Peran Freelance Writer di Era Industri Informasi

terapi menulis untuk kesehatan mental
terapi menulis untuk kesehatan mental

Apa kabar sobat blogger pembaca setia The Jombang Taste? Freelance writer merupakan profesi yang terus berkembang, baik jumlah maupun spesifikasi pekerjaan, sesuai perkembangan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Bisa dikatakan bahwa freelance writer adalah jenis profesi menulis yang membutuhkan kepekaan sosial yang tinggi dan tanggap terhadap perubahan lingkungan. Ketidakmampuan freelance writer meningkatkan kemampuan diri akan berakibat karirnya sulit berkembang.

Banyak media yang saat ini eksis di tengah masyarakat yang menggunakan jasa freelance writer dalam publikasi berita mereka. Mulai dari surat kabar nasional, koran lokal, tabloid, majalah, siaran radio, program televisi, industri perfilman hingga jasa periklanan. Informasi yang Anda serap melalui beragam media tersebut bukan mustahil hasil karya freelance writer. Dalam pengamatan saya, bahkan jumlah kontributor ghost writer jauh lebih besar daripada penulis yang memang khusus dipekerjakan dalam satu media.

Jika memang freelance writer harus selalu peka terhadap isu yang berlaku di masyarakat, lantas apakah ini berarti bahwa freelance writer latah informasi dan tidak memiliki karakter diri?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kita lihat awal mula proses rekrutmen seorang freelance writer. Dengan nama ghost writer, penulis lepas, penulis konten, penulis artikel dan beragam sebutan lain, freelancer dan industri informasi adalah dua hal yang saling melengkapi. Era informasi ditandai dengan makin mudahnya manusia mengakses informasi dari beragam informasi. Kebutuhan inilah yang ditangkap oleh industri media untuk memanfaatkan jasa freelance writer. Jadi, freelance writer ada karena memang dibutuhkan masyarakat.

Saya memprediksi profesi freelance writer makin berkembang pesat dalam beberapa tahun ke depan. Kebutuhan informasi bukan hanya sebatas apa yang sekarang Anda lihat di televisi, Anda baca di internet dan koran, tetapi juga dalam bidang politik antar negara. Bukan rahasia lagi bahwa banyak politisi yang andal dalam hal berorasi di depan masyarakat namun tidak mampu menuliskan buah pikiran mereka dalam beragam media. Entah sebagai sumbangsih terhadap penyelesaian masalah di masyarakat atau strategi politik pencitraan, peran freelance writer mereka butuhkan dalam kampanye politik.

Lalu, bagaimana Anda menanggapi peran freelance writer dalam era informasi saat ini? Apakah Anda menyadari bahwa dibalik informasi yang berkembang di masyarakat terdapat tangan-tangan tak beridentitas yang turut mengendalikan opini masyarakat?

One Reply to “Peran Freelance Writer di Era Industri Informasi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *