Mau Menjadi Penulis Lepas? Mulai Dulu Dari Konsisten Ngeblog

Beberapa kali saya mendapatkan kiriman CV beberapa orang yang tertarik menjadi ghost writer atau penulis lepas. Secara akademis mereka memang bagus, tapi itu tidaklah cukup. Hanya sebagian kecil pertimbangan akademis saya lakukan, selebihnya saya lihat bagaimana konsistensi dalam blogging. Jadi syarat pertama sudah ketahuan, yaitu punya blog pribadi dan diupdate secara teratur. Dari situ akan kelihatan bagaimana daya analisa, kadar kritis dan kemampuan kreatifitas seseorang menyikapi satu peristiwa yang tengah terjadi.

Pakai blog yang gratis atau berbayar? Saya yakin kreatifitas seseorang dalam menulis tidak dibatasi oleh domain dan hosting gratisan. Namun saya menyarankan tetap pakai yang berbayar. Saat ini ada banyak paket hosting plus domain dengan harga terjangkau. Tinggal pilih hosting yang terpercaya tempat Anda meng-online-kan tulisan dan pemikiran melalui blog pribadi. Kenapa pakai berbayar? Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari domain dan hosting berbayar.

Free Download Origami, Diamond Comic and Cloud EzineArticles Wallpaper
penulis lepas harus nulis buku?

Ghost Writer Tidak Boleh Punya Website Portofolio?

Yang pertama tentu saja menunjukkan keseriusan dan kreatifitas menulis Anda dalam menekuni freelance bidang penulisan ini. Menjadi ghost writer itu nggak sama dengan web developer yang boleh pajang karya mereka beserta nama klien dalam website portofolio. Bagi ghost writer, haram hukumnya memberitahu publik siapa-siapa saja klien mereka. Ini soal etika profesi dan menjaga nama baik klien.

Lalu bagaimana cara meyakinkan calon klien atas kemampuan kita? Kembali blog pribadi menjadi jawaban. Kita nggak mungkin sebut nama si A yang sudah order paket ini, si B yang order paket itu. Sebaliknya, artikel-artikel bernas yang dipublikasikan secara berkala melalui blog pribadi menjadi satu jaminan awal kualitas penulisan kita. Kalau punya tim penulis yang terdiri dari beberapa orang, kita tinggal memberi url blog pribadi mereka. Calon klien tinggal browsing dan memeriksa bagaimana kemampuan menulis tim tersebut.

Mau Menjadi Penulis Lepas Mulai Dulu Dari Konsisten Ngeblog 2

Tempat Berbagi Detail Informasi dan Kontak Jasa Penulisan

Jika Anda masih single fighter dan merintis bisnis jasa penulisan artikel namun belum mempunyai website tersendiri, maka blog pribadi bisa menjadi tempat yang tepat untuk memberikan detail informasi terkait jasa yang Anda tawarkan. Cara yang sering terjadi adalah berbaur ke dalam forum yang ramai lalu kita ikut cuap-cuap menawarkan jasa di sana. Itu hal yang wajar sepanjang kita tidak melanggar TOS forum tersebut.

Fungsi lain blog pribadi adalah tempat menghubungkan penulis lepas dengan calon klien. Anda bisa memasang halaman kontak, chat YM, bahkan nomor telepon untuk mempermudah komunikasi dengan calon klien. Sepanjang pengalaman saya, keinginan klien itu aneh-aneh dan seringkali keluar dari paket yang kita tawarkan. Menghadapi hal demikian kita nggak boleh stress. Mereka memang lebih tahu apa kebutuhannya, sementara kita berkewajiban memenuhi order. Fungsi blog disini makin jelas, menjadi jembatan komunikasi tim penulis dan calon klien.

Oke, itu dulu yang bisa saya bagi kali ini. Artikel berikutnya saya akan bahas tips praktis buat para penulis lepas. Dan selalu saya katakan: Enjoy Blogging Enjoy Writing. Ngeblog itu nggak akan pernah jadi perbuatan sia-sia kalau kita tekuni dengan penuh tanggungjawab dengan kemauan terus belajar. Semangat Berjuang!

foto pemandangan simpang lima gumul kediri jawa timur (13)
foto pemandangan simpang lima gumul kediri jawa timur

27 Replies to “Mau Menjadi Penulis Lepas? Mulai Dulu Dari Konsisten Ngeblog”

  1. Pernah memang terpikir menjadi ghost writer, meskipun sebetulnya tidak yakin apa bisa menjalankannya.
    Setahu saya ibaratnya marketing, kita hanya bisa menulis “pesanan” itu yang bagus-bagus saja kan? Dan itu yang saya tidak bisa, saya tidak bisa “menjilat” (di real saya juga tidak akan bisa menjadi sales). Bisanya justru mungkin mengkritik hahaha.
    Yah karena memang profesi saya mengajar dan entertainer, jadi menulis sesuai profesi saja deh.

    Tulisan ini menarik sekali mas…saya tunggu ulasan tentang Ghost Writer

    EM

  2. Setuju banget mas. Blog pribadi sebenarnya adalah investasi kita juga untuk masa depan. Di situ terkumpul berbagai karya tulis yang bisa mencerminkan kualitas dan kapasitas penulisan kita. Tambahan dari saya, jika memang ingin menjadi penulis bayangan atau penulis hantu, mulailah terlebih dahulu dengan rutin menulis untuk blog sendiri. Sampai suatu kondisi ketika kita merasa butuh penyaluran atau penampungan lain (untuk menampung mata air kreativitas menulis kita yang tak terbendung) 😉

  3. Salah satu tujuan saya mengelola blog dan berusaha rutin menerbitkan artikel di blog adalah “mengembangkan kemampuan menulis”, dan seperti kata Mas Iskandaria “sampai pada suatu kondisi kita butuh penyaluran” setelah jatah untuk blog pribadi kita terpenuhi, barulah kita berpikir untuk menjadi ghost writer.

  4. Wah kayaknya menarik juga ya menjadi ghost writer… walaupun pengetahuan tentang dunia blogsphere belum ada apa-apanya, tapi saya mau belajar deh sama mas agus, siapa tau nanti di terima jadi karyawanya,. heheheh…

  5. Sepertinya postingan di blog yang jumlahnya masih 100 artikel kebawah belum cocok jika ingin jadi ghost writer. hehehe

    Saya masih semangat nulis ne mas di blog tapi saya masih ngrasa belum menemukan gaya tulisan ala pribadi saya , kenapa ya mas?

    1. Apalagi kalau postingnya nat nut, bisa jadi keinginan Jadi Penulis Lepas malah bisa kebalik alias Lepas Jadi Penulis.
      Intinya tetap sama, mau jadi penulis lepas atau penulis tidak lepas sama tetap butuh konsisten, semangat, dan yang gak boleh ditinggalkan … sering menulis.

  6. talk bout blog, talk bout branding. Termasuk ghost writer yang juga perlu branding. Bahkan dengan punya blog ghost writer bisa punya 2 sumber penghasilan : pertama jelas sebagai ghost writer, kedua boleh jadi ada advertiser yang tertarik untuk memberikan job review. Sekarang ini ngga ngeblog rugi banget rasanya 🙂

  7. bagus sekali infonya ,thanks. kunjung juga di
    design-programming.blogspot.com

    banyak banget informasi mengenai freelance dan tips-tipsnya…..

  8. Good post. I study something more difficult on totally different blogs everyday. It would always be stimulating to learn content material from other writers and practice just a little something from their store. I’d favor to use some with the content on my blog whether you don’t mind. Natually I’ll offer you a hyperlink on your web blog. Thanks for sharing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *