Kata-kata Bijak Dalai Lama Dan Tokoh Agama Dari Tibet

Ketika Mistisisme Timur Memecahkan Paradoks Teori Kuantum
Ketika Mistisisme Timur Memecahkan Paradoks Teori Kuantum

Pada abad ke-19, salah satu dari filsuf Buddha terkenal dan guru di zamannya adalah biksu Tibet Kongtrul Lodro Taye. Juga di kalangan otoritas modern, kita mengenal penyebar Buddhisme dari Gen Lamrimpa, yang telah menulis secara luas mengenai praktik-praktik semadi Buddhis. Kata-kata bijak dari pemikir Tibet mampu mengilhami ide sejumlah tokoh dunia.

Selain Gen Lamrimpa dan Kongtrul Lodro Taye, kemudian ada nama K. Venkata Ramanan. K. Venkata Ramanan adalah seorang penafsir ajaran-ajaran Nagarjuna. Kita juga mengenal kata-kata bijak dari DT Suzuki. Daisetz Teitaro (DT) Suzuki adalah orang yang dipercaya memperkenalkan Zen Budhisme ke Amerika pada pertengahan abad ke-20. Kata-kata bijak mistikus Buddha tersebut membantu manusia mengenal diri dan kehidupannya.

Tentu saja figur Buddhis yang paling akrab di zaman modern adalah Tenzin Gyatso, Dalai Lama ke-14, pemimpin spiritual Buddhisme Tibet. Ketika masih berusia 20 tahun, Dalai Lama pergi ke pembuangan di wilayah India Utara setelah serbuan China Maois ke Tibet. Pengasingan Dalai Lama di kawasan pegunungan Himalaya sampai saat ini menjadi salah satu kawasan wisata religi di China.

Sekarang Dalai Lama tinggal di India dan sesekali berkeliling dunia sebagai guru dan pengarang buku yang laris. Dalai Lama tak segan melakukan diskusi dengan setiap orang dari Hopi (orang Indian Amerika utara yang tinggal di Arizona utara) sampai para presiden Amerika. Dalai Lama dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1989. Kata-kata bijak Dalai Lama dikenal sebagai salah satu sumber inspirasi para penulis dunia.

Jaisalmer Fort – Around the World – 50 Favorite Photos – Colin Krause’s Photos

Kata-kata Bijak Dari Dalai Lama Dan Tokoh Buddha Dari Tibet

Melalui kata-kata bijak dari Dalai Lama dan tokoh Buddha dari Tibet, kita diajak berpikir lagi mengenai makna hidup dan kehidupan. Ibaratnya, kata-kata bijak dari Dalai Lama dan tokoh Buddha dari Tibet menjadi setetes air di dahaga kehidupan modern saat ini yang identik dengan konsumerisme. Berikut ini beberapa paragraf yang berisi kata-kata bijak dari Dalai Lama dan tokoh Budha dari Tibet

Kebahagiaan sejati tak berasal dari perhatian terbatas pada kesejahteraan orang itu sendiri, atau dari kesejahteraan orang-orang yang dirasa dekat dengannya. Tetapi kebahagiaan sejati berasal dari pengembangan cinta dan belas kasih terhadap segenap makhluk berindera – Dalai Lama.

Formasi-formasi mental berkenaan dengan obyek-obyek dan pikiran merangsang kesadaran fundamental seperti gelombang-gelombang di atas air – Kongtrul Lodro Taye.

Ada suatu pertumbuhan minat di kalangan komunitas ilmiah pada pemikiran filosofis Buddhis. Saya optimis bahwa untuk beberapa dasawarsa mendatang akan terjadi perubahan besar di dalam pandangan dunia kita baik dari perspektif bendawi maupun spiritual – Dalai Lama.

Kebodohan memahami obyek-obyeknya seolah-olah ia ada semata-mata secara obyektif. Jika di dalam kenyataannya fenomena ada dengan cara ini, maka semakin cermat orang menyelidikinya, semakin jelaslah bahwa obyek-obyek itu akan tampak pada pikiran. Akan tetapi, semakin cermat orang memeriksa fenomena, semakin orang melihat bahwa obyek-obyek itu tidak ditemukan di bawah analisis tersebut – Gen Lamrimpa.

Mudah-mudahan artikel yang membahas kata-kata bijak dari Dalai Lama dan tokoh agama Budha dari Tibet ini bisa memberi inspirasi bagi Anda. Enjoy blogging, enjoy writing!

One Reply to “Kata-kata Bijak Dalai Lama Dan Tokoh Agama Dari Tibet”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *