Hati-hati! Makanan dan Buah Ini Dapat Menggugurkan Kandungan Wanita Hamil

Makanan penggugur kandungan ibu hamil
Makanan penggugur kandungan ibu hamil

Apa kabar Bunda pembaca setia blog The Jombang Taste yang cantik? Kita bertemu lagi dengan artikel tips kesehatan ibu hamil bersama blog masyarakat Jombang. Bagaimana perkembangan kehamilan bunda? Semoga bunda dan janin di dalam kandungan selalu sehat. Asupan nutrisi ibu hamil harus diperhatikan dengan baik agar ibu dan bayi bisa sehat kedua-duanya.

Meski demikian, bunda jangan asal mengonsumsi makanan. Ternyata ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan keguguran dan gangguan lainnya pada janin. Biasanya bunda dituntut untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi berguna untuk memenuhi kesehatan bunda dan juga janin yang dikandungnya. Tetapi ada sebagian bunda yang belum mengetahui terdapat makanan yang dilarang bagi perkembangan janin.

Oleh karena itu, artikel tips kesehatan wanita hamil ini memberikan informasi sekilas tentang makanan yang berlabel berbahaya dikonsumsi ibu hamil. Mari kita simak penjelasan macam-macam makanan yang dianjurkan untuk tidak dikonsumsi oleh ibu hamil berikut ini:

Kepiting

Makanan yang perlu dihindari saat hamil yang pertama adalah kepiting. Pada usia kehamilan 3 bulan pertama sebaiknya bunda menghindari konsumsi makanan ini. Mengapa? Karena daging kepiting akan menyebabkan rahim menyusut sehingga dapat mengakibatka pendarahan genital bahkan hingga keguguran. Duh, terdengar sangat mengerikan bukan. Biarpun daging kepiting rasanya enak, sebaiknya bunda tahan dulu keinginan untuk menyantapnya karena hal itu tidak disarankan.

Ikan Kaleng

Ikan kaleng perlu dihindari dikonsumsi oleh wanita hamil karena mengandung bahan pengawet seperti garam dan bahan kimia lainnya yang dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan ibu hamil retensi air. Ikan kaleng memang makanan praktis dan muda disajikan. Namun untuk kesehatan diri wanita hamil dan janin dalam kandungannya sebaiknya dihindari. Hindari juga mengkonsumsi ikan yang sudah tercemar dari sungai, danau maupun laut. Akumulasi zat-zat kimia pada daging ikan tercemar tidak baik bagi perkembangan sel-sel otak.

Hati Hewan

Aneka olahan hati ayam, hati bebek, hati sapi, dan hati hewan lainnya memang terasa lezat namun semua jenis lauk-pauk berbahan hati hendaknya dihindari ibu hamil. Kenapa konsumsi hati dilarang pada wanita hamil? Karena dikhawatirkan jika hewan yang dikonsumsinya memiliki racun. Di dalam hati hewan juga mengandung kolestrol dan vitamin A. Ibu hamil disarankan untuk tidak mengonsumsi vitamin A secara berlebihan karena dapat beresiko keguguran.

Telur Setengah Matang

Tips kesehatan untuk wanita hamil berikutnya adalah ibu yang mengandung sebaiknya tidak mengkonsumsi daging dan telur yang masih mentah atau setengah matang. Pastikan daging dan telur yang akan dimakan dalam kondisi matang sempurna. Telur setengah matang kemungkinan besar masih mengandung kuman-kuman penyakit yang menempel di cangkang telur. Jika kuman tersebut masuk ke dalam makanan ibu hamil maka dikhawatirkan bisa mempengaruhi perkembangan kesehatan janin di dalam perut.

ibu ibu penjual nasi boranan dari lamongan
ibu ibu penjual nasi boranan dari lamongan

Buah Penyebab Keguguran Kandungan

Selain aneka jenis makanan, ternyata ada juga aneka buah-buhan yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang mengandung. Konsumsi buah-buhan tersebut bukan saja dapat mengganggu kesehatan ibu dan janin, tetapi juga dapat meningkatkan resiko keguguran kehamilan. Apa saja buah yang dapat menyebabkan keguguran pada wanita hamil? Mari simak tips kesehatan ibu mengandung bersama The Jombang Taste berikut ini:

Buah yang masih mentah atau yang muda

Buah yang masih mentah bisa menyebabkan keguguran. Penjelasan ini dikhususkan pada buah pepaya. Kandungan getah yang terdapat pada buah pepaya muda ini dapat mengganggu pertumbuhan embrio. Lebih baik dihindari dulu makan pepaya muda karena dapat memicu terjadinya kontraksi rahim yang kuat sehingga dapat memicu  keguguran. Sebaliknya, untuk pepaya yang sudah matang itu malah bagus dikonsumsi karena dapat memperlancar sembelit dan mendukung kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Buah yang mengandung alkohol

Bermacam-macam buah yang mengandung alkohol seperti duren dan tape dapat meningkatkan resiko keguguran wanita hami. Makanan yang mengandung alkohol dapat menyebabkan gangguan pada proses tumbuh kembang janin di dalam perut. Bahkan setelah dilahirkan pun bayi dapat terkena imbas dari kebiasaan bunda jika sering mengonsumsi makanan beralkohol seperti gangguan mental, gangguan belajar, masalah pernafasan, gangguan daya ingat, bayi yang terlahir dengan berat badan rendah, dan kepala bayi yang abnormal.

Buah yang bersifat panas

Buah yang termasuk dalam jenis ini adalah buah nanas. Makanan yang satu ini harus diwaspadai oleh wanita yang sedang mengandung karena mengandung Enzin Protease Bromelain yang secara kimiawi mirip dengan papain yang tekandung di dalam papaya. Nanas dapat menyebabkan rasa panas pada rahim dan mual serta sakit berkepanjangan pada wanita hamil. Lebih baik bunda menghindari mengonsumsi buah nanas secara berlebihan. Dalam dunia kedokteran hingga sekarang memang belum menemukan alasan pasti mengenai penyebab keguguran karena buah nanas. Meski demikian, mencegah adalah lebih baik daripada mengobati.

Semoga tips kesehatan wanita hamil tentang jenis-jenis makanan yang bisa menyebabkan keguguran ini berguna untuk Anda. Sampai jumpa di artikel kesehatan The Jombang Taste berikutnya. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda dan salam hangat untuk keluarga di rumah.

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *