Hakikat Norma, Kebiasaan, dan Adat Istiadat dalam Masyarakat

Download Gambar Mahabharat-Wallpaper-Drupadi
Download Gambar Mahabharat-Wallpaper-Drupadi

Sesuai kodratnya manusia diciptakan sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain memenuhi kebutuhan hidupnya. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya manusia saling berhubungan dan hidup berkelompok.

Dalam hubungan tersebut terdapat berbagai macam kepentingan yang berlainan. Agar dalam pemenuhan kepentingan dalam masyarakat dapat berjalan dengan baik harus dibuat peraturan / norma. Norma-norma yang telah disepakati bersama harus dilaksanakan oleh semua anggota masyarakat sehingga dapat tercipta kehidupan yang aman, tertib, dan damai dalam kehidupan bermasyarakat.

Manusia adalah makhluk monodualisme (dua tapi satu) sebagai makhluk pribadi dan makhluk sosial. Menurut Aristoteles manusia merupakan makhluk zoon politicon yang artinya bahwa manusia pada dasarnya selalu ingin bergaul dan berkumpul dengan sesama manusia

Norma mengatur bagaimana manusia dan masyarakat mewujudkan kepentingannya masing-masing. Pertemuan kepentingan yang sering disebut kontak sosial tidak selalu berjalan dengan baik. Seperti yang diungkapkan oleh Surojo : Wigjodipuro, kontak sosial ada 2 macam yaitu :

  1. Kontak yang menyenangkan yaitu jika keputusan-keputusan yang bertemu saling memenuhi.
  2. Kontak yang tidak menyenangkan yaitu jika keputusan-keputusan yang bertemu saling berlawanan.

Untuk menghindari terjadinya perselisihan dalam masyarakat karena kepentingan yang berbeda maka dibentuklah norma. Norma mengatur tindakan dan perilaku manusia dalam kehidupan baik di lingkungan keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara. Norma membatasi kebebasan manusia

Norma merupakan seperangkat peraturan atau kaidah yang digunakan untuk mengatur tingkahlaku masyarakat. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, norma adalah aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok masyarakat yang dipakai sebagai peraturan, tatanan, dan pengendalian tingkah laku masyarakat.

Norma berisi perintah dan larangan

  1. Perintah merupakan perangkat aturan yang mengharuskan seseorang atau masyarakat untuk melakukan hal-hal tertentu karena mendatangkan akibat-akibat yang dipandang baik.
  2. Larangan merupakan perangkat aturan yang mengharuskan seseorang atau masyarakat untuk tidak melakukan hal-hal tertentu karena akan mendatangkan akibat-akibat yang dipandang buruk.

Semoga terinspirasi.

Sumber: Medali MGMP Kab. Jombang

2 Replies to “Hakikat Norma, Kebiasaan, dan Adat Istiadat dalam Masyarakat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *