Larangan Tuhan Menunjukkan Hukum Haram

kata kata bijak agama Islam dari pondok pesantren tebuireng (1)
kata kata bijak agama Islam dari pondok pesantren tebuireng

Larangan diciptakan Tuhan bukanlah untuk mempersempit ruang gerak manusia. Dibalik larangan tersebut terdapat banyak sisi manfaat yang mungkin tidak disadari oleh kebanyakan manusia. Larangan Tuhan tertulis dalam kitab suci agama dan itu sama artinya manusia tidak boleh melakukannya. Bila manusia melakukan larangan tersebut maka berlabel haram dan menuai dosa.

Namun sayangnya dosa manusia tidak tampak dalam pandangan mata sehingga dengan mudahnya manusia bisa melakukan dosa tanpa takut menanggung akibatnya di akhirat kelak. Perbuatan dosa berakibat bukan hanya di akhirat saja, bahkan di dunia pun sudah bisa dirasakan. Misalkan, seorang pembunuh yang dengan sengaja menghilangkan nyawa orang lain. Dia bukan hanya menerima balasan di akhirat. Di duniapun dia sudah mendapatkan hukuman penjara oleh pihak yang berwenang melakukan proses hukum.

Jadi jangan dikira larangan Tuhan itu sebagai bentuk pengekangan kebebasan berekspresi Anda. Jauh dari dugaan Anda, terdapat hikmah tersembunyi di balik larangan itu. Jauhi larangan Tuhan, tak peduli seberapa berat Anda menanggungnya. Dibalik beratnya beban hidup itu terdapat kemudahan yang akan Anda rasakan. Kelak Anda akan berkata: Untung Tuhan melarang saya, kalau tidak, mungkin saya akan bernasib lebih buruk.

Semoga artikel ini bisa memberi inspirasi bagi Anda. Enjoy blogging, enjoy writing!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *