Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Rambut?

Gusnaldi, Penulis Novel Pria Terakhir
Gusnaldi, Penulis Novel Pria Terakhir

Bagaimana kabar kawan-kawan komunitas blogger Jombang hari ini? Mudah-mudahan anda selalu bersemangat menjalani kegiatan di masa pandemi ini. Hari ini penulis membagikan artikel kesehatan mengenai cara menjaga kesehatan dan kebersihan rambut. Kebersihan keluarga dimulai dari kebersihan diri sendiri. Rambut yang kita miliki bukanlah semata-mata bagian tubuh yang tumbuh dan melindungi kepala kita. Rambut berfungsi untuk menghalangi panas dan melindungi kepala.

Rambut tidak memiliki pembuluh-pembuluh darah dan ujung-ujung saraf sehingga tidak berdarah dan tidak terasa sakit jika dipotong. Setiap helai rambut mempunyai satu kelenjar lemak yang mengeluarkan minyak sehingga membuatnya terlihat mengkilat. Agar kulit kepala sehat maka kita perlu melakukan perawatan terhadap rambut dan kepala kita. Perawatan rambut dan kepala perlu dilakukan secara teratur supaya hasilnya optimal. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan kulit kepala?

Menurut Endyah Murniati (2015), memelihara kebersihan rambut pada hakekatnya adalah menjaga kesehatan kulit kepala. Makanan yang mengandung vitamin A sangat penting untuk mencegah kerontokan rambut. Tetapi bila anda terlalu berlebihan memakan makanan vitamin A maka bisa menyebabkan keracunan dan kulit menjadi kuning.

Khusus untuk memelihara kesehatan kuli, kepala kita harus menjaga kebersihan rambut secara teratur. Hal yang perlu kita lakukan adalah mencuci rambut. Mencuci rambut hendaknya dikerjakan dengan cara yang baik sehingga kulit kepala bersih dari kotoran-kotoran yang melekat pada kulit kepala. Kulit kepala yang bersih dapat memperlancar keluarnya keringat.

Cara merawat kesehatan rambut dan kulit kepala berikutnya adalah melakukan perawatan khusus terhadap rambut. Rambut perlu dicuci dengan menggunakan shampo yang sesuai dengan jenis permasalahan rambut Anda. Macam-macam permasalahan rambut antara lain ketombe, rambut bercabang, rambut kering dan mudah patah, rambut berwarna merah, maupun rambut yang mengalami kerontokan. Setiap permasalahan rambut membutuhkan jenis shampo tertentu sehingga masalah rambut Anda dapat teratasi.

Cucilah rambut Anda dengan menggunakan shampo khusus dengan penggunaan dua kali dalam seminggu. Setelah dibersihkan dengan air, siramlah rambut anda dengan air jeruk atau campuran air dengan cuka untuk menghilangkan bau menusuk dari bahan-bahan alkali yang mungkin tersisa pada bahan sampo.

Selain mencuci rambut dengan shampoo, sebelum tidur anda perlu menyisir rambut untuk memberi jalan pernapasan dan merangsang peredaran darah mengalir dengan baik. Berulang kali menyisir rambut dengan rapi dalam satu hari berperan sangat baik untuk menjaga kelancaran peredaran darah.

Rambut juga dapat diibaratkan sebagai topi alami yang telah diciptakan Tuhan untuk menjaga kesehatan kepala manusia. Rambut berfungsi untuk mempercantik atau memperindah wajah seseorang. Rambut juga berguna untuk melindungi kepala dari udara dingin agar tidak terasa dingin. Begitu juga dengan waktu siang hari matahari bersinar dengan terik maka rambut berfungsi untuk melindungi kepala anda agar tidak kepanasan. Anda perlu menggunakan topi atau kain penutup kepala supaya rambut Anda terlindung dari panas sinar matahari.

Anda perlu rajin mencuci rambut supaya rambut bersih, tidak kotor, tidak bau, dan terhindar dari rasa gatal. Demikian tips cara menjaga kebersihan dan kesehatan kulit kepala dan rambut.  Mudah-mudahan artikel ini bisa menambah wawasan anda untuk menjaga kesehatan diri. Sampai jumpa dalam artikel kesehatan bersama Blog The Jombang Taste. 

Bagikan tulisan ini:

One Reply to “Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Rambut?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *