5 Jenis Olahraga Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Memilih baju hamil yang tepat untuk aktifitas olahraga luar ruangan
Memilih baju hamil yang tepat untuk aktifitas olahraga luar ruangan

Semangat pagi pembaca setia blog The Jombang Taste! Apa kabar hari ini, bunda? Bagaimana kondisi kesehatan kehamilannya? Semoga bunda dan calon baby selalu sehat sampai dengan masa kelahiran nanti.

Saat menjalani masa kehamilan, para bunda tentu pernah mengalami berbagai keluhan sakit pada beberapa anggota tubuh. Sakit yang sering diderita bunda biasanya sakit pada pinggang, sakit kepala, cepat lapar, dan masih banyak lagi, sehingga beragam gangguan itu sering menyebabkan bunda cepat mengalami kelelahan.

Tips kesehatan ibu hamil dari The Jombang Taste kali ini adalah bagaimana cara menjaga kebugaran saat kehamilan dan mempermudah proses persalinan. Untuk itu, sangat disarankan bunda yang sedang hamil melakukan olahraga secara rutin.

Olahraga untuk ibu hamil sebenarnya tidak terlalu berat. Tujuan olahraga untuk kehamilan adalah supaya dapat memperlancar peredaran darah ke jantung, memperbaiki mood bunda pada saat hamil, menciptakan ketahanan tubuh agar tidak mudah sakit pada anggota gerak tubuh, dan membantu bunda hamil lebih mudah tidur dengan nyenyak. Manfaat selanjutnya dari olahraga kehamilan adalah bunda akan merasa lebih bugar, dapat mengatur berat badan, dan dapat membantu proses persalinan nanti karena otot-otot bunda sudah terbiasa dilatih dan tidak mengalami stress.

Lalu, jenis olahraga apa saja yang disarankan untuk kesehatan janin dan ibu hamil? Untuk jenis olahraga wanita yang sedang mengandung janin bermacam-macam sesuai karakter masing-masing bunda. Namun supaya lebih aman dan tahu segala kelebihan dan kekurangan olahraga tersebut, tidak ada salahnya kalau Bunda berkonsultasi langsung pada dokter kandungan tentang olahraga yang cocok untuk bunda. Dari kegiatan diskusi berbagai pengalaman sahabat Bunda kepada The Jombang Taste, berikut ini adalah tips kesehatan wanita hamil tentang macam-macam olahraga yang tepat bagi ibu yang sedang mengandung.

Jalan kaki

Olahraga jalan kaki memberikan manfaat  yang banyak dan bisa dilakukan kapan saja. Mudahnya lagi, olahraga jalan kaki bisa dilakukan dengan tanpa memerlukan alat apapun. Hal yang harus diperhatikan ketika melakukan olahraga ini adalah bunda jangan sampai mengalami dehidrasi. Kalau perlu sediakan minuman ketika ingin berolahraga jalan kaki dan mintalah ditemani seseorang selama berolahraga jalan kaki. Itulah tips kesehatan ibu hamil dan janin yang pertama.

Berbagai manfaat yang diperoleh dari olahraga jalan kaki yaitu dapat memperlancar peredaran darah, memperkuat jantung dan paru-paru, dan memperkuat otot-otot pergerakan. Jika secara rutin dilakukan oleh ibu hamil, olahraga jalan kaki dapat bermanfaat mempermudah proses persalinan, dan dapat mengurangi stress bunda hamil. Apa lagi kalau jalan kaki di pagi hari sambil ditemani suami, pasti lebih menyenangkan dan bagus untuk membentuk pola pikir sehat.

Berenang

Untuk usia kandungan trimester pertama hingga ketiga (usia kandungan satu bulan sampai enam bulan) olahraga ini bisa dilakukan. Tetapi pada usia 7 bulan keatas lebih baik tidak melakukan renang dan ekstra berhati-hati olahraga air karena keseimbangan bunda berkurang yang bisa menyebabkan tergelincir. Kalau Bunda ingin berenang, lebih baik mengajak suami atau saudara untuk menemani aktifitas berolahraga. Bukan apa-apa sih, hanya saja Bunda membutuhkan perhatian ekstra agar janin tetap sehat.

Manfaat olahraga berenang untuk wanita hamil yaitu dapat membuat tidur bunda lebih nyenyak, dengan keberadaan didalam air dapat mengurangi beban atau tekanan pada sendi dan otot, dapat mengurangi mual pada kehamilan, dan menguatkan otot-otot yang termasuk disekitar pinggul sehingga dapat mempermudah proses persalinan.

Angkat beban

Tips menjaga kesehatan wanita hamil berikutnya adalah melakukan olahraga angkat beban. Olahraga ini membutuhkan alat bantu berupa dumble. Manfaat olahraga angkat berat bagi wanita hamil adalah untuk melenturkan dan menguatkan otot-otot gerak tubuh sehingga dapat mengurangi rasa nyeri dan sakit saat kehamilan. Selain itu, olahraga angkat berat dapat bermanaat menjaga stamina bunda pada masa kehamilan hingga setelah persalinan.

Menurut pengalaman Bunda yang dibagi kepada blog The Jombang Taste, beban yang dipakai berolahraga bisa disesuaikan dengan kemampuan bunda. Aturan umumnya adalah tidak perlu terlalu berat. Ingat, bunda berolahraga di masa kehamilan bukan untuk membentuk otot seksi, tapi sebagai salah satu cara untuk menjaga kebugaran tubuh agar tetap fit sampai masa melahirkan.

Gambar Manusia Meditasi Yoga di Tepi Danau pada sore hari.
Gambar Manusia Meditasi Yoga di Tepi Danau pada sore hari.

Yoga

Olahraga yoga mempunyai kelas-kelas tersendiri sesuai dengan kebutuhan bunda. Manfaat dari olahraga yoga adalah dapat melatih pernafasan secara teratur dan relaksasi yang penting dibutuhkan pada waktu persalinan nanti. Olahraga yoga bisa dilakukan sendiri maupun dengan bergabung dengan kelompok pecinta yoga. Jika sedang sendirian di rumah, tidak ada salahnya berolahraga yoga dengan bantuan aplikasi yoga yang tersedia gratis di smartphone.

Manfaat olahraga yoga bagi wanita hamil berikutnya adalah mengurangi tingkat stress. Bagaimanapun, perubahan fisik wanita hamil berdampak pada perubahan kebiasaan dan tingkah laku terhadap orang-orang di lingkungan. Harapan orang tua yang terlalu besar pada kehamilan anaknya bisa menyebabkan stress bagi wanita hamil. Melalui olahraga yoga inilah wanita hamil dapat mengelola tingkat stressnya lebih baik.

Senam hamil

Olahraga senam hamil bisa dilakukan sendiri dengan mengikuti tayangan DVD, namun lebih baiknya langsung dilatih oleh pelatih senam khusus ibu hamil. Selain bermanfaat menjadikan badan lebih bugar, olahraga senam hamil juga berguna dapat menjaga kesehatan bunda maupun janin. Jika olahraga senam hamil dilakukan secara rutin, manfaatnya bisa dirasakan hingga proses persalinan bunda, karena senam hamil ini akan melenturkan dan menguatkan otot-otot yang dibutuhkan.

Berdasarkan pengalaman para wanita yang pernah melahirkan, membiasakan diri berolahraga saat masa hamil bisa membantu kesehatan calon bayi di dalam tubuh. Bunda yang rajin berolahraga pada umumnya akan memiliki putra dan putri yang cerdas dan cekatan. Itulah beberapa olahraga yang dapat dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga kondisi kesehatan. Tapi untuk mendapatkan saran yang lebih jelas dan lengkap, silakan berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Semoga tips kesehatan wanita hamil bersama The Jombang Taste ini bermanfaat untuk bunda dan calon bayi dalam kandungan. Selamat berolahraga dan salam hangat untuk keluarga di rumah.

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

2 thoughts on “5 Jenis Olahraga Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *