Syarat Kompetensi Ghost Writer

Ghost writer dikenal juga sebagai penulis bayangan, penulis lepas atau copy writer. Ada juga yang memplesetkan menjadi penulis hantu. Beberapa bulan lalu sempat saya singgung keberadaan penyedia jasa tulisan ini dalam berbagai bidang kehidupan. Kali ini saya hanya menambahkan sedikit tips buat mereka yang tertarik menekuni profesi penulis bayangan.

Beberapa situs penyedia jasa artikel membuat standard yang berbeda-beda tentang rekrutmen seseorang menjadi penulis bayangan. Hal tersebut disebabkan oleh perbedaan segmentasi dan positioning yang dipilih oleh situs yang bersangkutan. Namun secara umum, hal-hal berikut wajib diketahui bagi Anda yang berminat menekuni profesi ini.

  • Memiliki kemampuan menulis dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar. Dalam hal ini, Anda dituntut mampu menguasai grammar (struktur kata) dengan benar, memiliki vocabulary (kosakata) yang memadai dan paham perkembangan slang language (bahasa percakapan sehari-hari orang bule).
  • Hal di atas berlaku bila Anda memilih menulis bahasa Inggris. Namun bila Anda fokus pada artikel bahasa Indonesia, maka Anda WAJIB memiliki kemampuan dasar menulis yang baik dan benar sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).
  • Memiliki kemampuan menulis dengan berbagai macam topik pilihan. Mungkin di awal seleksi calon penulis Anda mengkhususkan diri pada satu topik kesukaan. Namun untuk tujuan jangka panjang, terutama jika keyakinan Anda mantap menjadi freelancer bidang penulisan, maka harus bisa fleksibel dalam hal kategori tulisan.


  • Sanggup menyelesaikan order tulisan sesuai batas waktu yang ditetapkan. Hindari penyelesaian tulisan sampai masa tenggang datang. Lebih cepat selesai, lebih baik. Hal ini akan sangat mempengaruhi citra Anda sebagai penulis lepas andalan.
  • Tidak menggunakan software tertentu untuk menghasilkan artikel. Untuk penjelasan hal ini, silakan buka artikel blog Lutvi Avandi tentangautoblog.
  • Tidak melakukan spinning pada artikel. Spinning adalah penggunaan keyword yang berbeda pada artikel yang sama untuk menghasilkan beberapa artikel.
  • Memiliki kemampuan riset dan analisa untuk mendapatkan referensi yang tepat sesuai dengan topik yang sedang dikerjakan. Hal ini tidak sulit kok! Cukup buka Google lalu ketikkan keyword yang Anda pilih. Anda bisa segera menyaring berbagai informasi yang tersedia untuk ditulis ulang sesuai gaya penulisan Anda.

Apakah syarat di atas terlihat berat? Menurut saya sih wajar-wajar saja. Hal ini disebabkan karena artikel yang dihasilkan seorang penulis bayangan harus unik,fresh, alami, SEO friendly dan lolos Copygator. Seorang penulis bayangan dihargai mahal karena memang tulisan yang dipesan harus mampu memberi imbal balik yang sepadan bagi klien atau pemesan artikel.

Sekedar sharing ya, selama setahun terakhir saya menjalani profesi ini nggak terlalu terbebani oleh tugas-tugas riset dan penulisan. Saya tinggal membaca detail order artikel lalu browsing bahan penulisan sebanyak-banyaknya di Google. Berikutnya, saya mempelajari kekurangan dan kelebihan masing-masing bahan yang saya dapat. Langkah terakhir, tinggal eksekusi di keyboard.

Good luck buat para ghost writer Indonesia…!

13 thoughts on “Syarat Kompetensi Ghost Writer

  1. bagaimana caranya menjadi penulis seperti ini?

    Maksudnya mencari tahu siapa saja yang membutuhkan penulis begitu…

  2. Wah .. ilmu yang bermanfaat mas.. makasih sharingnya. Blognya keren, materinya unik dan sangat berguna bagi banyak orang. Keep blogging, writing, and sharing :)

Leave a Reply