Macam-macam Profesi Freelancer Bidang Penulisan di Internet

Creative Study Techniques That Actually Work - From Pinterest
Creative Study Techniques That Actually Work – From Pinterest

Perkembangan era digital yang ditandai dengan makin besarnya pengaruh internet dalam segenap urat nadi kehidupan masyarakat, telah melahirkan sejumlah kebiasaan baru. Diantaranya adalah orang makin sering memanfaatkan internet untuk mencari informasi terkini. Situs semacam portal berita, jejaring sosial, blog pribadi, website korporat dan aneka halaman online makin banyak dikunjungi orang.

Kondisi inilah yang menjadikan banyak pihak melirik potensi internet dan media massa (termasuk buku cetak, koran, majalah dan tabloid) untuk membangun branding dalam satu bidang dan meraih popularitas di masyarakat. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan menyajikan artikel online yang mewakili karakter dan sudut pandang seseorang terhadap satu masalah.

Sayangnya, tidak semuanya memiliki kemampuan menulis artikel dengan baik dan benar. Ada yang lihai berorasi di depan khalayak umum tapi lemah dalam menuangkan gagasan lewat kata-kata tertuilis. Nah, celah inilah yang dimanfaatkan freelancer bidang penulisan untuk lebih banyak berkarya dan mewarnai persepsi masyarakat terhadap satu tokoh.

Terdapat beberapa profesi freelacer yang berkecimpung dalam bidang penulisan. Diantaranya adalah:

Ghost Writer (Penulis Bayangan)

Pembahasan mengenai hal ini sudah sering saya singgung. Namun tak ada salahnya kalau saya ulas secara singkat. Seorang ghost writer adalah penyedia jasa penulisan dengan profesional fee tertentu, yang dapat diminta menulis untuk dan atas nama Anda. Anda cukup memberikan gambaran singkat tujuan artikel yang Anda pesan, keyword yang Anda inginkan, tingkat keyword density, lalu panjang artikel yang sesuai budget Anda.

Selanjutnya, seorang penulis lepas akan mengumpulkan referensi terkait topik yang Anda pilih lalu disusun menjadi artikel baru yang unik, fresh, informatif dan sesuai tujuan awal Anda memesan artikel. Mudah kan. Anda tinggal uang sekian ribu lalu artikel dikirim lewat email sesuai tenggang waktu yang disepakati di awal.

Co-Writer (Penulis Pendamping)

Untuk jenis freelancer berikut, Anda mengajak seorang penulis profesional untuk berdiskusi, menetapkan tujuan penulisan artikel atau buku, dan menulis bersama-sama. Dalam prakteknya, seringkali penulis pendampinlah yang menjalankan seluruh proses penulisan. Sementara penulis utama hanya menyediakan bahan-bahan penulisan atau memberikan hasil wawancara di lapangan.

Jadi kalau dipikir-pikir, cara kerja co-writer itu mirip dengan ghost writer. Bedanya, nama co-writer harus dicantumkan dalam artikel atau buku yang ditulis bersama penulis utama. Sementara hal tersebut tidak berlaku untuk ghost writer.

Content Editor

Seorang editor diperlukan jasanya saat menyelesaikan sebuah penggarapan karya tulis besar. Tidak harus buku, bahkan sales letter produk yang dijual online pun bisa masuk dalam jangkauan freelancer berikut ini. Kalau untuk artikel blog, setahu saya belum ada yang pakai editor berbayar.

Jika Anda mampu menyelesaikan draft awal sebuah penulisan dengan baik, namun untuk editting, pengayaan, gaya bahasa Anda masih kurang percaya diri atau memang nggak ada waktu untuk mengerjakan, itulah saat yang tepat untuk merekrut content editor. Salah satu editor andal yang saya kenal adalah Vidzas Erdien yang telah berpengalaman bertahun-tahun dalam penerbitan buku.

Penulis Tamu

Sebenarnya ini tidak masuk dalam bagian freelance karena pada dasarnyapenulis tamu tidak dibayar untuk setiap artikel yang ditulisnya. Namun berdasarkan pengalaman saya, tiap kali saya menulis artikel di blog lain, pasti saya dapat imbalan. Mungkin bukan berupa uang. Pada umumnya berupa buku referensi, kaos ataupun sejumlah sarana promosi lainnya. Eh, bahkan ada yang ikhlas memberi file berharga lho. Misalkan ebook premium yang harus dibeli pakai dollar Hong Kong.

Meski tidak selalu memberi imbalan materi, menjadi penulis tamu memberi banyak manfaat. Terutama efek psikologis setelah menulis. Seolah terdapat label khusus di blog seorang penulis tamu, yang membedakan dengan blog lain yang tidak berani ‘menguji nyali’ di kandang lawan. Apalagi kalau kandang itu adalah kandang macam.

Itulah gambaran singkat seputar profesi freelance di bidang penulisan. Wah, ternyata banyak ya. Dan semuanya menjanjikan penghasilan. Ayo, dipilih dipilih dipilih…!

Ngomong-ngomong, ada yang mau nambahin mungkin masih ada jenis freelance penulis lain yang belum masuk daftar di atas? Atau justru Anda mau berbagi pengalaman saat menekuni profesi di atas?

5 Replies to “Macam-macam Profesi Freelancer Bidang Penulisan di Internet”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *