Foto Chef Arnold Poernomo

Kata-kata Mutiara Ilmuwan Terkenal Albert Einstein

Foto Chef Arnold Poernomo
Foto Chef Arnold Poernomo

Albert Einstein adalah salah satu ilmuwan yang paling banyak dibicarakan dalam bidang pendidikan. Kepintaran dan perjuangan dalam hidupnya telah memberi inspirasi bagi banyak manusia modern. Berikut ini saya bagi kata-kata mutiara dari ilmuwan Albert Einstein untuk Anda. Mungkin kalimat dalam kata-kata mutiara di bawah ini sedikit berat untuk dipahami. Untuk itu, harap dibaca perlahan-lahan agar memahami artinya.

Kata-kata mutiara ini bersumber dari sejumlah buku populer serial motivasi diri. Buku yang paling saya suka adalah “Dari Albert Einstein Ke Dalai Lama” yang diterbitkan oleh Pustaka Hidayah dengan editor Thomas J. McFarlane. Buku motivasi diri ini memuat pemikiran sejumlah tokoh populer dari kalangan ilmuwan dan mistikus yang berasal dari Barat dan Timur.

Seorang manusia mengalami pemikiran-pemikiran dan perasaan-perasaannya sendiri sebagai sesuatu yang terpisah dari manusia lainnya, hal ini sejenis ilusi optik kesadaran.

Khayalan ilusi manusia ibarat penjara bagi langkah kehidupan manusia, membatasi kita pada hasrat-hasrat pribadi dan pada kasih sayang kepada segelintir orang yang paling dekat dengan kita.

Tugas manusia adalah membebaskan diri dari penjara ilusi yang dibuatnya dengan memperluas lingkaran pengertian dan belas kasih kita sehingga dapat dirasakan oleh segenap makhluk hidup dan seantero alam di dalam keindahannya.

Nilai sejati seorang manusia ditentukan pertama-tama oleh tindakan dan pengertian yang di dalamnya ia telah mencapai pembebasan dari dirinya sendiri.

Ilmu adalah usaha untuk membuat keberagaman yang mengacaukan pengalaman indra kita sesuai dengan suatu sistem pikiran yang seragam secara logis. Pengalaman indra adalah pokok persoalan yang sudah tersedia. Tetapi teori yang akan menafsirkannya adalah buatan manusia. Teori bersifat hipotesis, tidak pernah pasti, selalu tunduk pada kenyataan dan keraguan.

Manusia dapat mencapai kehidupan yang pantas dan harmonis jika mereka mampu membersihkan dirinya, di dalam batas-batas kodrat manusia, dari upaya keras untuk memenuhi keinginan-keinginan bendawi.

Esensi persis perjuangan kita untuk memahami ialah, di satu sisi, mencoba mencakup aneka ragam pengalaman manusia yang hebat dan rumit, di sisi lain, mencari kesederhanaan dan penghematan di dalam asumsi-asumsi dasar.

Kepercayaan bahwa tujuan mendapatkan ilmu pengetahuan yang rumit dan kesederhanaan dalam praktek dapat hidup berdampingan, dari segi pengetahuan ilmiah kita yang bersahaja, adalah masalah iman.

Biodata Chef Arnold Poernomo - MasterChef Indonesia 3
Biodata Chef Arnold Poernomo – MasterChef Indonesia 3
kata kata mutiara - spelling-blunders wanita pusing memikirkan dirinya
kata kata mutiara – spelling-blunders wanita pusing memikirkan dirinya

Kata-kata Mutiara Tokoh Ilmuwan Albert Einstein

Kepercayaan pada dunia lahiriah yang tidak bergantung pada subyek yang diserap panca indera adalah basis bagi semua ilmu alam. Akan tetapi, karena penyerapan hanya dapat memberi informasi mengenai dunia lahiriah atau kenyataan jasmaniah ini secara tak langsung, kita hanya dapat memahami melalui peralatan spekulatif.

Konsekuensi berpikir spekulatif ialah bahwa pemikiran kita atas kenyataan jasmaniah tidak pernah berhenti sampai disitu. Kita senantiasa harus siap mengubah pemikiran-pemikiran ini, yakni basis aksiomatik fisika, untuk memperlakukan secara adil fakta-fakta yang diserap di dalam cara yang paling sempurna secara logis.

Konsep-konsep jasmaniah adalah ciptaan-ciptaan bebas pikiran manusia, dan bukan, bagaimanapun ia kelihatannya, ditentukan secara unik oleh dunia luar.

Para sarjana yang mempunyai semangat berani dan naluri yang tajam dapat dihalangi oleh prasangka-prasangka filosofis di dalam menafsirkan fakta-fakta. Prasangka itu terdapat di dalam keyakinan bahwa fakta-fakta dengan sendirinya dapat dan harus menghasilkan pengetahuan ilmiah tanpa konstruksi konseptual yang bebas.

Kesalahpahaman dalam berpikir dengan konsep bebas mungkin terjadi hanya karena orang tidak mudah menyadari pilihan bebas akan konsep-konsep tersebut, yang melalui verifikasi dan pemakaian yang lama, tampak berhubungan erat dengan bahan empiris.

Meskipun ranah agama dan ilmu dalam dirinya sendiri secara jelas memisahkan diri satu sama lain, namun di antara keduanya terdapat hubungan-hubungan timbal balik dan ketergantungan yang kuat. Situasi ini dapat diungkapkan melalui suatu gambaran: ilmu tanpa agama adalah lumpuh, agama tanpa ilmu adalah buta.

Semoga artikel kata-kata mutiara dari ilmuwan terkenal Albert Einstein ini bisa bermanfaat untuk Anda.

17 thoughts on “Kata-kata Mutiara Ilmuwan Terkenal Albert Einstein”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>