Pengetahuan Dasar Teknik Memijat Tubuh Untuk Kesehatan

Ride with the sun - Great doodle art drawing by Roger Duvoisin
Ride with the sun – Great doodle art drawing by Roger Duvoisin

Apa kabar kawan blogger Jombang dan pembaca blog di Indonesia? The Jombang Taste kembali menyapa Anda dengan artikel kesehatan. Kali ini kita akan membahas pengetahuan dasar teknik pijat tubuh. Apakah yang dimaksud memijat tubuh? Mengapa pijat tubuh diperlukan? Serta, apa saja jenis pijat tubuh yang berguna untuk menjaga kesehatan manusia?

Pijat kesehatan pada dasarnya merupakan salah satu terapi kesehatan yang bertujuan memperlancar peredaran darah melalui pengendoran otot-otot tubuh. Terapi kesehatan ini telah dilakukan ribuan tahun lalu di negeri China. Pengendoran otot-otot itu sendiri terdiri dari berbagai macam teori. Salah satu teori dari pengendoran otot-otot tubuh adalah pijat refleksi. Mengapa otot-otot tubuh perlu dipijat?

Bila otot-otot banyak yang kaku dan tidak berada pada posisi yang seharusnya, maka keadaan ini akan menyebabkan peredaran darah tidak lancar. Selanjutnya, bila peredaran darah tidak lancar tentu pengiriman oksigen dan zat makanan ke seluruh tubuh tidak dapat berlangsung dengan lancar pula. Kondisi ini akan mengakibatkan tubuh mengalami gangguan yang beruntun dan saling terkait satu dengan lainnya.

Pijat Untuk Kelancaran Peredaran Darah

Contoh mudah adalah pada gangguan sistem peredaran darah karena darah tidak membawa oksigen yang diperlukan dalam sistem pernafasan. Oksigen yang gagal tersalurkan ke dalam darah akan membawa akibat lanjutan pada fungsi organ tubuh lainnya, misalnya organ pernafasan paru-paru. Begitu seterusnya semua organ tubuh memiliki cara kerja yang saling terkait.

Bila fungsi darah sebagai pengirim makanan terlambat atau terganggu jalannya, tentu akan mempengaruhi fungsi organ tubuh yang lainnya. Begitu juga terhadap sistem ekskresi (sistem pembuangan sisa-sisa makanan) tentu akan mengalami gangguan. Oleh karena itu, sistem peredaran darah harus selalu dijaga kelancarannya sehingga tubuh tetap sehat.

Ketidak lancaran peredaran darah yang disebabkan oleh terganggunya susunan otot dan syaraf membutuhkan proses penyehatan kembali. Salah satu cara dari beratus-ratus teori tentang pemijatan otot atau syaraf adalah teori pijat refleksi. Sedangkan teori-teori lain seperti pijat urut, pijat siatsu dan pijat tradisional merupakan bagian dari teknik pijat yang bertujuan mengendorkan otot.

Sejauh ini kita mengenal ada dua jenis pijat, yaitu pijat tradisional dan pijat refleksi. Anda bisa memilih salah satunya untuk menjaga kesehatan tubuh. Semoga artikel yang membahas tips kesehatan pijat refleksi ini bisa berguna untuk Anda. Mari membiasakan diri hidup sehat dengan cara rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan bergizi secara seimbang. Nantikan kelanjutan artikel kesehatan ini dalam posting berikutnya.

4 Replies to “Pengetahuan Dasar Teknik Memijat Tubuh Untuk Kesehatan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *