Kenali 5 Penyebab Penuaan Dini pada Wajah Pria dan Wanita

Gusnaldi, Penulis Novel Pria Terakhir
Gusnaldi on fashion magazine.

Apa kabar sobat komunitas blogger Jombang? Memiliki wajah cantik atau tampan serta tampil menarik merupakan modal berharga bagi kita dalam menjadi aktifitas yang produktif sehari-hari. Pria dan wanita sama-sama memiliki kebutuhan untuk merawat wajahnya mengingat aktifitas mereka sama-sama beresiko terpapar polutan wajah.

Sayangnya, banyak diantara kita mengalami penuaan dini pada kulit wajah pria ataupun wanita. Bentuk penuaan dini ditandai dengan kerutan pada wajah. Kenali penyebab penuaan dini sehingga Anda dapat waspada dalam berperilaku sehari-hari. Penyebab penuaan diri bisa berasal dari kebiasaan diri kita sendiri maupun dari lingkungan tempat kita beraktifitas. Berikut ini beberapa penyebab wajah mengalami penuaan dini:

1. Terkena paparan sinar matahari berlebih

Anda tidak dapat menghindari aktifitas di luar ruangan selama bekerja. Entah lama atau sebentar, kulit wajah Anda dapat terkena paparan sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari secara berlebih dapat menyebabkan penuaan dini. Anda dapat menjaga kesehatan kulit wajah dengan berperilaku mencegah paparan sinar matahari.

Gunakan krim tabir surya dan pelindung wajah untuk mengurangi dampak sinar UV pada kulit wajah Anda. Anda bisa memakai MS Glow Whitening Day Cream yang berfungsi melembabkan kulit sekaligus melindungi paparan sinar matahari. Pastikan Anda membeli produk-produk MS Glow dari reseller resmi MS Glow untuk mendapatkan produk asli MS Glow yang telah mendapatkan label halal dari MUI dan diawasi BPOM.

2. Konsumsi rokok dan alkohol

Kebiasaan merokok dan minum alkohol dapat menyebabkan kulit wajah mengalami penuaan diri. Merokok adalah kebiasaan yang sulit dihilangkan di kalangan pria. Lingkungan pergaulan sering mempengaruhi seseorang untuk terlibat merokok. Sementara itu, minum alkohol seringkali tidak bisa dihindari dalam acara pesta ataupun kegiatan nongkrong dengan teman dan rekan kerja.

Perawatan Kulit Wajah Pria Supaya Putih dan Sehat - Gambar diambil dari website MS Glow https://ms-glow.store/blog/
Perawatan Kulit Wajah Pria Supaya Putih dan Sehat – Gambar diambil dari website MS Glow https://ms-glow.store/blog/

3. Tidur tanpa menghapus make up

Para wanita seringkali merasa kelelahan setelah mengikuti acara pesta maupun pertemuan yang dilakukan sampai larut malam. Akibatnya, saat tiba waktu tidur mata terasa berat akibat mengantuk dan tertidur tanpa sempat menghapus make up. Membersihkan make up sebelum tidur perlu dilakukan setiap hari untuk memberikan kesempatan bagi kulit wajah untuk menyegarkan diri. Make up yang tersisa pada wajah dapat bercampur dengan keringat dan debu sehingga menyumbat pori-pori kulit sehingga menyebabkan kulit kusam.

4. Stress dan Kurang Tidur

Stress dan kurang tidur mempengaruhi kesehatan, baik kesehatan tubuh secara umum, maupun kesehatan kulit wajah. Permasalahan yang mungkin timbul pada wajah antara lain timbulnya lingkaran hitam atau mata panda. Jika Anda terus melakukan kebiasaan tidur larut malam maka berpeluang menyebabkan penuaan dini pada wajah. Kerutan wajah akibat stress dan kurang tidur merupakan masalah yang sering dihadapi oleh pria dan wanita.

5. Kebiasaan makanan manis

Konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan terjadinya penumpukan gula. Gula akan bergabung dengan protein dan membentuk advanced glycation end prooducts (AGES). AGES berbahaya bagi kulit karena dapat merusak kolagen dan elastisitas kulit. Kandungan gula makanan umumnya berasal dari karbohidrat pada nasi putih, minuman manis, dan kue-kue yang berbahan gula. Mulai sekarang Anda sebaiknya mengendalikan konsumsi makanan manis jika ingin memiliki kulit wajah yang sehat lebih lama.

Demikian artikel kesehatan wajah pria dan wanita yang bisa penulis bagikan kepada Anda. Mudah-mudahan tulisan ini bisa menambah wawasan Anda dalam berperilaku sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Bagikan tulisan ini:

One Reply to “Kenali 5 Penyebab Penuaan Dini pada Wajah Pria dan Wanita”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *