Kontroversi Kata-kata Bijak Krisna Dalam Serial Mahabharata

Saurabh Raj Jain sebagai pemeran tokoh Basudewa Krisna dalam serial Mahabharata di ANTV
Saurabh Raj Jain sebagai pemeran tokoh Basudewa Krisna dalam serial Mahabharata di ANTV

Beberapa artikel terbaru di blog ini saya menampilkan kata-kata bijak Krisna dari serial Mahabharata di ANTV. Respons pembaca beragam. Ada pembaca yang berterima kasih karena mendapat inspirasi nilai-nilai kebaikan. Mereka adalah orang-orang yang gemar mengumpulkan kata-kata mutiara tokoh Timur dan bersedia merenungkan kebenaran yang terkandung di dalamnya. Semakin direnungkan, makin banyak hal menarik yang bisa kita temukan dari budaya Asia.

Namun ada juga teman-teman saya yang menyatakan bahwa tayangan drama India di ANTV yang marak saat ini adalah upaya Hinduisasi masyarakat Indonesia. Terlepas dari segala pro dan kontra tersebut, satu kebenaran yang tidak bisa kita pungkiri adalah bahwa agama apapun di dunia ini mengajarkan kebaikan. Tidak ada satu pun agama yang menyuruh berbuat angkara murka di muka bumi. Kata-kata bijak yang sering diperdengarkan di serial legendaris Mahabharata pun semuanya bersumber dari nilai-nilai moral budaya Timur.

Dalam pemikirian saya, walaupun sudah banyak tayangan film India di Indonesia akhir-akhir ini, itu bukan serta-merta menjadi alasan adanya peng-Hindu-an masyarakat Indonesia. Buktinya, selama ini sudah banyak film Bollywood diputar di tivi dan bioskop Indonesia tapi kan tidak berpengaruh cukup signifikan dalam perkembangan budaya Hindu di Indonesia. Kalau mau jujur, sejak nenek moyang kita dulu, bangsa Indonesia sudah kenal akrab budaya Hindu-Budha. Kehadiran Mahabharata pun bukan hal yang asing lagi di masyarakat.

Jadi, kalau ada seseorang yang mau mendiskreditkan salah satu kelompok, harus dipikir-pikir dulu. Indonesia bukan hanya milik orang Islam dan Kristen. Budaya Indonesia adalah perpaduan berbagai unsur masyarakat yang sudah ada sejak berabad-abad lamanya. Kitab Mahabharata yang sudah digubah oleh Resi Wiyasa dari Kerajaan Majapahit pun bagian dari sejarah budaya Nusantara. Semoga kita bisa mengambil hikmah dari semua ini.

Semoga terinspirasi. Enjoy blogging, enjoy writing!

19 Replies to “Kontroversi Kata-kata Bijak Krisna Dalam Serial Mahabharata”

  1. saya setujuhh bagus film ini banyak positiv na,
    saya beragama islam. yg islam gk kuat iman yg merasa film ini menghidusiasi masyarakat indonesia, yg bgi kuat iman fine aja, ambil positif na
    contoh adik tak boleh melawan kk
    contoh lg anak harus patih kepada orang tua
    ini nilai positf dlm film mahabhrata versi india
    lihat skng anak remja indonesia gara2 kebanyakan nonto ggs n serial drama cinta banyak yg nikah di usia ini
    yg pak jilbab baju na ketat, yg pake jilbab pegangan tangan, jd masi mending film ini. dr pada film indonesia, yg hnya menceritakan HARTA, CINTA, DAN WANITA.
    bagi yg trsunging langsung hub fb aku aja
    anak islam dr palembang,

      1. terlalu berlebihan itu yg bilang hinduisasi. mahabarata itu berisi kisah kebajikan2 yg tidak lekang oleh jaman, dan satu lagi pengikut agama hindu itu mengenal dakwah seperti “agama-agama langit”

    1. saya seorang muslim sedehana yg slalu berupya agar slalu didalam jalan kebenaran, tidaklah mersa kwatir atau ketakutan dengan apa2 yg ada didunia ini, tidak melihat dari sudut agama manapun jikalau ada muatan menarik kepada agama tersebut. pada dasarnya hidup adalah bentuk pengabdian pd yg maha kuasa, namun yg terlihat adalah trpecah belah dalam memahami Yang maha kuasa. siapaun yg berkata benar maka patut untuk di ikuti, terlepas dia dr keyakinan lain. Pendapat tentang Krisna menurut Saya banyak yg bisa diambil hikmah dan kebenaranya, esensi yg begitu dalam untuk memahami, sebab akibat kehidupan, sampai hal kebenaran yg slalu diperjuangkan oleh Krisna. Membuka wacana sangatlah penting tapi juga harus kritis.

  2. saya sangat setuju sama film ini .. didalam film ini diajarkan banyak sekali pengalaman yang membuat saya berfikir lebih baik dan lebih dewasa .. terimakasih untuk para pemain mahabharata .. saya Mei sangat mengagumi kalian semua 🙂

  3. filemnya bagus,,,,,,,,memberi inspirasi pada kita untuk selalu berada dalam kebenaran…..love pemain mahabarata…..semoga sukses selalu

  4. Apapun pendapat orang , bagi saya tetap ada nilai positive untuk diri sendiri, jadi tidaklah pantas buat ajang perdebatan antar agama, bukan kah agama adalah jalan untuk berbuat kebaikan lantas sangat sangat jelas dalam film ini memberikan nilai kebaikan untuk semua hidup dan kehidupan dalam masyarakat. Tq atas artikel yg bermanfaat ini sukses!

  5. Saya setuju pendapat antum, Indonesia ( khususnya Jawa) sejak nenek moyang telah mengenal wayang, yg pesan-pesan luhurnya sudah diakui berbagai kalangan, bahkan sunan Kalijaga menggunakan media wayang untuk dakwah islam kala itu, jadi tergantung bagaimana kita menyikapi saja. ibarat telur. yg keluar dari dubur ayam, kalau memang penuh protein ya kita makan, Way not.?, Trimakasih atas jerih payahnya mengumpulkan kata-kata bijak dari Mahabarata ini.

  6. Semua agama punya tujuan yg sama,yaitu surga.cuma jalannya yg berbeda.
    kisah mahabarata mengajarkan tentang kebenaran dan keadilan daengan diiringi kata kata bijak yg bisa membawa hati kita dlm ketenangan

  7. smua kepercayaan itu bagus.smua agama itu satu. memuja tuhan. cuma cara dan adat nya ada yg beda…mari lah kita saling menghargai satu sama lain. kita smua ada karna yg kuasa…

  8. Manusia memang terbatas… tetapi pengetahuan itu tidak terbatas…. Begitu pula dengan Film Mahabharata ini yang mengandung begitu banyak pelajaran tentang bagaimana kita memaknai kehidupan dari dalam diri itu sendiri…
    Kata – kata bijak Krisna mengandung arti yang sangat dalam dan menyeluruh menyentuh semua sendi kehidupan manusia… semakin di kaji kedalam semakin di temukan mutiara kebijaksanaan di dalamnya….
    Marilah kita renungkan….

  9. Terima kasih atas penyajian blog tentang kata-kata mutiara ini, sangat bermanfaat bagi orang yg mengerti dan paham maksudnya.
    Perlu diketahui, Tuhan hanyalah satu, namun sebutan-Nya sajalah yg berbeda. Cara menyembah Beliau pun berbeda, perbedaan inilah yg disebut Agama, A artinya tidak dan Gama artinya sama.
    Aku yakin, Tuhan pun menghormati dan menghargai keterbatasan-keterbatasan kita dalam mnyembah diri-Nya.
    Jadi tak sewajarnya ada seorang umat yg menghakimi bahwa Agama nya lah yg benar, karena yg benar hanyalah Tuhan sendiri.

  10. Aku dukung program. Antv untuk tayangan mahabarata, Lebih banyak memperikan pengetaun tentang hidub yang sebenarnya di muka bimi, Menurutku pengetauan tentang hidup yang saya amati muali. Dulu samapai sekarang juga seperti yang di tulis di mahabarata , Hidub hanya ada 2 pilian tinggal. Kita. Sendiri yang ngambil sikap , Geliat politik zaman dulu dengan zaman sekarang tak beda jauh , , saya sebagai orang Muslim sangat mendukung Tergantung keyakinan Hati kita , Beda agama bagiku gak masalah semuanya punya pegangan untuk membawa dirinya , yang penting bagi saya Saling menghomati dengan siapapun , di hadapan yang maha kuasa kita sama , semuanya tak abadi semuanya ada akihnya , yang abadi hanya sang pencipta allam

  11. Berbeda pendapat itu indah. Justru dari situlah kita bisa melengkapi kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *