Kata-kata Bijak Serial Drama Mahabharata di ANTV

poster mahabharata Indonesia di ANTV
poster mahabharata Indonesia di ANTV

Serial Mahabharata di ANTV adalah salah satu acara televisi favorit saya. Setiap kali serial Mahabharata di ANTV tayang, saya selalu menanti munculnya kata-kata bijak yang disampaikan para pemain Mahabharata. Biasanya kata-kata mutiara Mahabharata muncul melalui sosok Khrisna. Tapi tak jarang juga muncul kata-kata mutiara melalui percakapan pemain Mahabharata yang lain.

Beberapa tokoh Mahabharata yang sering mengucapkan kata-kata bijak adalah Khrisna, Guru Drona, Bisma, Arjuna, dan Yudhistira. Kata-kata mutiara yang muncul dalam percakapan serial drama Mahabharata sebenarnya tidak sepenuhnya berisi ajaran kebijaksanaan. Saya seringkali mendapatkan ide menulis kata-kata bijak Mahabharata justru saat terjadi pertikaian antara Pandhawa dan Kurawa.

Lalu, apa saja kata-kata bijak yang ada di dalam serial drama Mahabharata di ANTV? Ini dia beberapa kata-kata bijak tersebut:

Saat menuangkan cairan susu ke dalam mangkuk, pastikan jangan sampai ada setetespun cairan yang tumpah. Saya menyelesaikan sebuah masalah, pastikan tidak ada satupun pihak yang merasa dirugikan (Kunti – Mahabharata).

Dia yang meragukan ajaranku dan tidak meyakini kemampuannya sendiri, ia tidak pantas menjadi muridku (Guru Drona – Mahabharata).

Seorang guru akan bangga terhadap ilmunya hanya jika ia bisa melahirkan seorang satria (Arjuna – Mahabharata).

Musik perang tercipta untuk menghentakkan semangat melawan musuh. Jiwa seseorang bisa menjadikan musik perang menjadi terdengar sebagai melodi indah. Itulah kekuatan cinta. Apakah kamu sedang jatuh cinta ketika mendengarkan musik perang itu? (Arjuna – Mahabharata).

Batu yang dilempar ke tengah lautan tidak akan menjadi apapun di dunia ini (Drupada – Mahabharata).

Terkadang rasa kesepian itu dibutuhkan untuk mengajari kita agar menghargai indahnya kebersamaan (Kunti – Mahabharata).

Nama lain kekuatan adalah kesabaran (Yudhistira – Mahabharata).

Orang yang bangga pada ketampanan wajahnya sendiri akan takut melihat pantulan sinar wajahnya sendiri (Sengkuni – Mahabharata).

Kita tidak boleh bersedih untuk sesuatu yang tidak mungkin kita miliki (Yudhistira – Mahabharata).

Hanya bulu yang menempel pada buruk merak yang bisa menjadi hiasan (Khrisna – Mahabharata).

Kemenangan terbesar adalah kemenangan dalam menguasai pemikiran (Bima – Mahabharata).

Mereka yang hidup bersama akan belajar untuk saling menyayangi (Bisma – Mahabharata).

Itulah beberapa kata-kata bijak yang saya temukan ketika menyaksikan serial drama Mahabharata di ANTV. Semoga kata-kata mutiara Mahabharata di atas bisa memberi inspirasi untuk Anda.

Enjoy blogging, enjoy writing!

5 Replies to “Kata-kata Bijak Serial Drama Mahabharata di ANTV”

  1. itu semua ada dalam buku Bhgawad Gita dalam ajaran Hindu,dimana inti sarinya pada saat Krisna menasehati Arjuna menjelang perang Bharatayuda dan dikenal lah saat itu turunnya Bhgawad Gita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *