Pengaruh Suara Musik Terhadap Kesehatan Wanita Hamil dan Janin Dalam Kandungan

Musik anak-anak
Musik anak-anak

Apa kabar bunda pembaca blog The Jombang Taste? Tips kesehatan ibu hamil kali ini akan membahas pengaruh suara musik terhadap kesehatan wanita hamil. Apa hubungan antara keduanya? Kenapa banyak yang membicarakan tentang dua kosakata yang sebenarnya tidak berhubungan secara langsung. Nah disini sedikit The Jombang Taste singgung hubungan antara keduanya dan bagaimana hubungan itu bisa terjadi. Apakah pengaruh suara musik terhadap kesehatan janin dalam kandungan wanita?

Kehamilan, baik kehamilan yang diinginkan maupun kehamilan yang tidak diinginkan, dapat menimbulkan berbagai macam perubahan emosional, perubahan fisiologis dan perubahan psikologis pada diri calon ibu. Kadang perubahan ini yang dapat menyebabkan sang ibu mudah mengalami stres. Bagi para wanita yang mengalami kehamilan untuk pertama kali, perubahan yang paling berdampak besar terhadap perilaku adalah perubahan emosional. Perubahan emosional disebabkan oleh kadar hormon estrogen dan hormon progesteron dalam tubuh wanita.

Bila sang ibu stres, maka perilaku yang umumnya terjadi adalah nafsu makan berkurang. Wanita yang sedang hamil cenderung mudah marah setiap hari, walau tanpa penyebab yang pasti. Fenomena ini terjadi secara alami. Peningkatan emosi akan mengurangi nafsu makan wanita. Akibatnya, janin maupun ibu tidak dapat menyerap nutrisi yang seharusnya diperoleh. Hal ini menjadikan ibu dan janin tidak sehat. Calon ibu akan mengalami penurunan berat badan sedangkan janin dalam kandungan akan mengalami pembentukan organ tubuh yang tidak sempurna.

Cara untuk mengatasi keadaan tidak diinginkan agar sang ibu tidak terlalu stres adalah dengan mendengarkan musik. Tahukah Anda apa kegunaan musik bagi perkembangan mental seseorang? Musik diciptakan untuk mempengaruhi kondisi psikologis manusia. Jika manusia sedang jatuh cinta, maka musik yang didengarkan adalah musik ceria. Atau mungkin jika mereka sedang dalam kondisi galau, otomatis mereka akan mendengarkan musik lembut dan kalem karena hal itu sejalan dengan apa yang mereka rasakan.

Nah untuk ibu hamil juga perlu mendengarkan musik karena manfaat yang didapat juga banyak. Musik dapat membuat ibu hamil menjadi rileks dan bahagia, sehingga “hormon kebahagiaan” dalam tubuh wanita hamil akan bertambah. Keseimbangan hormon kebahagiaan dapat membuat wanita hamil nyaman dengan kondisi lingkungannya. Jika sang ibu merasa nyaman, maka perkembangan janin di dalam tubuh wanita hamil juga akan nyaman.

Memilih baju hamil yang tepat untuk aktifitas olahraga luar ruangan
Memilih baju hamil yang tepat untuk aktifitas olahraga luar ruangan

Terapi Musik Usir Stress

Kenyamanan wanita hamil dalam mendengarkan musik sangat berpengaruh pada pertumbuhan janin di dalam kandungan karena musik dapat mencerdaskan otak janin. Hal ini sudah banyak diteliti oleh para ahli kesehatan wanita dan terbukti kebenarannya. Jika seorang ibu hamil mendengarkan musik tertentu, maka janin akan memberikan reaksi selama musik tersebut diputar. Reaksi tersebut dapat berupa reaksi gerakan kecil seperti menendang dan menyikut.

Wanita hamil disarankan mendengarkan jenis musik-musik tertentu untuk mendukung perkembangan otak janin di dalam kandungan. Jenis musik yang direkomendasikan oleh para ahli untuk didengar oleh wanita hamil adalah musik klasik. Tidak ada alasan khusus untuk pemilihan jenis musik ini. Mungkin disebabkan karena tempo musik klasik teratur dan bersifat menenangkan maka banyak wanita hamil menyukainya. Hal yang perlu dihindari adalah jangan sampai janin diperdengarkan jenis musik cadas atau rock karena hal itu akan menyebabkan janin kaget dan mengalami pertumbuhan mental yang tidak bagus.

Jika janin dalam kandungan terbiasa mendengarkan musik-musik yang tenang maka pertumbuhan calon bayi cenderung akan menjadi anak yang tenang. Musik klasik juga bermanfaat menjadi bayi mudah tertidur dengan lelap. Aktifitas tidur lelap berhubungan dengan perkembangan otak karena memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. Selanjutnya, sel-sel otak yang cukup istirahat mempermudah anak berkonsentrasi dalam mempelajari hal-hal baru dalam hidupnya. Tidur yang cukup membantu perkembangan otak menjadi lebih optimal.

Gambar Manusia Meditasi Yoga di Tepi Danau pada sore hari.
Gambar Manusia Meditasi Yoga di Tepi Danau pada sore hari.

Memperdengarkan suara musik klasik untuk terapi wanita hamil terdapat beberapa metode yang digunakan. Anda dapat mendengarkan suara musik klasik dengan menggunakan headset pada telinga. Selain itu, Anda juga dapat memperdengarkan suara musik klasik di perut wanita hamil. Anda dapat menyalakan suara musik dengan volume yang cukup agar dapat didengar oleh telinga si ibu maupun janin yang ada diperut. Terapi suara musik klasik untuk wanita hamil perlu dilakukan secara teratur sejak usia kehamilan enam bulan sampai menjelang kelahiran.

Bagi wanita hamil yang beragama Islam dapat mengkombinasikan suara musik klasik dengan bacaan ayat-ayat suci dalam Kitab Al-Quran secara bergantian. Telah banyak kisah sukses wanita muslimah mendidik anak-anak mereka menjadi penghafal Al-Quran sejak dalam kandungan. Janin yang terbiasa mendengarkan bacaan surat-surat dalam Al-Quran tak ubahnya mendiktekan hafalan kalimat percakapan layaknya anak yang sedang berbicara dengan ibunya. Terapi bacaan Al-Quran untuk wanita hamil perlu Anda coba sejak janin dalam kandungan berusia tiga bulan hingga masa persalinan tiba. Terapi ini dapat Anda lanjutkan sampai bayi terlahir di dunia hingga tanpa batas usia kanak-kanak.

Perilaku wanita yang sedang hamil sangat berpengaruh terhadap kesehatan janin yang sedang dikandung. Kesehatan mental wanita hamil perlu dijaga agar tidak terlalu tegang dalam menjalani masa mengandung. Wanita hamil perlu mempraktekkan terapi mendengarkan musik klasik maupun terapi mendengarkan bacaan ayat-ayat Al-Quran untuk mendukung tumbuh kembang otak di dalam kandungan. Demikian tips kesehatan ibu hamil bersama blog The Jombang Taste. Semoga tips menjaga kesehatan kandungan ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba dan salam hangat untuk keluarga di rumah.

4 Replies to “Pengaruh Suara Musik Terhadap Kesehatan Wanita Hamil dan Janin Dalam Kandungan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *