4 Jenis Pemeriksaan Kandungan Wanita Hamil dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Janin

Permainan Kerjasama Tim dalam Pelatihan dan Upgrading Guru Genius Yatim Mandiri Tahun 2017 di Sekolah Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo
Permainan Kerjasama Tim dalam Pelatihan dan Upgrading Guru Genius Yatim Mandiri Tahun 2017 di Sekolah Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo

Apa kabar sobat blogger pembaca blog The Jombang Taste? Tahukah Anda pentingnya pemeriksaan kesehatan wanita hamil? Beberapa ibu hamil mungkin enggan memeriksakan kandungannya ke dokter karena mereka berpikir memeriksakan kandungan maupun tidak memeriksakan tidak akan ada bedanya. Padahal pemeriksaan kandungan itu penting untuk mengetahui perkembangan kesehatan wanita hamil maupun kesehatan janin dalam kandungan. Tapi banyak juga ibu hamil yang susah memeriksakan kesehatan kehamilannya ke dokter maupun bidan.

Pemeriksaan kehamilan penting bagi ibu hamil, untuk mengetahui apakah sang ibu hamil ataupun janin dalam kandungan mengalami masalah kesehatan ataupun tumbuh normal. Masalah kesehatan yang biasa terjadi pada wanita hamil antara lain tekanan darah tinggi, anemia, kencing manis, berat badan janin masih rendah, tali plasenta membelit tubuh bayi atau masalah kesehatan lainnya. Dengan mengetahui masalah-masalah kesehatan tersebut maka wanita hamil dapat meminimalisir terjadinya proses melahirkan yang tidak lancar.

Pemeriksaan Berat Badan

Selain untuk mengetahui terjadinya masalah kesehatan, pemeriksaan kandungan wanita yang sedang hamil juga berperan untuk mengetahui perkembangan kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Pemeriksaan kandungan yang biasa dilakukan oleh ibu hamil adalah pemeriksaan berat badan, darah, urin atau air kencing, detak jantung, USG, dan sebagainya. Pemeriksaan wanita hamil yang paling sering kita kenal adalah USG untuk mengetahui jenis kelamin janin yang akan lahir.

Sebenarnya pemeriksaan kesehatan wanita hamil bukan hanya USG untuk mengetahui jenis kelamin bayi. Wanita hamil juga perlu memeriksa perkembangan berat badan selama masa kehamilan. Pemeriksaan berat badan biasa digunakan untuk mengetahui berat badan sang ibu dan berat badan si janin. Jika berta badan keduanya tidak normal, dokter akan memberikan saran untuk wanita hamil agar mengkonsumsi makanan yang mengacu pada penambahan berat badan. Jenis makanan tersebut adalah makanan sehat seperti sayur, buah, telur, susu, ikan, daging, dan lain-lain.

Pemeriksaan Darah

Selain pemeriksaan berat badan, wanita hamil juga perlu melakukan pemeriksaan darah. Jika wanita hamil memiliki riwayat sering berganti-ganti pasangan hubungan seksual, pemeriksaan darah wajib dilakukan untuk mengetahui sejak dini kemungkinan tertular penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus. Pemeriksaan darah ini biasa digunakan untuk mengetahui kesehatan ibu secara umum. Selain itu, hal ini berguna untuk memastikan tidak ada gangguan pada saluran saraf tulang belakang si janin.

Memilih baju hamil yang tepat untuk aktifitas olahraga luar ruangan
Memilih baju hamil yang tepat untuk aktifitas olahraga luar ruangan

Pemeriksaan Air Kencing

Selanjutnya, pemeriksaan air kencing wanita hamil gunanya adalah mengetahui fungsi ginjal ibu hamil, mengetahui ada atau tidaknya protein dalam urin, dan juga dapat mengetahui kadar gula dalam darah. Wanita hamil yang memiliki riwayat pernah mengidap diabetes atau penyakit kencing manis memerlukan penanganan khusus agar luka yang terjadi selama masa persalinan tidak menyebabkan penyakit kronis lanjutan. Selain itu, pemeriksaan kesehatan wanita hamil berikutnya yaitu pemeriksaan detak jantung, pemeriksaan ini sangat penting karena untuk memastikan kondisi kesehatan janin dalam kandungan.

Pemeriksaan USG

Nah, pemeriksaan USG untuk wanita hamil telah banyak yang mengetahui kegunaannya. Sesuai namanya, pemeriksaan USG menggunakan gelombang ultrasonografi untuk mengetahui kondisi di dalam perut wanita hamil. Tujuan pemeriksaan USG yang pertama adalah untuk mengetahui apakah ada janin atau tidak di dalam perut ibu. Kemudian, pemeriksaan USG kedua bermanfaat untuk mengetahui apakah ada kelainan yang terjadi pada perkembangan janin di dalam kandungan. Tujuan USG yang ketiga adalah untuk mengetahui perkembangan janin di dalam kandungan. Dan tujuan pemeriksaan USG yang paling populer adalah untuk mengetahui jenis kelamin si janin, apakah itu cewek, cowok ataupun cewek cowok (kembar maksudnya).

Itulah jenis-jenis pemeriksaan yang umumnya dilakukan oleh ibu hamil. Nah, dari ulasan di atas tadi menyimpulkan bahwa pemeriksaan kesehatan ibu hamil sangat penting untuk mengetahui perkembangan janin dan juga untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan yang berlarut-larut. Jangan lupa tetap aktif berolahraga selama masa kehamilan agar kebugaran tubuh tetap terpelihara. Jagalah kesehatan mental Anda agar selalu bahagia selama menjalani masa kehamilan.

Semoga tips kesehatan wanita hamil dari blog The Jombang Taste ini bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat mempraktekkan. Salam hangat untuk keluarga di rumah.

5 Replies to “4 Jenis Pemeriksaan Kandungan Wanita Hamil dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Janin”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *