Tujuan Kebijakan Pemerintah di Bidang Sosial dan Politik

Goods and Services Foldable and Activites  - From Pinterest
Goods and Services Foldable and Activites – From Pinterest

Mengapa rakyat negara Indonesia banyak yang mengeluhkan kehidupan mereka bermasalah? Benarkah negara sudah mampu menjalankan tugasnya dengan benar? Apakah tujuan kebijakan Pemerintah sudah tepat sasaran? Mari kita bahas tujuan kebijakan Pemerintah di bidang sosial dan politik karena dua bidang tersebut berpengaruh secara signifikan di masyarakat.

Menurut Sukirno (200: 331), tujuan kebijakan Pemerintah dalam bidang sosial dan politik untuk meningkatkan kemakmuran keluarga dan kestabilan keluarga Ditinjau dan segi mikro, tujuan ini merupakan hal yang penting. Apabila kebanyakan anggota dalam suatu rumah tangga tidak mempunyai pekerjaan, berbagai masalah akan timbul.

Keluarga tersebut mempunyai kemampuan yang lerbatas untuk melakukan perbelanjaan. Maka secara langsung pengangguran mengurangi taraf kemakmuran keluarga. Pengangguran mengurangi ke-mampuan keluarga unluk membiayai pendidikananak-anaknya.

Kemudian, tujuan kedua adalah untuk menghindari masalah kejahatan. Di satu pihak pengangguran menyebabkan para pekerja kehilangan pendapatan. Akan tetapi di pihak lain, ketiadaan pekerjaan tidak akan mengurangi kebutuhan untuk berbelanja. Sewa rumah harus dibayar, keluarga perlu melakukan pengeluaran untuk makanan dan biaya sekolah anak-anakjuga hams dibayar. Seringkali apabila tidak ada tabungan dan sumber pendapatan lain, pengangguran menggalakkan kegiatankejahatan.

Terdapat kaitan yang kuat tentang masalah kejahatan dan masalah pengangguran, yaitu semakin tinggi pengangguran maka semakin tinggi kasus kejahalan. Deegan demikian, usaha untuk mengatasi pengangguran secara lidak langsung menyebablcan pengurangan dalam kcjahatan.

Selanjutnya, tujuan kebijakan Pemerintah di bidang sosial dan politik adalah mewujudkan kestabilan politik, kestabilanekonomi dan pertumbuhan ekonomi yang diperlukan untuk menaikkan taraf kemakmuran masyarakat memerlukan kestabilan politik.Tanpa kestabilan politik tidak  mungkin negara dapat mencapai pertumbuhan yang cepat dan terus-menerus.

Pengangguran merupakan salah satu sumber atau penyebab dari ketidakstabilan politik. Pengangguran menyebabkan masyarakat tidak puas dengan pihak pemerintah. Mereka merasa pemerintah tidak melakukan tindakan yang cukup untuk masyarakat. Ketidakadilan sosial ini mampu menyebabkan beragam tindakan anarkis dan kriminalitas di masyarakat.

Dalam perekonomian yang tingkat penganggurannya tinggi, masyarakat seringkali melakukan demonstrasi dan mengemukakan kritik pada pemimpin-pemimpin pemerintah. Hal-hal seperti itu akan menimbulkan halangan untuk melakukan investasi dan mengembangkan kegiatan ekonomi. Sebagai akibatnya perkembangan ekonomi yang lambat semakin berkepanjangan dan keadaan pengangguran semakin memburuk. Langkah-langkah pemerintah untuk menghindari masalah ini perlu dilakukan.

Dalam pandangan saya, sejauh ini kebijakan Pemerintah di bidang politik dan sosial belum mampu menyentuh tujuan pentingnya, yaitu masyarakat tingkat bawah. Kebijakan masih terbatas pada pemenuhan kepentingan kelompok ekonomi atas karena mereka memiliki kuasa.

3 Replies to “Tujuan Kebijakan Pemerintah di Bidang Sosial dan Politik”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *