Kemampuan Dasar Apa Saja Yang Harus Dimiliki Oleh Penulis Lepas

Review Jurnal Akuntansi Lingkungan Pada Industri Farmasi di Yordania
Review Jurnal Akuntansi Lingkungan Pada Industri Farmasi di Yordania

Freelancer bidang penulisan adalah salah satu profesi online yang menyediakan kesempatan meraih penghasilan tak terbatas. Meskipun demikian, tetap membutuhkan lebih dari sekedar kemampuan sederhana untuk menulis. Ghost writer adalah orang-orang yang identitasnya tidak diketahui oleh publik, baik wujud maupun karya tulis mereka. Yang paling utama adalah ghost writer tidak mendapatkan kredit dari tulisan yang mereka hasilkan.

Namun hubungan antara seorang penulis profesional dan klien mereka adalah penting untuk keberhasilan setiap proyek. Dalam hal ini harus sudah disepakati hak cipta (copy right) karya yang akan dihasilkan akan menjadi milik klien. Berikut ini beberapa tips yang perlu diketahui ghost writer.

Bersedia Banyak Mendengar

Menjadi pendengar yang baik adalah salah satu modal penting yang perlu dimiliki oleh penulis bayangan. Banyak mendengar berarti banyak mengenal. Kalau sudah kenal biasanya kita akan tertarik. Dan ketertarikan terhadap topik yang sedang dikerjakan akan banyak membantu penulis lepas untuk menyelesaikan penulisan.

Bisa bayangkan gimana jadinya kalau menulis topik yang nggak disukai? Kalau nggak bete pasti stress cari bahan. Oleh karena itu, ghost writer harus banyak mendengar kemauan klien. Cerewet dikit nggak masalah jika tujuannya untuk menggali info lebih dalam. Banyak mendengar dapat dilakukan dengan 3 cara. Yaitu :

  1. Wawancara.
  2. Rekaman percakapan.
  3. Membaca deskripsi order tulisan.

Wawancara

Bila memungkinkan, lakukan wawancara dengan klien dan berbicara dengan mereka. Kalau nggak bisa tatap muka ya dengan telpon atau Yahoo Messenger.  Ini berfungsi membantu membangun hubungan pribadi yang efektif. Ini juga merupakan cara tercepat untuk meminimalkan kesalahpahaman atau untuk meminta penjelasan dan klarifikasi tentang deskripsi order.

Ghostwriter juga harus mengambil kesempatan saat wawancara dengan klien untuk meneliti kemauan setiap klien dengan hati-hati sebelum menerima pekerjaan. Kadang kala ketemu klien yang susah sekali diajak tukar pendapat. Belum apa-apa sudah menuntut yang macam-macam dan nggak bisa kooperatif. Kalau sudah begini, mending ditolak aja. Menerima ordernya hanya akan menambah masalah baru dan merembet ke pengerjaan proyek lainnya.

Rekam Percakapan

Saat melakukan wawancara atau chatting dengan klien, jangan lupa menyimpan salinan rekaman ataupun arsip percakapan. Ini penting dalam mengeksplorasi lebih jauh keinginan klien. Untuk penyusunan artikel yang bersifat khas, perlu juga mengetahui gaya lelucon yang sering dipakai klien untuk dituangkan ke dalam artikel dan memberi sentuhan keunikan tersendiri.

Baca yang tersirat

Tidak semua klien bisa berbicara blak-blakan dan terbuka apa adanya. Ada kalanya mereka sedikit introvert, tidak mudah percaya terhadap pernyataan orang yang baru dikenal. Pahamilah bahwa salah satu alasan klien memilih jasa penulis lepas adalah karena mereka nggak bisa meng-convert ide ke dalam tulisan. Ghost writer sedikit banyak harus paham ilmu psikolog, terutama dalam menangkap gejala-gejala tersirat dari tingkah laku klien.

Waspada Terhadap Tanda-tanda Berikut Ini

Tidak semua klien bisa kooperatif dalam proses penggalian informasi. Waspadalah kalimat yang terucap oleh klien. Diantaranya sebagai berikut:

  • Aku bisa melakukannya sendiri, aku hanya nggak punya banyak waktu untuk menulis” – Klien type begini kebanyakan akan mengedit sebagian besar kalimat hasil kerja keras ghost writer.
  • Kok lama banget ya...seharusnya tidak makan waktu lama ” – Klien jenis ini tidak menghargai mahalnya waktu dan usaha yang dibutuhkan untuk menulis dengan baik.
  • Yang begini kan seharusnya jadi pekerjaan yang mudah buat Anda “- Klien model begini tidak menghormati bakat dan kemampuan yang diperlukan untuk menulis dengan baik.
  • Masih butuh beberapa penelitian lagi nih…. ” – Klien model begini telah memiliki ide untuk menulis sebuah buku, namun memiliki sedikit waktu buat menulis. Mereka mengharapkan ghost writer untuk lebih banyak melakukan riset.

Menciptakan Keputusan Penyeimbang

Dalam beberapa hal, ghost writer harus berani menawarkan solusi alternatif bagi terlaksananya sebuah proyek. Contohnya:

  • Menasihati klien untuk menghindari pembahasan yang keluar jalur.
  • Mengingatkan klien untuk tidak mengorbankan diri sendiri dalam penerbitan naskah kontroversial.
  • Menerima tarif yang lebih rendah untuk tujuan ekonomis dan terselesaikannya proyek.

Hargai Bakat dan Kemampuan Anda

Seorang ghost writer mestinya tahu bagaimana menulis yang benar sesuai bidang ilmu yang ditekuni. Yah, meskipun klien ngotot ingin menambahkan kosakata yang terdengar belepotan, ghost writer harus bisa mengakomodir keinginan tersebut agar selaras keduanya. Prinsipnya adalah tulisan tetap memiliki nilai ilmiah dengan sentuhan khas klien.

Hargai Waktu Anda

Waktu adalah salah satu parameter deadline pengerjaan. Semakin cepat selesai pengerjaan sebuah proyek, makin terbuka peluang untuk mendapat order berikutnya. Dan inilah salah satu sisi positif freelancer online bidang penulisan. Resource melimpah dengan peluang penghasilan tak terbatas. Kerjanya juga santai dari rumah.

Kerjasama Saling Menguntungkan

Klien dan ghost writer adalah dua pihak yang saling membutuhkan. Sehingga kerjasama keduanya seharusnya bisa saling menguntungkan. Klien butuh publikasi artikel yang mampu memberi dampak positif bagi tujuan yang ingin dicapai. Sedangkan ghost writer memiliki profesi online yang bisa diandalkan sebagai penopang kebutuhan finansial kehidupannya.

Sumber: www.suite101.com

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

39 thoughts on “Kemampuan Dasar Apa Saja Yang Harus Dimiliki Oleh Penulis Lepas”

      1. Klien dan ghost writer adalah dua pihak yang saling membutuhkan. maka kerjasama yang mutualisme sangat lah diperlukan…saya rasa kedepannya, akan semakin banyak yang tertarik menggunakan jasa Gost writer ini. saya juga udah mulai bepikir kesana..

        1. yup, media informasi telah menjadi media tangguh dalam merebut perhatian prospek. mereka yang bisa membentuk branding bagus (salah satunya lewat tulisan) kemungkinan besar bisa menguasai pasar.

  1. Saya ko’ mulai tertarik dengan freelancer kaya’ mas agus ini ya….

    Aku mau jadi ghost writer juga ah.. hi..hi.. tapi langkah pertama yg harus dilakukan apa ya mas agus?

  2. Saya sampai saat ini belum berniat untuk menjadi seorang ghost writer. Entah kalau nanti sudah benar-benar kepepet secara keuangan, Mas Agus. Saya lebih tertarik untuk menulis buku langsung. Atau menulis ke media yang ada pengakuan karya dari para pembaca.

    Saya lihat pekerjaan menulis itu berat, harus memeras otak dan merangkai banyak pengalaman, baik pengalaman hidup maupun pengalaman batin jadi saya tidak rela kalau tidak ada pengakuan karya terhadap tulisan-tulisan saya. Justru bagi saya yang nomor satu itu adalah pengakuan karya dulu, baru duit yang nomor duanya. Mungkin ini terdengar idealis, ya tapi inilah pilihan saya. 🙂

    1. Prinsip Anda memang bagus Pak dan patut dihargai walaupun berbanding terbalik dengan prinsip ghost writer. Dan bagi kawan2 yang seprinsip dengan Anda hal itu sangat logis/rasional. Hanya saja di sini memang konteksnya agak berbeda, yaitu tentang profesi ghost writer dengan segala pernak-perniknya.

    2. Untuk menjadi freelancer bidang penulisan memang harus bisa membuang sebagian ego untuk publikasi nama diri. Namun saya pribadi sangat senang kalau bisa mendukung seseorang cukup dari belakang layar dan menyaksikan orang tersebut sukses. Yaa… ini resiko sih, tapi tak apa.

      Dan semua kembali kepada pilihan masing-masing orang dalam memilih cara terbaik berkontribusi untuk lingkungannya. 🙂

  3. Salah satu portofolio seorang ghost writter adalah blog personal kita ya mas? harus menunjukkan konsistensi tulisan2 kita… Bidang saya sendiri sebenernya elektronika… Apa di jasaartkel juga menerima jasa ghost writter mas?

    1. Blog dengan topik apapun bisa masuk. Itu kan blog pribadi dan memang personal sekali. Dan disitulah keunikan seorang blogger dengan dunia yang digeluti. Saat ini JasaArtikel.Com sudah memiliki beberapa ghost writer. Nanti kalau ada lowongan terbaru saya kasih kabar lagi. 🙂

  4. Wah,kirain Ghost Writer tu Penulis dari bangsa Hantu,dedemit dan sejenisnya… hehe
    Info yg menarik. Apakah Ghost Writer ini populer di Dunia Internet Marketing Indonesia?

      1. Thanks mas Agus. Semoga Mas Aguslah yg akan mengungkap misteri Penulis Hantu ini ke public. Saya tunggu artikel-artikelnya :thumb up

  5. Mas Agus, kutipan yang Mas posting ini betul-betul mencerahkan…
    Makasih sudah berkenan berbagi sisi lain profesi menulis…

  6. selamat sore mas…wah saya makin dapat ilmu aja nie..karena memang rencananya saya ingin resign dari pekerjaan saya sekarang..bulan oktober nanti trus ingin menjadi penulis lepas. saya mau ambil tentang alam bebas dan kereta api. kira-kira ada masukan gak mas buat saya karena saya hobi menulis tapi mungkin belum terlalu baik.

    thanks

    1. Ada banyak hal yang bisa dibahas tentang lingkungan alam dan seputar dunia per-KA-an. Sayangnya mas Fadly nggak menjelaskan detail bidang kemampuan yang sekarang dimiliki dan minatnya dimana. Prinsipnya adalah cintai bidang yang dipilih. Lalu yakini bahwa pilihan tersebut adalah terbaik dan pantas diperjuangkan. Semoga terjawab.

      1. mas Agus saya hobby sekali menulis tapi menulis tentang pribadi dan juga cerpen untuk sementara cerpen true story saya masih nongkrong manis di buku diary saya dan saya ingin menulis dalam bentuk novel tapi kok bingng ya dari mana dulu dan juga bingung dengan judulnya .. saya tertarik juga dengan profesi ghost writter.. bukan cuma untuk hobby tp juga bisa untuk profesi meluangkan waktu senggang dengan yg positif….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *