang menyediakan jasa penulisan berkualitas tinggi kepada pihak lain untuk topik, format, kata kunci dan keyword tertentu. Jasa ghost writer hadir dalam beberapa bentuk, misalnya artikel, ebook, buku cetak dan aneka konten web lainnya. Kali ini saya mau berbagi sedikit pengalaman saya menekuni jasa penulisan artikel yang saya kelola bersama beberapa rekan lain.

Manfaat Menyewa Jasa Ghost Writer

Kalau ada yang bilang ghost writer adalah profesi yang melakukan pembohongan publik, mohon ditahan dulu argumen tersebut. Ghost writer tugasnya adalah membantu klien menuangkan ide ke dalam sebuah artikel utuh dan memiliki kesatuan makna (koherensi) menuju satu pikiran utama. Jadi saya perlu tekankan, idenya adalah tetap berasal klien. Klien yang menggali ide, mengolah dengan berbagai referensi, dan menimbang plus dan minusnya ide tersebut bila terpublikasikan. Ghost writer cuma menuliskan ide. Dalam bahasa sederhananya, klien cuma pinjam tangan ghost writer untuk menulis.

Bagi klien, hal ini tentu sangat membantu dalam usaha penyampaian informasi, ide dan gagasan ke publik melalui artikel. Karena dalam faktanya ada banyak orang yang pintar berbicara di depan publik (orasi) namun lemah dalam menuliskan gagasan dalam sebuah tulisan. Atau ada juga blogger yang lebih suka membuat video panduan tapi nggak cukup mampu menuliskan ke dalam ebook yang tebal. Itulah yang dinamakan keanekaragaman kemampuan manusia. Dan disinilah seorang ghost writer berperan dalam menyambungkan informasi dari seorang pemilik ide kepada publik.

 

Fakta Seputar Dunia Penulisan Ghost Writing (3)

Klien Mempunyai Hak Milik Artikel Ghost Writer

Artikel karya ghost writer yang telah diterbitkan adalah sepenuhnya milik klien. Jika ada pihak-pihak yang melakukan copy paste maka klien berhak menuntut hak intelektualnya. Ini adalah satu perjanjian tak tertulis seorang ghost writer. Apakah ghost writer merasa dicampakkan seperti makan tebu habis manis sepah dibuang? Tentu tidak. Sejak awal menekuni profesi ghost writer harus paham dengan konsekuensi ini.

Saya pribadi malah senang kalau tulisan hasil karya ghost writer yang saya kelola bisa nangkring di halaman pertama hasil pencarian Google. Ini membuktikan bahwa artikel tersebut dibuat dengan pertimbangan cermat dan nggak asal-asalan. Meskipun, jujur saja ini berat saya tuliskan, dalam beberapa kesempatan saya harus bersaing dengan klien dalam optimasi web untuk kata kunci yang sama. Ya, semua sudah ada porsinya masing-masing dan harus berjalan dalam koridor yang ditetapkan.

Fakta Seputar Dunia Penulisan Ghost Writing

Lama Pengerjaan Satu Project Tergantung Kesepakatan

Berapa lama job untuk ghost writer diselesaikan? Jawabnya relatif. Tergantung tingkat kesulitan, jumlah artikel yang dipesan, bahasa yang dipakai, paket yang dipilih, dan beberapa kesepakatan tak tertulis lainnya. Ada satu tips sederhana yang mau saya bagi nih. Kalau mau job penulisan cepat selesai, maka kerjakan dulu topik yang dimengerti. Topik-topik yang agak berat boleh dilewatkan dulu. Lalu mengirimnya secara bertahap. Segera kirim artikel yang telah selesai ditulis. Jangan menunggu 15 artikel rampung baru dikirim.

Bagaimana kalau lewat dari deadline yang telah ditentukan? Ini adalah salah satu rapor merah profesi ghost writer dan nggak boleh diulangi. Sama seperti profesi freelancer lainnya, sebenarnya akar masalah dari telatnya penyelesaian artikel adalah pada disiplin diri. Kalau kita nggak bisa konsisten menulis secara bertahap dan terbiasa membuat pakai metode SKS (Sistem Kebut Semalam), wassalam deh. Cukup satu nila untuk merusak susu sebelanga.

Fakta Seputar Dunia Penulisan Ghost Writing (2)

Berapa Harga Menyewa Jasa Ghost Writer?

Soal harga langsung PM aja deh, gan! Hahaha. Itulah jawaban yang sering muncul dalam forum. Menurut saya, jawaban model ini tidak menunjukkan profesionalitas ghost writer tersebut. Layanan penyedia konten web hendaknya memiliki web tersendiri yang menjelaskan detail layanan dan harga yang ditawarkan. Ini penting untuk memberikan kejelasan informasi kepada calon klien yang memiliki kebutuhan service dengan kita.

Sama halnya dengan lama pengerjaan artikel, harga artikel seorang ghost writer bervariasi tergantung paket yang dipilih, bahasa yang digunakan, tenggang waktu pengerjaan, jumlah artikel yang dipesan, dan tingkat kesulitan topik yang dipilih. Jika topik tersebut mewajibkan sejumlah riset secara bertahap, tentu saja harga yang ditawarkan akan lebih tinggi. Namun jangan khawatir, pengorbanan ini tidak akan sia-sia karena dalam beberapa kasus saya senang bukan karena dapat transferan duit (ya iyalah…!), tapi juga berhasil mengorek data secara detail dan menyimpulkan satu topik yang menarik perhatian publik.

Nah, itu dulu fakta seputar ghost writer yang saya bagi kali ini. Yang jelas bisnis online kian berkembang dengan pesat. Orang hidup juga mengalami masalah yang makin kompleks. Ini artinya makin banyak niche yang tersedia dan menanti para blogger untuk kreatif mengolahnya. Dan untuk menyampaikan informasi dan ide penyelesaian masalah, ghost writer menjadi salah satu aktor tersembunyi di balik kesuksesan tersebut. Tetap semangat para penulis hantu di seluruh Indonesia. Mari kuasai blogosphere dengan karya-karya unikmu. Hahaha (ketawa Sinchan).

Enjoy Blogging, Enjoy Writing!

69 Replies to “Fakta Seputar Dunia Penulisan Ghost Writing”

  1. Itu ketawa sinchan apa ketawa hantu mas, hehe 😀
    Saya masih belajar mendalami profesi ghost writing ini. Dan memang blog ini bisa jadi referensi yg sip, sama jasaartikel.com juga tentunya.

  2. Hemm.. kalau begitu, seorang ghost writer harus pintar, rajin membaca dan memiliki pengetahuan yang luas. Kan belum tentu tulisan yang di pesan klien sesuai dengan bidang pengetahuannya si ghost writer tadi..

    menarik profesinya.. 🙂

  3. Profesi yang tidak mudah. Topik / tema yang di inginkan client pasti tidak ada yang sama, so gaya bahasa tidak sama juga (formal, gaul, dlsb). Saya rasa bidang usaha seperti ini harus dilakukan oleh team, bukan solo karir.

    1. Dibilang susah ya susah, kalau gampang juga gampang. Semua tergantung pemikiran kita sih. Kalau saya sih sudah terlanjur cinta sama profesi ini. Jadinya ya semua terasa enjoy aja. 🙂

  4. tulisan ini membuat saya kembali teringat masa-masa aktif sebagai ghostwriter.
    Tuntutan deadline tulisan dan tidak sekedar tulisan, melainkan harus berkualitas dan lolos copyscape.
    Belum lagi kalau ada tema serupa, mesti bisa menghadirkan tulisan yang berbeda.
    Sudah selayaknya profesi ghostwriter dihargai lebih dan lebih lagi.

    1. Hehehe. Lagi flash back nih ceritanya? Kalau tangan saya sudah terlanjur nggak bisa berhenti uwil-uwil. Adaaa ajaa ide yang muncul, kalau nggak dituliskan nanti malah bikin stress.

  5. pastinya seorang ghost writer orang yang bisa disiplin karena tugas yang dilakukan begitu banyak. mulai dari riset, menulis, mengedit, revisi dan lain-lain. tetap semangat!

  6. Hey there, a striking guide mate. Decent discuss. Nonetheless I will be complications with the Feed. Incapable of register for that. Truly does everybody else experiencing very same RSS feed issues? Most people nobody can serve i implore you to answer back. Regards.

  7. Relatively piece of information. Just stumbled upon your site whilst in the accession capitol to claim i always develop in actual fact enjoyed site your site blogposts. Either way I am subscribing to all your bottles and in many cases I just accomplishment anyone easy access dependably immediately.

  8. Just stumbled upon your site whilst in the accession capitol to claim i always develop in actual fact enjoyed site your site blogposts. Namun lama-lama terbiasa dengan beragam topik.

  9. Your article Fakta Seputar Dunia Penulisan Ghost Writing | Catatan Motivasi Blogging Indonesia is very good. I think this really is just about the most vital information for me. I had been examining this website and I’m amazed. I can not wait to read far more from you because this is really a terrific site. I will book mark your website and also check again here regularly.

  10. Pingback: jasa penulis lepas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *