Apa Yang Seharusnya Dilakukan Guru Model dan Guru Observer Pada Lesson Study?

Prinsip pelaksanaan Lesson Study Berbasis Sekolah adalah memberikan kesempatan yang seluas- luasnya kepada pendidik untuk meningkatkan profesinya secara sadar dan ikhlas demi kemajuan peserta didik. Sekolah akan selalu mendukung program pengembangan kompetensi guru demi kemajuan pendidikan di instansi pendidikan yang memiliki program- program semakin mengglobal.

Hal penting apa saja yang harus dilakukan oleh Guru Model dan Guru Observer agar pelaksanaan Lesson Study tepat guna? Apa saja faktor pendukung dan penghambat kelancaran kegiatan belajar mengajar di dalam kelas?

Pertama, manajemen waktu. Manajemen waktu perlu diperhatikan, dan guru model harus memperhatikan siswa secara keseluruhan namun pengecekan kerja siswa secara individual perlu ditingkatkan. Kedua, penulisan hasil diskusi di papan dan di komputer sebaiknya diarahkan ke komputer semua untuk menjaga efisiensi dan efektivitas kerja serta menjaga agar siswa yang tidak menulis tidak bosan menunggu karena hal ini membuat sebagian siswa lepas konsentrasi. Instruksi itu sangat penting untuk menghindari kesalahpahaman siswa dalam mengerjakan tugas.

Ketiga, pemerataan giliran perlu diperhatikan agar tidak terjadi kekecewaan pada siswa yang ingin mempresentasikan hasil pekerjaannya. Evaluasi penting sekali untuk mengetahui sampai sejauh mana pemahaman siswa tentang materi pada pembelajaran ini. Implementasi Lesson Study ini cukup lengkap dan akurat karena didukung dengan catatan mutu berupa isian format observasi guru dan instrument berupa angket dari siswa sebagai subjek penelitian.

Pelaksanaan Lesson Study sangat penting untuk pengembangan profesionalisme guru khususnya perbaikan proses pembelajaran di kelas. Berbagai macam model pembelajaran, strategi pembelajaran, manajemen kelas dan penilaian perlu disajikan sesuai dengan kebutuhan dan situasi peserta didik.

Referensi:

Penelitian “Lesson Study Berbasis Sekolah” yang diselenggarakan SMP Negeri 1 Probolinggo Semester Gasal Tahun Pelajaran 2009/2010 berjudul Think , Pairs , Share Tipe I oleh Drs. Heri Lukito sebagai guru model didampingi guru observer: Dra. Ita Nilawati (Guru IPS) , Koen Adiningsih, SPd. (Guru IPS) dan Ratna Endarwati, SPd. (Guru PKn).

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *