Kumpulan Kata-kata Mutiara Islam Dari Muhammad Al-Ghazali

Muhammad Al-Ghazali
Muhammad Al-Ghazali

Kata-kata mutiara Islam merupakan sederet kata yang tersusun menjadi kalimat inspiratif. Kita bisa menjumpai kata-kata mutiara Islam dalam sejumlah sumber bacaan, antara lain: kitab suci Al-Quran, kumpulan Hadist Nabi, maupun buku-buku yang ditulis oleh para penulis Islam. Berikut ini saya bagi beberapa paragraf yang berisi kata-kata mutiara Islami. Semoga terinspirasi!

Berbagai jenis kemaksiatan bukan hanya berimplikasi buruk pada pelakunya, tetapi keburukan itu juga memenuhi seluruh aspek kehidupan sosial dengan perbuatan dosa dan kehinaan. Penyebaran perbuatan dosa akan menghancurkan kemuliaan suatu bangsa, seperti penyebaran wabah mematikan yang membinasakan jasad mereka.

Kita tidak harus mengucapkan, “Kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhaan Allah. Kami tidak mengharapkan balasan dari kamu dan tidak pula ucapan terima kasih” kepada orang miskin secara lisan. Hal itu harus dijauhi karena mungkin bisa menyakiti orang-orang yang membutuhkan pertolongan itu. Akan tetapi, ucapan itu adalah terjemahan dari niat yang tulus dan perasaan yang bersih dari hatinya.

Patut disayangkan, kebanyakan manusia digerakkan oleh motivasi-motivasi yang salah dalam berbuat kebaikan. Mereka melakukan perbuatan baik karena mengharap banyak hal. Sangat sedikit manusia berbuat kebaikan yang digerakkan oleh motivasi-motivasi suci, yang dengannya dapat mengangkat mereka dari tujuan-tujuan yang bersifat duniawi.

Kata-kata Mutiara Islam Yang Inspiratif

Orang-orang dungu adalah mereka yang mengira bahwa kesalahan-kesalahan mereka yang besar akan hilang dengan sendirinya tanpa harus diobati, disucikan, dan dibersihkan. Semua itu membutuhkan upaya keras dan bangun di waktu malam yang lama.

Seseorang yang menutupi jalan keikhlasan dengan perbuatan riya’ (pamer) maka ia akan menemui kesengsaraan, sebagaimana kesengsaraan yang ditemui oleh seseorang yang ingin sampai dari Kairo ke Iskandariah hanya dengan berjalan di tempat. Dia hanya bergerak di tempat hingga keletihan menghentikannya tanpa pernah mencapai tujuan.

Sesungguhnya keimanan memberi kita hukum-hukum yang benar, ukuran-ukuran yang tepat terhadap berbagai persoalan kehidupan, untung dan rugi, bencana dan pertolongan, kesuksesan dan kegagalan, serta kebenaran dan kepalsuan. Keimanan memberi petunjuk kepada seorang mukmin terhadap hal-hal yang layak dia lakukan pada setiap aspek kehidupan ini.

Orang yang menutupi pernikahan dengan perzinaan akan tertimpa celaka seperti yang menimpa seekor anjing bodoh yang mencuri makanan, hingga pukulan yang mendarat di tubuhnya lebih banyak daripada makanan yang masuk ke mulutnya.

Keimanan menghendaki seseorang mengenal batasan-batasan yang menjadi pegangannya serta patokan yang menjadi tujuannya. Kehidupan tanpa aturan dan berjalan di balik ancaman yang siap menerkam tanpa kewaspadaan dan perlindungan bukanlah jalan hidup seorang muslim.

One Reply to “Kumpulan Kata-kata Mutiara Islam Dari Muhammad Al-Ghazali”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *