Mengapa Dunia Blogging Kurang Berkembang Akhir-akhir Ini?

Information overload. Conceptual image of male and female figures with an array of television images that are breaking over them in a wave. This image may represent the concept of information overload, where too much information is provided and it becomes difficult to select what is needed.
Information overload. Conceptual image of male and female figures with an array of television images that are breaking over them in a wave. This image may represent the concept of information overload, where too much information is provided and it becomes difficult to select what is needed.

Harus diakui bahwa perkembangan dunia bloggng selama lima tahun terakhir ini menunjukkan kemunduran. Hingar-bingar dunia penulisan artikel Blog pribadi pun tidak terlalu semarak seperti halnya 10 tahun yang lalu manakala bisnis online baru berkembang di Indonesia.

Satu persatu blogger berguguran di jagad blogosphere. Mereka rupanya tidak cukup sabar untuk menginvestasikan sebagian waktu, tenaga dan biaya yang mereka miliki untuk membangun Blog pribadi. Kebanyakan pebisnis internet saat ini menggunakan toko online untuk memasarkan produk-produk mereka baik produk nyata maupun produk virtual. Jika mereka tidak tertarik toko online, maka arah bisnis online mereka tertuju ke Youtube.

Pilihan pebisnis online untuk memasarkan produk mereka melalui toko online yang telah terkenal adalah pilihan yang sangat realistis. Mereka tidak perlu membuat website sendiri tapi bisa langsung memasarkan produk mereka melalui aplikasi online shop yang telah terkenal seperti Bukalapak, Shopee, Blibli, Tokopedia dan lain-lain. Masing-masing aplikasi online shop itu memberikan keunggulan tersendiri sehingga persaingan internet marketing makin kompetitif.

Alasan lain mengapa banyak blogger yang berpindah profesi menjadi seller di aplikasi online shop adalah karena prospek website Blog pribadi tidak terlalu memberikan kepastian. Walaupun potensi bisnis online telah dianggap mampu mengimbangi bisnis konvensional namun dalam kenyataannya bisnis di internet masih terbilang rapuh dan mudah dipengaruhi oleh berbagai faktor penyebab kemunduran bisnis. Siapapun tentu tidak ingin menginvestasikan seluruh dan nanya ke bisnis internet. Mereka pun tentu tertarik untuk meletakkan kaki yang lain pada bisnis konvensional.

Fakta terpenting yang perlu diperhatikan oleh setiap blogger adalah makin maraknya penyebaran berita palsu alias berita hoax di internet. Berita hoax sedikit banyak telah mengurangi tingkat kepercayaan pembaca kepada sebuah website. Walaupun seorang Narablog telah melakukan penyelidikan atau investigasi mendalam terkait sebuah peristiwa di daerahnya, namun bisa saja neriten pembaca artikel memberikan komentar berlawanan dengan fakta yang tertulis di artikel blog. Seorang narablog eringkali kesulitan memberikan penjelasan kepada netizen yang selalu merasa benar.

Bagaimana dengan pendapat anda? Apakah anda setuju bahwa perkembangan dunia blogging akhir-akhir ini telah menuju titik kritis? Silakan berbagi pemikiran di kolom komentar.

Bagikan tulisan ini:

4 Replies to “Mengapa Dunia Blogging Kurang Berkembang Akhir-akhir Ini?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *