Pro dan Kontra Praktek Pengobatan Alternatif Ningsih Tinampi di Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur

Logo Hukum Syariah Islam
Logo Hukum Syariah Islam

Penulis mengenal nama Ningsih Tinampi secara tidak sengaja dari sosial media YouTube pada 4 Januari 2020 lalu. Penulis sudah setahun ini tidak pernah menyaksikan tayangan televisi. Meskipun di rumah sudah ada televisi namun tidak pernah dinyalakan. Awalnya penulis sedang mencari tayangan live streaming Youtube tentang kejuaraan bulutangkis Malaysia Master pekan lalu. Namun ternyata muncul rekomendasi video yang muncul justru akun Ningsih Tinampi.

Video pengobatan Ningsih Tinampi ditulis dengan judul biasa-biasa saja, tidak seheboh judul video Youtuber lain. Penulis pun meng-klik video itu tanpa tahu siapa nama pemilik akun video itu. Video itu menayangkan pasien seorang anak yang kerasukan roh Nyai Roro Kidul seputar bencana banjir di Jakarta pada awal tahun baru 2020 lalu. Penulis tertarik untuk mengetahui nama pemilik akun pemilik video. Dan disitulah baru tahu penulis baru tahu ada nama Ningsih tinampi.

Berdasarkan informasi dari akun Youtube Ningsih Tinampi, lokasi dan alamat pengobatan Ibu Ningsih Tinampi di Dusun Lebaksari RT 06 RW 13 Desa Karang Jati Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Alamat tersebut berada di depan PT. Indolakto Pandaan, dekat dengan Taman Dayu Pandaan. Lokasi tersebut berada di Jalan by Pass Surabaya-Malang. Anda bisa mengecek di Google Maps Dengan kata kunci Lokasi Pengobatan Alternatif Ningsih Tinampi.

Menolong Orang Miskin yang Sakit

Beberapa hari terakhir ini penulis penasaran dengan tontonan video pengobatan alternatif yang dilakukan oleh Ningsih Tinampi. Tanpa terasa, penulis sudah menyaksikan puluhan video pengobatan Ningsih Tinampi secara acak mulai dari posting September 2019 hingga Januari 2020. Dari tayangan video-video yang telah penulis saksikan itu ada satu benang merah yang penulis simpulkan yaitu berdakwah dengan jalan beramal. Sosok Ningsih Tinampi menjadi penolong bagi banyak orang miskin yang bermasalah dengan kesehatan, baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental.

Setiap hari ratusan orang memenuhi rumah Ningsih Tinampi yang berada di Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan Provinsi Jawa Timur. Mereka rela antre menunggu berjam-jam untuk mendapatkan pengobatan alternatif yang dilaksanakan oleh Ningsih Tinampi. Para pasien itu sebelumnya telah mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan tanggal pemeriksaan sesuai jadwal yang diberikan oleh manajemen Ningsih Tinampi.

Pengobatan yang dilakukan Ningsih Tinampi terbilang cukup unik dan seolah-olah tidak masuk akal. Para pasien diobati dengan kekuatan yang tidak masuk logika namun terbukti membawa kesembuhan. Pada salah satu episode video YouTube, Ningsih Tinampi menyatakan bahwa kekuatan yang ia miliki berasal dari perjalanan rohani beliau saat mengunjungi Kota Mekah dan Madinah serta berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW.

Salah satu tayangan video bahkan membuka rahasia jati diri Ningsih Tinampi. Seorang pasien mampu melihat di dahi wanita yang akrab disapa Bu Ningsih ini tertulis lafadz Allah. Sedangkan pada salah satu dada Ningsih Tinampi tertulis lafadz Muhammad. Dari sini kita bisa sedikit mengulik informasi bahwa pengobatan alternatif yang dilakukan oleh Ningsih Tinampi berdasarkan ajaran agama Islam.

Khasiat Surat Al-Fatihah

Satu hal lagi yang selalu diulang-ulang oleh Ningsih Tinampi dalam mengobati pasiennya adalah membaca surat al-fatihah. Surat al-fatihah adalah surat yang wajib dibaca oleh setiap orang Islam yang melaksanakan ibadah shalat. Penulis yakin sebagian besar umat Islam di dunia ini sudah menghafal bacaan surat al-fatihah. Tapi mengapa khasiat bacaan surat al-fatihah itu menjadi sangat ampuh ketika dibaca oleh seorang Ningsih Tinampi? Apa keistimewaan yang diberikan oleh Allah kepada Ningsih Tinampi?

Popularitas Ningsih Tinampi di kalangan rakyat miskin semakin meningkat. Kebiasaan Bu Ningsih adalah menggratiskan biaya pengobatan bagi pasien yang tidak mampu. Beberapa diantara pasien itu bahkan mengaku mendapatkan uang saku untuk biaya perjalanan kembali ke rumahnya masing-masing. Sontak saja banyak warga sekitar Jawa Timur yang berbondong-bondong ingin menyembuhkan diri ke pengobatan alternatif Ningsih Tinampi.

Satu lagi kebiasaan yang dilakukan oleh Ningsih Tinampi setiap pekan adalah melakukan kegiatan membagikan sedekah sembaki kepada fakir miskin di sekitar tempat tinggalnya. Kegiatan membagikan sedekah ini dilakukan secara rutin setiap pekan ketika hari Senin saat semua pasien diliburkan untuk berobat. Penyaluran bantuan itu dilakukan sendiri oleh Ningsih Tinampi dibantu dengan perangkat desa dan tokoh masyarakat desa setempat.

Nasehat Ningsih Tinampi

Lantas Bagaimana dengan pandangan agama Islam terhadap praktek pengobatan alternatif yang dilakukan oleh Ningsih Tinampi? Sepanjang pemahaman penulis dan pengamatan penulis terhadap video-video yang beredar di YouTube Ningsih Tinampi kegiatan, pengobatan alternatif Ningsih Tinampi selalu diawali dengan bacaan bismillah. Bahkan ketika Ningsih Tinampi bercakap-cakap dengan sosok makhluk halus di dalam tubuh pasiennya pun selalu diawali dengan mengucapkan Assalamualaikum.

Satu hal menarik yang dapat kita rasakan setelah menyaksikan video-video pengobatan Ningsih Tinampi adalah informasi yang tergali dari komunikasi antara manusia dengan makhluk bukan manusia. Makhluk tidak kasat mata itu bercerita mengenai berbagai kejadian yang tidak mungkin dilalui oleh manusia yang masih hidup, misalnya siksa kubur. Dengan demikian manusia yang masih hidup dapat mengambil hikmah dari cerita itu.

Ningsih Tinampi selalu mengingatkan orang-orang yang ditemuinya untuk mempertebal iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Terlebih lagi bagi umat Islam agar selalu menjalankan shalat lima waktu dan berbuat baik terhadap sesama. Dikatakan olehnya bahwa bumi dan seisi dunia sudah tua. Sebagai seorang yang telah renta, kita hanya bisa menunggu waktu untuk datangnya akhir dunia.

Prinsip hidup yang dinasehatkan oleh Ningsih Tinampi adalah setiap manusia akan menerima balasan dari setiap amal perbuatan yang telah dilakukannya, baik amal perbuatan yang baik maupun yang buruk. Akibat perbuatan kita akan dirasakan oleh kita sendiri ketika kita masih hidup didunia maupun ketika kelak sudah tiada. Oleh karena itu manusia harus selalu berbuat baik dan menjalankan perintah ajaran agamanya.

Hal yang sering diulang oleh Ningsih Tinampi ketika mengobati pasien adalah jangan percaya kepada dukun dan benda-benda jimat. Dukun dan benda-benda jimat adalah media setan untuk mencelakakan manusia. Ningsih Tinampi selalu mengajarkan kepada orang-orang yang ditemuinya untuk memperbanyak dzikir, membaca shalawat dan mengerjakan shalat lima waktu tepat pada waktunya. Ningsih Tinampi juga selalu mengingatkan kepada pasien yang diobatinya untuk melibatkan doa anak yatim dalam kesembuhan dirinya.

Reaksi Penonton Youtube

Video Youtube Bu Ningsih telah ditonton puluhan juta pengguna internet. Komentar netizen pun tak terhitung lagi jumlahnya. Sebagian besar komentar bernada positif, meski ada juga tanda dislike atau tidak suka pada video tersebut. Salah satu ulasan menarik datang dari netizen bernama Tetty Sulastry Mardiana.

Tetty menuliskan resume kejadian yang membuat Bu Ningsih dikatakan mengada-ada dan sesat. Kali ini admin blog The Jombang Taste mengedit kembali resume tersebut dengan perbaikan struktur kalimat tanpa mengurangi dan menambahkan muatan informasi di dalamnya. Anda dapat mengoreksi informasi ini dengan berbagai sumber yang relevan.

Tetty menuliskan kejadian beberapa hari yang lalu Bu Ningsih kedatangan dua anak indigo yang berobat kepadanya. Bu Ningsih sudah lama menyatakan jika ada anak indigo datang kepadanya maka ia akan memperlihatkan kondisi Ibu kita, planet bumi. Bu Ningsih membuka penglihatan anak indigo supaya semua manusia tahu sudah semarah apa bumi dan alam karena perbuatan maksiat yang dilakukan manusia.

Anak indigo tersebut berkata bahwa sosok Bu Ningsih dalam penglihatannya memiliki sayap besar. Kemudian dengan alasan untuk mengajak seluruh umat Islam untuk bertaubat dan kembali lagi ke ajaran Islam maka Bu Ningsih membuka penglihatan dua anak indigo ini tentang kondisi bumi. Kejadian ini hanya bisa dilihat oleh manusia yang memiliki indra keenam yang kuat.

Kedua anak indigo tersebut lalu meloncat karena kaget. Dua anak perempuan itu menangis dan ketakutan karena melihat isi bumi. Mereka melihat manusia yang sedang disiksa. Penulis pun menonton video tersebut dan turut merasa ketakutan saat melihat reaksi dua anak indigo ini. Lalu saat itu diperlihatkan juga makhluk perwujudan angin dan laut oleh Bu Ningsih.

Mengundang Kehadiran Nabi Muhammad

Bagian terakhir video tersebut adalah ucapan Bu Ningsih yang akan mengundang kehadiran Rosululloh SAW di hadapan dua anak indigo ini. Hal inilah yang menjadi kontroversi di kalangan netizen umat Islam yang menonton video Youtube tersebut. Benarkah Ningsih Tinampi mampu menghadirkan ruh Nabi Muhammad SAW di tengah khalayak pasiennya? Hanya Allah yang tahu jawabnya.

Saat bertemu dan melihat ruh Rosululloh inilah kedua anak perempuan indigo ini merasa takjub dan menangis. Salah satu dari dua anak ini mengatakan Rosululloh adalah laki-laki yang berwajah tampan. Pada kesempatan ini Ningsih Tinampi menyatakan bahwa dirinya tidak mempunyai indera keenam seperti kedua anak tersebut. Beliau juga mengaku tidak mempunyai khodam. Menurut pengakuan Ningsih Tinampi, yang membantu dan menuntun beliau selama ini adalah malaikat dengan perintah Allah SWT.

Berkat perlindungan malaikat Allah maka Ningsih Tinampi dan keluarga dapat bertahan dari serangan ribuan dukun santet yang dendam terhadap beliau. Karena bimbingan malaikat itu juga sehingga penguasa laut, air, dan gunung mau membantu beliau. Syarat yang harus dipenuhi Ningsih Tinampi agar dirinya dan keluarganya dijauhkan dari musibah adalah dirinya tetap harus mengobati orang sakit, bershodaqoh, dan mengajak muslim kembali ke ajaran agana Islam.

Untuk memenuhi persyaratan tetsebut lantas Ningsih Tinampi dan orang-orang terdekatnya membuat video di akun Youtube dengan dukungan Tim Gaby. Setiap kegiatan pengobatan alternatif Ningsih Tinampi didokumentasikan oleh Tim Gaby supaya umat Islam tahu dan dapat mengambil hikmah tayangan video yang ditontonnya.

Pro dan Kontra Penonton Youtube

Ningsih Tinampi mengharapkan bertemu anak Indigo yang datang ke tempat pengobatannya. Anak indigo tersebut dapat melihat dan menceritakan pengalaman spiritualnya melalui video youtube. Anak indigo itu lantas menceritakan keadaan alam yang sudah murka akibat kemaksiatan manusia. Harapannya adalah agar orang-orang yang berbuat maksiat bisa segera sadar dan bertaubat kembali ke ajaran agama Islam.

Ningsih Tinampi sendiri merasa heran mengapa ia mendapatkan kemampuan khusus dalam ilmu spiritual padahal beliau merasa tidak pantas dan tidak pintar. Ningsih Tinampi semenjak lahir tidak putus diberi cobaan berat oleh kehidupan. Namun karena sudah diberikan kemampuan khusus, Ningsih Tinampi bertekad akan menjalankannya semampunya.

Pro dan kontra netizen pun muncul seiring meningkatnya popularitas Ningsih Tinampi. Saran dari salah seorang komentator adalah agar kita menjauhkan diri dari memfitnah karena fitnah adalah pekerjaan Dajjal. Naudzubillah hi mindzalik. Apabila Anda menemukan hal-hal yang berada diluar kemampuan kita cukup mengatakan Wallohu’alam bishowaf.

Satu hal lagi yang perlu kita sadari adalah di tangan Allah tidak ada hal yang mustahil. Ilmu manusia dibanding ilmu Allah SWT hanya setetes air di lautan lepas. Bijaklah berkomentar, apabila ada kekurangan dan kesalahan seorang manusia bernama Ningsih Tinampi, maafkanlah dan lihatlah hal positifnya beliau yang bersedia berusaha mengobati saudara-saudara kita yang sakit dan kesulitan.

Terkait dengan bahaya ilmu santet, seorang anggota keluarga mantan korban santet menuturkan pengalamannya. Dia mengucapkan terima kasih ke Bu Ningsih karena sudah mengobati wanita korban santet. Dia merasa kasihan dan teringat ibunya. Dulu waktu masih kecil ibunya sakit dan tidak tahu jenis penyakit apa. Tangan dan jarinya membusuk. Perutnya membesar hingga akhirnya meninggal dunia karena tidak tahan menderita sakit selama satu tahun.

Bukan hanya ibunya, bapaknya juga menderita sakit sehingga tidak kuat bekerja lagi. Akhirnya bapaknya juga meninggal dunia. Kedua orang tuanya meninggalkan dirinya dan adik-adiknya untuk selamanya. Kejamnya santet bisa menyengsarakan manusia. Akhirnya, wanita ini berpesan semoga para dukun berhenti menyantet. Kejahatan yang dilakukan dukun santet akan menghancurkan dirinya sendiri. Setinggi-tingginya ilmu manusia masih lebih tinggi ilmunya Allah Yang Maha Kuasa.

8 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Bagikan tulisan ini:

5 Replies to “Pro dan Kontra Praktek Pengobatan Alternatif Ningsih Tinampi di Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur”

  1. Semoga beliau selalu sehat dan punya banyak kesempatan untuk menolong orang-orang miskin. Sikap pro dan kontra bagi orang yang berbuat baik memang selalu ada. itulah prilaku yang sebenarnya dalam menjalankan dakwah di tengah masyarakat.

  2. Orang baik memang selalu banyak dimusuhi oleh orang jahat.
    kalau kita mau berbuat baik memang selalu banyak halangannya.
    teruslah maju kalau untuk niat menolong orang lain.
    jangan pedulikan omongan dan komentar orang yang tidak baik.

  3. Setiap niat baik tidak selalu diiringi dengan tanggapan baik dari orang lain. Then kita butuh ketekunan dan kerja keras untuk membuktikan bahwa niat baik dan perbuatan baik kita membawa kita kepada keberuntungan hidup. Semoga bu Ningsih selalu sehat dan mendapat lindungan Allah.

  4. Tidak ada manusia yang benar-benar sempurna dan luput dari kesalahan badan.
    Seorang nabi pun bisa memiliki kesalahan. oleh karena itu kita harus selalu mengingatkan public figure yang menjadi teladan masyarakat barangkali mereka berbuat khilaf.
    maka kita harus mengingatkan kesalahan itu dan memaafkannya untuk perbaikan ke depan.

  5. Namanya juga orang pengen terkenal pasti ya cari sensasi supaya dapat pemberitaan dari media massa…
    kalau nggak bikin kontroversi ya nggak bakalan terkenal.
    tetaplah membantu orang-orang miskin untuk bu Ningsih dan timnya. mudah-mudahan Allah memudahkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *