Komunitas Blogger Jombang dan Semangat Jurnalis Online

Word Blog with colourful letters. 3D concept
Word Blog with colourful letters. 3D concept

Menulis adalah bagian dari peradaban manusia. Orang-orang yang mampu menuliskan pikirannya dianggap telah mampu mewarnai sejarah kehidupan manusia. Sebaliknya orang-orang yang tidak dapat menuangkan pemikiran mereka dalam bentuk tulisan dianggap hanya sebagai pelaku saja.

Blogging pun tak jauh dari aktivitas menuangkan pikiran melalui tulisan. Media yang digunakan oleh seorang Narablog adalah website pribadi yang terkoneksi dengan internet. Seorang blogger mampu menuangkan pemikiran mereka dalam berbagai bidang dan topik kehidupan yang diminati. Tak jarang, seorang blogger pun mampu menjadi jurnalis online yang mampu menghadirkan berita secara cepat, tepat dan akurat sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Terkait dengan fungsi seorang narablog dalam menghadirkan liputan peristiwa maka fungsi sebuah Blog pribadi mampu menjadi portal berita yang lebih menyentuh kepada kedekatan emosional, geografis dan kebudayaan masyarakat pembacanya. Blog yang di-update secara rutin mampu memberi informasi yang menjadi candu bagi penikmatnya.

Komunitas blogger Jombang pun demikian adanya. Mereka mampu mewarnai kehidupan jagat penulisan jurnalis online di internet. Para blogger Jombang pada umumnya mengupas seluk beluk kehidupan masyarakat Jombang di berbagai bidang kehidupan, misalnya Pendidikan  Kebudayaan, hukum dan lain-lain. Berbagai peristiwa di Jombang pun tak luput dari liputan komunitas blogger Jombang.

Sebagai sebuah media informasi, komunitas blogger Jombang harus membekali diri dengan prinsip-prinsip jurnalisme yang mengedepankan objektivitas dalam liputan berita. Seorang narablog harus mampu berperan secara netral dalam menyajikan sebuah peristiwa dan berita terkait kehidupan masyarakat Jombang. Seorang blogger Jombang hendaknya bisa menjadi sumber informasi terkini sekaligus agen perubahan bagi kehidupan intelektual di bidang kepenulisan.

Anda pun tentunya pernah mengupas sebuah peristiwa atau kejadian di daerah sekitar tempat tinggal Anda. Peristiwa itu sangat menarik minat masyarakat sehingga jiwa penulis anda pun tergoda untuk mengubah secara tuntas dalam artikel Blog pribadi. Bagaimana dengan pengalaman anda dalam menulis artikel internet di Blog pribadi? Apakah anda telah melaksanakan prinsip-prinsip nasionalisme dan jurnalisme yang mengedepankan etika dan ketidakberpihakan kepada kepentingan sekelompok masyarakat tertentu? Silakan berbagi pengalaman di kolom komentar.

Bagikan tulisan ini:

3 Replies to “Komunitas Blogger Jombang dan Semangat Jurnalis Online”

  1. Maklum aja blogger Jombang masih labil dan belum ada tokoh idola yang sudah menghasilkan Milyaran Rupiah dari blog pribadi. mungkin anda bisa menjadi tokoh panutan itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *