Kontroversi Kata-kata Bijak Krisna Dalam Serial Mahabharata

Saurabh Raj Jain sebagai pemeran tokoh Basudewa Krisna dalam serial Mahabharata di ANTV
Saurabh Raj Jain sebagai pemeran tokoh Basudewa Krisna dalam serial Mahabharata di ANTV

Beberapa artikel terbaru di blog ini saya menampilkan kata-kata bijak Krisna dari serial Mahabharata di ANTV. Respons pembaca beragam. Ada pembaca yang berterima kasih karena mendapat inspirasi nilai-nilai kebaikan. Mereka adalah orang-orang yang gemar mengumpulkan kata-kata mutiara tokoh Timur dan bersedia merenungkan kebenaran yang terkandung di dalamnya. Semakin direnungkan, makin banyak hal menarik yang bisa kita temukan dari budaya Asia.

Namun ada juga teman-teman saya yang menyatakan bahwa tayangan drama India di ANTV yang marak saat ini adalah upaya Hinduisasi masyarakat Indonesia. Terlepas dari segala pro dan kontra tersebut, satu kebenaran yang tidak bisa kita pungkiri adalah bahwa agama apapun di dunia ini mengajarkan kebaikan. Tidak ada satu pun agama yang menyuruh berbuat angkara murka di muka bumi. Kata-kata bijak yang sering diperdengarkan di serial legendaris Mahabharata pun semuanya bersumber dari nilai-nilai moral budaya Timur.

Dalam pemikirian saya, walaupun sudah banyak tayangan film India di Indonesia akhir-akhir ini, itu bukan serta-merta menjadi alasan adanya peng-Hindu-an masyarakat Indonesia. Buktinya, selama ini sudah banyak film Bollywood diputar di tivi dan bioskop Indonesia tapi kan tidak berpengaruh cukup signifikan dalam perkembangan budaya Hindu di Indonesia. Kalau mau jujur, sejak nenek moyang kita dulu, bangsa Indonesia sudah kenal akrab budaya Hindu-Budha. Kehadiran Mahabharata pun bukan hal yang asing lagi di masyarakat.

Jadi, kalau ada seseorang yang mau mendiskreditkan salah satu kelompok, harus dipikir-pikir dulu. Indonesia bukan hanya milik orang Islam dan Kristen. Budaya Indonesia adalah perpaduan berbagai unsur masyarakat yang sudah ada sejak berabad-abad lamanya. Kitab Mahabharata yang sudah digubah oleh Resi Wiyasa dari Kerajaan Majapahit pun bagian dari sejarah budaya Nusantara. Semoga kita bisa mengambil hikmah dari semua ini.

Semoga terinspirasi. Enjoy blogging, enjoy writing!

Bagikan artikel ini melalui:

15 Replies to “Kontroversi Kata-kata Bijak Krisna Dalam Serial Mahabharata”

  1. Ku sangat terifitasi dgn kebenaran kata2 bijak basu dewa,krn ya benar .prinsip hidup manusia di tentukan manusia itu sendiri,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *