Ketahui Pantangan Makanan dan Kebiasaan Buruk Ibu Hamil

Keindahan tempat wisata pantai di Bali
Keindahan tempat wisata pantai di Bali

Apa kabar pembaca setia blog The Jombang Taste? Semoga Anda selalu sehat dan sukses beraktifitas. Bagi semua pasangan suami istri yang sudah menikah pasti mendambakan kehadiran buah hati. Benar, nggak? Agar bisa hamil, seorang wanita membutuhkan makanan penyubur kandungan dalam jumlah yang cukup. Selain itu, kesehatan mental wanita yang sedang mengandung juga harus tetap dijaga agar perkembangan janin di dalam rahim berlangsung normal.

Masa-masa kehamilan selalu dinanti dengan melakuan hal apapun supaya cepat mendapatkan momongan. Setelah berhasil hamil, perjuangan bunda belum selesai. Tetapi inilah awal dari perjuangan calon ibu dan juga calon ayah. Memang yang paling berperan disini adalah perjuangan wanita, tetapi ayahnya juga ikut membantu dong.

Ketika bunda sedang hamil, kebiasaan yang bisa menghambat perkembanagn janin sebaiknya di hindari terlebih dahulu. Supaya tetap dalam keadaan sehat dan baik hingga proses persalinan. Semangat ya para calon ibu atas perjuangannya. keberhasilan ini akan dibalas dengan anak yang nanti di didik menjadi anak yang bisa membahagiakan calon bunda dan calon ayah. Berikut adalah tips kesehatan blog The Jombang Taste tentang berbagai pantangan dilihat dari segi kebiasaan bunda dan makanan jenis apa yang harus dihindari.

Pantangan dari Segi Kebiasaan

Jika dilihat dari tingkah laku si bunda banyak aktifitas yang dilarang. Seperti tidak menggunakan sepatu dan sandal bertumit tinggi yang akan menambah beban pada kaki. Kemudian hindari juga meminum minuman yang beralkohol. Anda juga harus berhenti merokok karena merokok dapat menyebabkan kelainan pada janin, bayi menjadi rendah berat badannya, bahkan dapat terjadi keguguran hingga kematian. Walaupun perokok pasif, dampaknya juga sama saja dengan perokok aktif karena menghirup racun yang ada di dalam rokok tersebut.

Selanjutnya, kebiasaan yang harus dihindari adalah stress berkepanjangan. Bunda jangan banyak pikiran ya, nanti stress berat dan ini berdampak pada janin dalam kandungan. Pikiran kacau berpengaruh pada perkembangan janin bunda lho. Jangan salah, calon baby bunda bisa mengalami kelahiran premature, menghambat penerimaan nutrisi dan oksigen untuk proses tumbuh kembangnya hanya karena bunda over galau. Untuk itu, beraktifitaslah sewajarnya dan jangan terlalu banyak membawa beban yang berat.

Selain itu, posisi tidur bunda harus diperhatikan. Jika posisi tidur bunda sering tengkurep maka dapat menyebabkan perut bunda tergencit. Jika bunda bosan dengan tidur terletang, lebih baik tidur dengan posisi miring dengan arah kanan atau kiri. Lalu, jika bunda mengambil barang yang di berada bawah lebih baik jongkok terlebih dahulu, tidak langsung nungging karena bisa menekuk perut bunda. Memang agak ribet dari biasanya. Tapi itu perlu dilakuka demi kesehatan bunda dan janin di dalam kandungan.

Untuk pantangan kehamilan selanjutnya adalah bunda sebaiknya berhenti dulu menjalani kebiasaan mandi menggunakan air hangat, apalagi berendam, karena hal itu akan merangsang rahim untuk berkontraksi. Pantangan ibu hamil selanjutnya adalah membersihkan kotoran hewan sebaiknya jangan bunda lakukan dulu, khususnya hewan kucing dan anjing. Pada kotoran hewan-hewan tersebut mengandung parasit toksoplasmosis yang dapat membahayakan kesehatan janin di dalam perut. Dampak parasit tersebut dapat beresiko keguguran, kelainan janin, dan merusak organ dalam dan sistem pusat saraf balita.

Akibat Meremehkan Masalah Sepele

Pantangan dari Segi Makanan

Menurut pengalaman The Jombang Taste, pantangan yang terkait dengan makanan cukup banyak untuk bunda hamil. Semua pantangan itu perlu diperhatikan untuk menjaga kondisi bunda dan si janin. Yang paling penting adalah menjaga kebersihan dan kehigienisan makanan yang bunda konsumsi setiap hari. Bagi ibu hamil jangan banyak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, coklat, minuman berkarbonasi, minuman energi dan makanan atau minuman yang mengandung bahan pengawet.

Pantangan makanan ibu hamil selanjutnya yaitu dilarang mengonsumsi pemanis buatan dan makanan dari kalengan. Tahu nggak, bun? Di dalam makanan kalengan mengandung banyak bahan kimia dengan konsentrasi tinggi dan dapat mengurangi tingkat kecerdasan bayi, mempengaruhi kesehatan bayi dan menghambat pertumbuhan otaknya. Lebih baik makan makanan dengan menggunakan sayuran segar daripada instant.

Selanjutnya, yang perlu bunda hamil perhatikan untuk makanan sayuran atau daging jangan yang mentah atau yang terlalu matang. Makanan yang mentah masih terindentifikasi mengandung bakteri. Sedangkan makanan yang terlalu matang akan mengurangi tingkat nutrisi yang terkandung di dalamnya. Jadi, tingkat  kematangan juga harus diperhatikan. Selain itu, hindari memasak ulang makanan sayur untuk tujuan menghangatkan karena sayur yang telah dimasak lebih dari sekali berpotensi mengandung zat-zat penyebab kanker.

Next, terdapat beberapa jenis sayuran dan buah yang menjadi pantangan ibu hamil yaitu kecambah, lalapan mentah, nanas, dan pepaya muda. Buah nanas dan pepaya muda mengandung banyak lateks yang bisa menimbulkan efek kontraksi pada rahim dan dapat menyebabkan keguguran. Sedangkan sayuran kecambah dan lalapan mentah dilarang dikonsumsi ibu hamil karena dikhawatirkan faktor kebersihannya kurang terjaga.

Kita semua tahu bahwa bentuk kecambah yang kecil, sangat mustahil mendapatkan kecambah yang bersih walaupun sudah dicuci bersih. Begitu juga dengan sayuran yang mentah karena mungkin saja masih mengandung pupuk yang berbahaya jika pencuciannya kurang bersih dan berakibat pada perkembangan janin di dalam kandungan. Jadi lebih baik hindari memakannya karena beresiko terhadap bayi dan keinginan makan itu ditahan dulu sampai si baby bunda lahir.

Itulah sekilas penjelasan tentang apa saja pantangan kebiasaan dan makanan bagi bunda yang sedang mengalami kehamilan. Selain memahami pantangan-pantangan di atas, kesehatan mental wanita hamil juga harus selalu dijaga agar tidak mudah stress. Semoga artikel tips kesehatan ibu hamil dari blog The Jombang Taste ini bermanfaat untuk Anda. Untuk informasi kesehatan ibu hamil lebih lengkapnya silahkan tanyakan langsung kepada dokter kandungan ya bun. Salam hangat untuk keluarga di rumah.

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

3 thoughts on “Ketahui Pantangan Makanan dan Kebiasaan Buruk Ibu Hamil”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *