Ghost Writing Job: Salah Satu Solusi Pengangguran Berdasi

Ada banyak lulusan sarjana sastra di luar sana yang (mungkin) kurang beruntung dan tidak kebagian jatah kursi empuk lewat jalur CPNS maupun rekrutmen karyawan perusahaan swasta. Saya yakin ini bukan hal rahasia lagi bahwa jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia belum sebanding dengan pertumbuhan angkatan kerja. Tiap tahun selalu muncul angkatan kerja baru, sementara lowongan kerja tidak selalu mengikuti pertumbuhan penduduk.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan, jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 8,32 juta orang, oleh karena itu diperlukan gerakan nasional untuk meningkatkan semangat kewirausahaan masyarakat.

Presiden dalam pidato pencanangan Gerakan Kewirausahaan Nasional di Jakarta, Rabu, menjelaskan, jumlah pengangguran itu setara dengan 7,14 persen dari jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 237,8 juta orang.

Presiden menegaskan, data itu berasal dari Badan Pusat Statistik, organisasi resmi pemerintah yang bertugas mengolah berbagai jenis data. “Jadi ini bukan kebohongan,” kata presiden yang disambut tepuk tangan hadirin.

Yudhoyono menjelaskan, fokus utama pemerintah adalah berusaha menyediakan lapangan kerja bagi para penganggur itu. Salah satu lapangan pekerjaan yang potensial adalah pegawai instansi negara. Namun, kata presiden, sektor itu tidak mungkin bisa menyerap semua pengangguran. Menurut Presiden Yudhoyono, jumlah pegawai instansi negara saat ini 7.663.570 orang yang terdiri dari pegawai negeri sipil, guru dan dosen, serta TNI/Polri.

Oleh karena itu, presiden meminta masyarakat menumbuhkan jiwa kewirausahaan sebagai salah satu sektor penyerapan tenaga kerja. “Menjadi wirausaha yang menciptakan produk pasar dan bisnis yang baru,” katanya. Presiden menegaskan, wirausahawan di Indonesia bisa bekerja di berbagai sektor, seperti pertanian, jasa, dan teknologi. Sektor-sektor itu masih bisa dikembangkan untuk kesejahteraan rakyat.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan, menyatakan saat ini jumlah wirausaha di Tanah Air baru sebanyak 0,24 persen dari total populasi penduduk. Padahal, untuk dapat dikatakan sebagai negara maju diperlukan setidaknya 2 persen jumlah wirausaha dari seluruh jumlah penduduk. “Melalui GKN ini kami berharap dapat meningkatkan jumlah wirausaha minimal 2 persen dari total populasi penduduk kita,” katanya. Menurut menteri, jika hal itu dapat dicapai maka bukan tidak mungkin jumlah pengangguran dan tingkat kemiskinan dapat ditekan, sehingga kesejahteraan rakyat dapat tercapai.

Dalam pencanangan GKN terangkai pula acara expo kewirausahaan, pemberian penghargaan kepada tokoh, perbankan, wirausaha muda sukses, koperasi, dan kepala daerah penggerak kewirausahaan.

Sumber: Kompas.Com

Apa yang terjadi kemudian? Lulusan universitas favorit jadi pengangguran bukan lagi hal aneh. Banyak sarjana cum laude terpaksa gigit jari karena tidak dapat kerjaan (ups! sorry kalau ada yang tersinggung). Yang berbahaya lagi kalau hal ini berlangsung dalam jangka waktu lama bisa menimbulkan stress berkepanjangan. Apa hidupnya nggak ngenes kalau gitu.

Hal itu pula yang mengilhami saya untuk mendirikan jasa penulisan artikel. Semuanya berawal dari mimpi saja. Atau lebih tepatnya mimpi yang nyambung sama kenyataan. Awalnya saya juga numpang menjadi ghost writer vendor sebelah. Satu hari saya chatting sama satu kawan di situs jejaring sosial. Singkat kata dia mengaku ibu muda lulusan sastra Inggris salah satu PTN favorit di Surabaya. Posisinya saat itu jobless. Kerjaan sebagai EO Pameran Buku tidak bisa diandalkan ke-ajeg-annya.

Lalu dia tanya-tanya apa ada peluang cari income di internet, tapi bukan metode affiliasi atau MLM. Hmm, saya pun mikir. Dia ini lulusan Sastra Inggris mau kujadikan apa ya? Aha! Setelah mikir beberapa hari akhirnya saya dapat ide kenapa nggak bikin sendiri jasa ghost writing yang memakai SDM lokal. Bermula dari satu orang penulis lepas, saya berusaha membangun kepercayaan calon klien. Nggak mudah memang. Namun saya masih punya banyak dream yang tengah saya perjuangkan bersama kawan-kawan ghost writer lain.

work-at-home-ghost-writing-jobs

Kreatifitas Otak Kanan

Masalah kronis yang timbul dalam hal ini adalah bagaimana meyakinkan para sarjana pengguna dominan otak kiri untuk menghadapi ketidakpastian pendapatan dari internet. Padahal kita tahu bisnis internet itu fluktuatif, nggak ajeg seperti karyawan kantoran yang terima gaji tiap tanggal satu. Perlahan namun pasti saya berusaha mendampingi mereka. Saya menekankan bahwa kreatifitas (dalam hal ini penggunaan otak kanan) adalah jawaban atas segala tantangan di era informasi ini.

Yah, mungkin ide saya ini terdengar terlalu naif bagi kebanyakan orang. Mau ngajak berapa orang sih kok pakai menyebut kalimat mengurangi angka pengangguran segala? Berapa persen kontribusi bisnis online bagi PDB Indonesia? Anda benar, saya nggak bisa mengajak semua kawan-kawan jobless gabung disini. Namun setidaknya dari langkah kecil ini saya berani ambil titik balik kehidupan untuk menatap ribuan mil langkah berikutnya. Setiap langkah pemikir otak kanan selalu terlihat ‘asing’ bagi masyarakat yang di dominasi pemakai otak kiri.

Jika satu orang Indonesia bisa berkontribusi aktif untuk sepuluh orang lain dalam menciptakan bisnis kreatif, bisa Anda bayangkan betapa Indonesia dengan limpahan pendudukan usia muda akan mencapai keadaan yang lebih baik dan tidak tergantung kepada bidang industri berat yang berupa pabrik-pabrik megah. Pemuda kita kreatif lho, sudah banyak kok buktinya. Baik di ajang nasional maupun level yang lebih tinggi. Hanya saja perkembangan mereka terhambat karena minimnya dukungan informasi, promosi yang andal dan budaya yang saya sebutkan di atas, masih dominan otak kiri.

Saya seorang pemimpi dan saya tahu saya nggak sendirian disini. Saya suka membuai mimpi ke alam nyata untuk mewujudkan harapan para bapak/ibu rumah tangga yang juga lulusan sarjana mampu menghasilkan uang dengan bekerja di rumah dan tetap berinteraksi dengan keluarga mereka. Saya pernah merasakan betapa nggak enaknya berburu pekerjaan berat dengan hasil kecil. Setelah saya tahu ilmunya (meskipun sedikit), akan saya manfaatkan untuk berbagi dengan mereka. Last but not least, mengutip hadist Nabi:

Sederhana dalam sunnah itu lebih baik daripada bersungguh-sungguh dalam bid’ah.

Semangat Berjuang!

29 Replies to “Ghost Writing Job: Salah Satu Solusi Pengangguran Berdasi”

  1. kalau bahasa inggris banyak mas vendor yang trusted diluar negeri yang menghargai jasa seorang penulis. sayangnya dinegeri ini kurang banyak. hehe. btw, ternyata pertamax… mari bangun indonesia dengan kreatifitas dalam mengatasi pengangguran…

  2. Beberapa waktu ini saya sering berkomunikasi dengan temen2 yang masih belum beruntung seperti yang mas Agus sampaikan, lantas saya ajak kenapa tidak ikutan mencoba cari uang di internet? Mereka menjawab internet banyak yang ngibul! Sulit juga saya menjelaskan wong saya juga belum dapat seberapa dari internet. Saya berfikir mungkin sebaiknya internet khususnya penghasil uang perlu juga masuk ke kurikulum smk misalnya paling tidak ketika mereka lulus bisa mencari alternatif usaha dari internet. Namun memang pembelajaran internet yang sehat dan halal tentunya yang harus di tekankan.
    Nah apalagi yang jago berbahasa Inggris tentunya

    1. Betul mas Tony, kita dulu yang sukses baru bantu orang lain.

      Paling tidak kita tahu ilmunya dan ada buktinya.

    2. Setuju dengan mas tony.. Mereka yang sudah banyak menghasilkan uang lewat internet harusnya mau membagikan sedikit ilmunya.. masuk ke SMK.. pelajaran baru tentang bisnis internet.. Blogging juga bisa..

      Intinya bagi mereka yang punya bakat nulis bisa tersalur dalam medida yang luas, INTERNET.

  3. Bisnis kreatif memang masih menjadi sesuatu yg kurang merdu terdengar di telinga bangsa ini, dimana faktor pendidikan, pola asuh dan media sangat mempengaruhi. Saya lebih setuju bila kita mejadi pihak yang proaktif, tanpa menunggu uluran dari pemerintah dan birokrasi. Dan konsep ghost writing job bisa jadi alternatif yang menarik 🙂

    1. Saya juga setuju menjadi proaktif, mungkin kedepannya saya dapat ikut andil dalam menanamkan dan menumbuhkan pemikiran wirausaha untuk siswa-siswi di sekolah yang disisipankan dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Memang pendidikan di indonesia lebih banyak mencetak calon buruh (pekerja) ketimbang calon pengusaha.

      Semoga dapat terlaksana.. do’akan ya!

    2. Benar bro saya setuju… Saya juga rencananya akan mencari seorang pengangguran yang bisa ngerti english untuk jadi penterjemah jika bisnis affiliasi yang saya jalankan bisa berjalan dengan mulus… Tapi yang sulit ya seperti yang dikatakan bro agus bagaimana meyakinkan para sarjana tentang bisnis internet

  4. memang ngenes mas, kebanyakan yang dipikiran orang kerja itu ya dikantor padahal kerja kreatif itu juga menghasilkan.
    betul kata mas hanif di atas..
    miris

  5. Semoga mimpi2 yang notobene bisa dibilang di luar pemikiran orang lain ini menjadi kenyataan, sehingga bakal banyak muncul ghost writer2 yang handal 😀

  6. merinding baca kata ghost…namun stlh dibaca, artikel ini menggugah…sy seorg pegawai kantoran swasta, meski perusahaan dirasa ‘ajeg’…pengen dong punya pekerjaaan dgn sy sendiri sbg bosnya… Berdasi pula 😀 *keren mas…
    i love this post!

  7. seandainya kita berfikir untuk menggaji diri kita sendiri, mewujudkan pekerjaan untuk diri- sendiri, mungkin keadaan bisa jadi lebih baik

  8. emang bener kata mas Agus, Otak kanan emang perlu dilatih, tapi masalahnya kreatifitas itu bukanlah karakter tapi jiwa seni yang tidak dimiliki semua orang. Perlu stimulus, untuk menggerakkan hati yaitu motivasi. Dengan adanya motivasi, ide-ide akan muncul dengan sendirinya.
    out of the box, kira-kira begitulah bahasa kerennya.

  9. Thnx a whole lot of because of it! That i haven’t really been that exuberant utilizing a report forever! You’ve gotten the idea, no matter what meaning during blog. Properly, You happen to be most certainly somebody that has a specific thing to suggest that others must see. Keep pace any remarkable employment. Proceed helpful those people!

  10. What’s up, there’s no doubt that which i came across you will been to a site in turn i reached “return any favor”.I’m attempting to discover items to better a internet site!I guess his or her good to employ a number your notions!!

  11. Consider the 63 a very good study and i also utterly comprehend exactly where youre generated from within the legal action sentence. Remarkable post, I’ll most definitely check the additional well written articles.

  12. Good day.This unique write-up became encouraging, specially since i already have ended up being looking for obtaining scholarships this valuable topic area keep working Thursday.

  13. Appreciate you taking the time to discuss this specific, I’m firmly with this and also really enjoy trying to learn more this method area. Whenever possible, whilst you get practical knowledge, does one your mind adding your blog site to learn knowledge? It is rather a good choice for i am.

  14. Maaf agan2 semua.. Kira2 gimana caranya bisa jadi ghostwriter.. Alhamdulillah saya punya pengalaman bidang nulis.. Cuman masih bingung buat jadi ghoswriter gimana caranya.. Ada yang bisa bantu.. ?? Thanks sebelumnya gan.. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *