Kata-kata Mutiara Dan Filosofi Hidup Werner Heisenberg

Werner Heisenberg
Werner Heisenberg

Pandangan-pandangan filosofis Werner Heisenberg dapat dilukiskan dengan paling baik sebagai bentuk penggabungan ilmiah modern dari mistisisme Plato. Ilmu Fisika membawa Werner Heisenberg untuk mempelajari nilai-nilai agama yang mempengaruhi kehidupan manusia secara berabad-abad lamanya. Sisi modern pendidikan sains Barat ternyata memiliki akar yang berujung pada penerapan nilai-nilai unggul filosofi bangsa Timur. Berikut ini saya rangkum kumpulan kata-kata mutiara dari Werner Heisenberg.

Ilmu didasarkan pada pengalaman pribadi, atau pada pengalaman orang lain, yang dilaporkan dengan cara yang dapat dipercaya.

Janganlah kita membiarkan segala sesuatu terhambat pertumbuhannya karena satu organ analisis rasional. Lebih baik menyambut gembira kenyataan dengan memakai segenap organ yang diberikan kepada kita, dan kemudian juga mempercayai bahwa kenyataan ini akan mencerminkan esensi hal-hal yang “satu, baik, dan benar”.

Niels Bohr menyarankan pemakaian kedua gambar, yang ia sebut saling melengkapi satu sama lain. Kedua gambar itu tentu saja sama-sama eksklusif, karena suatu hal tertentu tidak dapat menjadi suatu partikel (yaitu substansi yang terbatas pada suatu volume yang sangat kecil) dan gelombang (yaitu suatu medan yang terbentang pada suatu ruang yang luas) pada saat yang bersamaan, melainkan keduanya saling melengkapi satu sama lain.

Pemisahan umum dunia ke dalam subyek dan obyek, dunia dalam dan dunia luar, tubuh dan jiwa, tak lagi memadai dan membawa kita ke dalam berbagai kesulitan.

Kata-Kata Bijak Dari Werner Heisenberg

Satuan-satuan terkecil materi dalam kenyataannya bukanlah obyek-obyek jasmaniah di dalam pengertian biasa kata itu, mereka adalah bentuk-bentuk.

Lalu, bagaimana hal itu (revolusi ilmiah) terjadi? Jawabannya yang paling siap ialah karena ide-ide baru betul-betul dan yang lama salah. Jawaban ini mengandaikan bahwa jawaban yang benar selalu menang. Tetapi yang terjadi sama sekali tidak demikian. Sebagai contoh, gagasan yang tepat akan sistem planet heliosentris, yang dikembangkan oleh Aristarkus, ditinggalkan demi sudut pandang geosentris Ptolomeus, meskipun yang belakang keliru. Orang tidak dapat memastikan secara mutlak bahwa teori yang benar akan selalu menang.

Partikel-partikel elementer itu sendiri tidak terdiri dari materi, tetapi adalah satu-satunya bentuk materi yang mungkin. Energi menjadi materi dengan mengambil bentuk suatu partikel elementer, dengan menjelmakan dirinya di dalam bentuk ini.

Atom-atom bukanlah benda-benda.

Atom-atom atau partikel-partikel elementer membentuk suatu dunia potensialitas atau kemungkinan-kemungkinan ketimbang dunia benda-benda atau fakta-fakta.

Realisme praktis senantiasa telah menjadi dan akan selalu menjadi suatu bagian dari ilmu alam. Akan tetapi, realisme dogmatis bukan syarat niscaya bagi ilmu alam. Sebenarnya pendirian fisika klasik adalah pendirian realisme dogmatis. Hanya melalui teori kuantum-lah kita telah belajar bahwa ilmu eksak mungkin tanpa landasan realisme dogmatis.

Semoga artikel kata-kata mutiara ini bisa memberi inspirasi bagi Anda. Enjoy blogging, enjoy writing!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *