Cara Menjaga Kesehatan Fungsi Hati

Gambar macam-macam buah segar bervitamin dan anti oksidan baik untuk kesehatan
Gambar macam-macam buah segar bervitamin dan anti oksidan baik untuk kesehatan hati.

Apa kabar kawan-kawan pembaca setia blog The Jombang Taste? Semoga anda tetap sehat dan bersemangat menjalani aktivitas hari ini. Anda bertemu lagi dengan artikel kesehatan blog The Jombang Taste. Artikel kali ini menyajikan tips kesehatan berupa cara menjaga kesehatan fungsi hati.

Organ hati kita memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Fungsi hati yang utama adalah menghilangkan pengaruh buruk racun dan zat radikal bebas masuk melalui tubuh kita melalui makanan maupun minuman. Oleh karena itu, menjaga kesehatan hati harus selalu dilakukan setiap hari.

Lalu, bagaimana cara menjaga fungsi kesehatan organ hati manusia? Berikut ini beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk menjaga kesehatan hati. 

Pertama, banyak mengkonsumsi air putih. Minum air putih minimal 8 gelas setiap hari bermanfaat membantu kesehatan fungsi hati kita. Air putih yang kita minum setiap hari berguna untuk membantu kinerja hati dalam menghilangkan pengaruh buruk racun-racun yang masuk ke tubuh kita melalui makanan maupun minuman.

Minum air putih hendaknya dilakukan secara berkala, mulai dari bangun tidur, melakukan aktivitas siang hari, Istirahat di sore hari hingga sebelum tidur di malam hari.

Konsumsi air putih lebih baik dilakukan paling banyak pada pagi dan siang hari. Sementara itu, konsumsi minum air putih di malam hari sebaiknya tidak terlalu banyak agar anda dapat beristirahat dengan tenang. 

Kedua, makan makanan bergizi. Makanan bergizi merupakan kebutuhan pokok tubuh kita. Hati dapat bekerja dengan baik jika makanan yang kita konsumsi tidak mengandung racun maupun bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Makanan bergizi yang perlu kita konsumsi antara lain buah segar, hati ayam, daging ayam, daging sapi, ikan, dan telur. Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu pedas dan terlalu masam.

Makan makanan yang terlalu pedas dan masam bisa berbahaya bagi kesehatan hati anda. Bukan hanya itu, jika Anda terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas ataupun terlalu masam maka berbahaya juga bagi kesehatan lambung. 

Ketiga, hindari mengkonsumsi alkohol. Apapun bentuknya, minuman beralkohol berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh. Anda harus menghentikan konsumsi alkohol sejak sekarang jika anda ingin merawat fungsi kesehatan hati anda.

Konsumsi alkohol bukan hanya merusak hati, tetapi juga merusak organ-organ dalam lainnya. Lebih buruk lagi, konsumsi alkohol dalam jangka panjang bisa berpengaruh buruk terhadap pola perilaku Anda sehari-hari. Anda akan kesulitan hidup disiplin akibat pengaruh alkohol. Dampak buruk konsumsi alkohol bisa mempengaruhi produktivitas pekerjaan Anda sehari-hari. 

Cara rapid test corona secara online dengan aplikasi Halodoc (2)
Cara rapid test corona secara online dengan aplikasi Halodoc.

Selain melakukan tiga hal di atas, hal penting yang perlu Anda lakukan agar kesehatan hati anda tetap terjaga prima adalah istirahat secara cukup. Tidur 8 jam setiap hari bermanfaat bagi anda dalam menjaga kebugaran tubuh sekaligus mengistirahatkan organ-organ dalam tubuh.

Selain itu, tidur yang efektif juga membantu anda untuk mengumpulkan kembali energi sebagai bekal melakukan aktivitas sehari-hari yang lebih baik.

Menjaga kesehatan di masa pandemi ini sangat penting dilakukan. Tidak hanya perlu menjaga kesehatan hati, anda juga perlu menjaga kesehatan organ dalam lainnya, misalkan jantung, paru-paru, lambung, usus maupun organ dalam lainnya.

Anda dapat membaca artikel kesehatan melalui aplikasi Halodoc. Aplikasi Halodoc bisa membantu anda untuk mendapatkan beragam informasi kesehatan secara tepat dan terpercaya. Bukan hanya itu, aplikasi Halodoc juga menyediakan layanan konsultasi bagi anda untuk mendapatkan tips kesehatan terbaik dari pakarnya. 

Demikian artikel kesehatan hari ini penulis bagikan. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi anda dalam menjaga kesehatan di masa pandemi ini. Sampai jumpa dalam artikel berikutnya.

Bagikan tulisan ini:

Oleh Agus Siswoyo

Teacher in real life, story teller and Indonesian blogger.

1 komentar

  1. Aku lagi sedang dalam proses menghindari makan makanan yang terlalu pedas sekarang ini.

    Kalau aku suka cari informasi seputar kesehatan di Halodoc terutama tentang anemia dan donor darah.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *