Apakah Mandi Saja Sudah Cukup untuk Menjaga Kesehatan Kulit?

Liburan menyenangkan dan outbound kerjasama tim di tempat wisata alam Bukit Embag di Wonosalam Jombang

    Liburan menyenangkan dan outbound kerjasama tim di tempat wisata alam Bukit Embag di Wonosalam Jombang.

Bagaimana kabar teman-teman komunitas blogger Jombang hari ini? Mudah-mudahan Anda selalu giat dan bersemangat melaksanakan aktivitas di masa pandemi ini. Salah satu cara menjaga kesehatan diri adalah dengan cara mandi setiap hari. Aktivitas mandi bermanfaat bagi kita untuk menjaga kesehatan kulit dan badan. Kulit merupakan lapisan jaringan tubuh sebagai pembungkus badan. Lalu Apa saja fungsi kulit sehingga kita harus menjaga kebersihan kulit dengan cara mandi setiap hari? 

Menurut Endyah Murniati (2015), fungsi kulit adalah melindungi bagian tubuh yang terdapat di bawahnya terhadap gangguan dari luar, terutama kuman penyakit. Selain itu, kulit juga berguna untuk mengatur panas badan. Panas dari badan dikeluarkan dengan cara pancaran, pemindahan dan uap keringat. Fungsi kulit berikutnya adalah sebagai tempat indra perasa atau peraba sehingga kita dapat meraba nyeri dan panas. Fungsi kulit selanjutnya adalah membuat vitamin D di bawah pengaruh sinar matahari. Kulit juga bermanfaat untuk membangkitkan daya tahan terhadap bibit penyakit, misalkan penyakit cacar.

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan kulit? Untuk menjaga agar semua fungsi kulit dapat berjalan dengan baik maka kita harus menjaga kebersihan kulit. Kita harus mandi dua kali sehari agar kotoran kulit dan debu yang melekat bisa dibuang. Setelah mandi kita harus mengeringkan badan dengan handuk yang bersih. Langkah selanjutnya adalah memakai pakaian yang bersih, terutama pakaian dalam. Jika kita memakai pakaian kotor setelah mandi maka sama saja artinya dengan tidak mandi.

Berapakah frekuensi mandi untuk menjaga kesehatan kulit? Untuk orang-orang Indonesia yang tinggal di daerah tropis disarankan mandi sekurang-kurangnya 2 kali sehari. Hal ini tidak berbeda untuk penduduk Indonesia yang tinggal di dataran rendah, dataran tinggi maupun daerah pegunungan. Semua manusia membutuhkan usaha untuk menjaga kesehatan kulitnya. Walaupun cuaca panas ataupun dingin kita harus tetap mandi untuk menjaga kebersihan kulit. Menjaga kebersihan badan dengan cara mandi bisa membantu kita terhindar dari berbagai penyakit kulit dan bau yang tidak menyenangkan.

Anak-anak yang sudah terbiasa tubuhnya bersih akan merasa tidak nyaman jika dirinya belum mandi. Mandi memberikan rasa segar dan nyaman pada tubuh seseorang. Mandi perlu memakai sabun dan air yang bersih supaya debu dan kotoran yang menempel di badan bisa hilang. Usahakan untuk memiliki handuk sendiri dan digunakan setelah mandi. Jangan memakai handuk dari orang lain karena dapat menimbulkan penyakit kulit. Setelah dipakai, sebaiknya handuk dijemur agar kering dan kuman-kuman mati terkena sinar matahari.

Perawatan Kulit Wajah Pria Supaya Putih dan Sehat - Gambar diambil dari website MS Glow https://ms-glow.store/blog/
Perawatan Kulit Wajah Pria Supaya Putih dan Sehat – Gambar diambil dari website MS Glow https://ms-glow.store/blog/

Apakah mandi saja sudah cukup untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit? Pada zaman sekarang ini semakin banyak kuman penyakit yang bisa menempel kepada kulit kita setiap hari ketika kita beraktifitas di luar ruangan. Terlebih Saat ini Indonesia dan sebagian besar negara-negara di dunia sedang dilanda pandemi Covid-19 kita memerlukan usaha menjaga kebersihan tubuh secara ekstra. Mandi saja tidak cukup untuk menjamin kebersihan kulit kita dari terjangkitnya bibit-bibit penyakit yang tidak terlihat oleh mata.

Tubuh manusia terdiri kepala, badan dan anggota gerak. Oleh karena itu diperlukan sabun khusus untuk badan dan sabun khusus untuk wajah. Sebaiknya anda tidak menggunakan sabun badan untuk dipakai membersihkan wajah karena kedua jenis kulit tersebut berbeda. Kulit wajah setiap orang kondisinya berbeda pula. Ada orang yang kondisi kulit wajahnya cenderung normal, berminyak ataupun kering. Setiap kondisi kulit wajah memerlukan penanganan yang berbeda pula. Anda tidak dapat menggunakan sabun badan untuk membersihkan wajah. Jika hal itu anda lakukan maka dapat merusak kesehatan kulit wajah anda. Kulit wajah yang dibersihkan dengan menggunakan sabun badan biasanya akan cenderung menjadi kulit kering dan kasar. 

Setelah membersihkan tubuh dengan sabun antiseptik yang mampu membunuh kuman, langkah selanjutnya adalah Anda merawat kulit tubuh dengan hand and body lotion yang sesuai dengan jenis kulit anda. Setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda sehingga jenis hand and body lotion yang digunakan pun berbeda pula. Fungsi hand and body lotion adalah untuk melembabkan kulit  sekaligus  menjaga kesehatan kulit  dari pengaruh polusi udara dan sengatan sinar matahari.

Setelah menggunakan body lotion, anda mungkin masih memerlukan hand sanitizer sebagai pembersih kedua telapak tangan dari kuman-kuman penyakit. Membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer perlu dilakukan ketika anda akan bepergian keluar rumah. Begitu pula setelah anda kembali dari aktivitas di luar rumah dan kembali ke dalam rumah maka anda perlu mencuci tangan dengan sabun yang mampu membunuh kuman. Anda masih memerlukan cairan desinfektan pembunuh kuman setiap kali anda akan makan minum ataupun menyentuh wajah anda.

Tidak bisa disangkal lagi bahwa di zaman modern ini kebutuhan menjaga kesehatan diri, terutama kesehatan kulit merupakan kebutuhan utama. Anda harus rajin mandi setidaknya dua kali sehari. Anda tentu tidak ingin terjangkit berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus, basil, maupun makhluk hidup tak kasat mata lainnya. Anda perlu memperhatikan protokol kesehatan yang disarankan oleh pemerintah. Dalam hal ini anda perlu menjaga jarak dari lingkungan aktivitas anda selama masa pandemi ini berlangsung.

Demikian blog The Jombang Taste membagikan ulasan artikel kesehatan kulit untuk anda. Mudah-mudahan tulisan ini bisa menambah wawasan anda dalam usaha menjaga kebersihan kulit. Selamat beraktivitas. Semoga anda selalu sukses berkarya di masa pandemi ini.

Bagikan tulisan ini:

One Reply to “Apakah Mandi Saja Sudah Cukup untuk Menjaga Kesehatan Kulit?”

  1. Teman2 saya yang tinggal di Amerika Serikat mandinya 3 hari sekali dan mereka ternyata kulitnya masih sehat-sehat saja. Jadi tidak bisa dipastikan bahwa mandi dua kali sehari langsung bikin kulit jadi sehat karena tergantung iklim yang yang kita tinggali dan aktivitas kita sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *