3 Perilaku Sehat Suami Siaga Saat Istri Sedang Hamil

Indahnya menikmati paket honeymoon di Bali
Indahnya menikmati paket honeymoon di Bali

Apa kabar kawan blogger Jombang? The Jombang Taste hadir kembali menyapa Anda dengan artikel tips kesehatan wanita hamil. Tahukah Anda apa saja peran suami pada saat istri dalam keadaan hamil? Apakah perilaku suami dapat mempengaruhi keadaan istri maupun janin yang ada dalam kandungannya? Sebenarnya peran dan perilaku suami sangat berpengaruh bagi istri karena mereka adalah satu pasangan yang hidup bersama. Banyak perilaku yang harus dimengerti oleh suami agar tidak mengganggu kesehatan si ibu dan si janin. Berikut ini 3 jenis perilaku sehat suami saat istri sedang hamil.

Perhatian Ekstra

Kebiasan baik suami selama istri hamil yang utama adalah suami harus memberi perhatian ekstra kepada istrinya. Apakah para suami tahu betapa pentingnya perhatian yang harus diberikan agar tidak mengganggu kesehatan istri maupun janin? Dengan perhatian dari sang suami, maka istri merasa bahwa mereka disayang dan dicintai oleh suaminya. Perhatian yang diberikan, akan mengurangi beban yang dihadapi oleh istri. Istri hamil gampang terkena stress, karena mereka memikirkan tentang dia dan juga janin yang dikandungnya. Hal ini membuat istri merasa senang dan membuat istri semangat untuk melakukan akifitas.

Selama menjalani masa kehamilan biasanya para wanita memiliki kebiasaan mengidam. Wanita hamil ingin makan sesuatu yang biasanya sulit didapat. Bisa juga wanita hamil mengidam memiliki sebuah benda yang selama ini diimpikan. Para suami hendaknya tidak perlu pusing menghadapi tingkah laku tidak biasa istrinya selama masa kehamilan. Inilah salah satu bentuk perilaku istri yang ingin mendapat perhatian lebih dari suaminya selama masa hamil.

Contoh buah-buahan sehat untuk dikonsumsi wanita hamil.
Contoh buah-buahan sehat untuk dikonsumsi wanita hamil.

Pola Hidup Sehat

Selain perhatian yang diberikan, suami juga harus menjaga kesehatan sang istri. Pola hidup sehat harus benar-benar diterapkan. Suami harus mengetahui bagaimana pola hidup sehat yang baik seperti banyak makan sayur, buah, banyak minum air putih, mengajak istri berolahraga, dan lain-lain. Jika suami membiasakan istri dengan pola hidup sehat maka akan membuat janin tumbuh dan berkembang dengan sehat. Kesehatan mental istri lebih utama daripada segala bentuk perhatian fisik yang diberikan suami.

Apabila suami merupakan seorang perokok, usahakan sumai merokok tidak berada dekat dengan istri karena asap rokok tidak baik untuk kesehatan janin maupun kesehatan wanita yang sedang hamil. Usahakan suami melakukan hal-hal yang tidak membahayakan bagi keduanya. Begitu pula saat suami memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan pedas sebaiknya dijauhkan dari jangkauan istri yang sedang hamil. Wanita hamil mudah mengidap makanan super aneh yang tidak biasa. Jika wanita hamil ingin mengkonsumsi makanan pedas, maka ingatlah bahaya makanan bagi kesehatan janin di dalam kandungan.

5 Tips Berwisata Murah Ala The Jombang Taste
5 Tips Berwisata Murah Ala The Jombang Taste

Istirahat Cukup

Istirahat yang cukup dapat mempengaruhi kesehatan manusia, tak terkecuali wanita yang sedang hamil dan suami yang sedang menunggu masa persalinan istrinya. Suami harus benar-benar memperhatikan kualitas istirahat dirinya dan istrinya sendiri. Diharapkan untuk istri agar tidak terlalu capek dan istirahat yang cukup minimal 7-8 jam perhari. Suami sendiri juga harus memperhatikan kesehatannya dengan cara tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, narkoba, tidak begadang dan istirahat yang cukup pula. Dengan beristirahat cukup, suami mampu menjadi suami siaga di saat istri mengandung. Suami siaga bermakna siap, antar dan jaga selama mengandung dan bersalin.

Selain itu, suami juga harus rela meluangkan waktunya untuk membantu istri melakukan beragam pekerjaan rumah tangga. Misalnya membantu istri ketika sedang memasak, mencuci piring, baju, dan membersihkan pekerjaan rumah lainnya. Menjadi seorang suami jangan malu melakukan pekerjaan rumah tangga karena hakikat pernikahan adalah saling mengisi kekurangan masing-masing. Masa kehamilan istri merupakan kesempatan bagus untuk menumbuhkan kebersamaan suami-istri dan sekaligus mempertebal rasa cinta diantara keduanya. Jika perlu, ajak istri berlibur ke tempat yang berudara segar, lokasi tidak terlalu jauh dan mendukung kesehatan janin dalam kandungan.

Nah, dari ulasan singkat The Jombang Taste ini diketahui bahwa peran dan perilaku suami sangat berpengaruh bagi istri yang sedang hamil maupun bagi perkembangan janin dalam kandungan istri. Dengan menjalankan perilaku yang sederhana namun baik ini akan membuat perubahan-perubahan yang tak terduga untuk kehamonisan dan kesehatan keluarga anda. Jangan lupa untuk tetap aktif berolahraga agar selalu bugar selama hamil. Jaga kesehatan pikiran juga agar selalu bahagia dan tidak memiliki beban hidup. Selamat mencoba tips kesehatan ibu hamil ini. Semoga artikel tips kesehatan wanita hamil ini bisa bermanfaat.

4 Replies to “3 Perilaku Sehat Suami Siaga Saat Istri Sedang Hamil”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *