Bagaimana Cara Menghadapi Perbedaan dalam Persahabatan?

Explore Wonosalam Menjelajah Obyek Wisata Air Terjun Grojogan Asmoro - Foto Kristanto
Explore Wonosalam Menjelajah Obyek Wisata Air Terjun Grojogan Asmoro bersama kawan-kawan komunitas pecinta alam. (Foto: Kristanto)

Bagaimana kabar kawan-kawan komunitas blogger Jombang hari ini? Mudah-mudahan anda selalu bersemangat menjalani aktivitas hari ini. Sadarkah anda bahwa banyak sekali keberuntungan dalam hidup ini yang kita dapatkan dari persahabatan yang baik? Namun seringkali persahabatan yang kita bangun diwarnai dengan berbagai perbedaan dalam hidup. Lantas, bagaimana cara kita menanggapi perbedaan dalam membangun persahabatan?

Restiani (2015) mengungkapkan bahwa perbedaan adalah ciri khas setiap manusia dalam menjalani kehidupannya. Salah satu lingkup kecil dari interaksi seorang adalah persahabatan dengan beberapa temannya yang telah dipercaya. Dalam persahabatan akan tampak jelas perbedaan-perbedaan tersebut karena dalam interaksi ini mereka saling berbagi rasa dan terbuka terhadap berbagai hal. Perbedaan-perbedaan itu meliputi perbedaan sudut pandang, impian, keyakinan, ras, agama, dan lain-lain. Persahabatan sesungguhnya adalah persahabatan yang mampu menanggapi dan menerima perbedaan-perbedaan yang ada di dalamnya.

Keindahan dari perbedaan dalam sebuah persahabatan dapat diibaratkan dengan keindahan pelangi. Sebelum tercipta pelangi berbagai warna, setiap warna memiliki karakteristik tersendiri. Perbedaan itu sepertinya tidak dapat disatukan karena warna-warni itu sering menunjukkan keindahannya masing-masing. Warna merah dengan karakteristik utama melambangkan keberanian. Warna hijau dengan karakteristik kelestarian alam. Lalu ada warna biru dengan karakteristik kedamaian dan ketentraman. Beberapa orang lainnya tumbuh dengan karakteristik yang berbeda pula.

Dalam setiap persahabatan juga terdapat berbagai perbedaan. Segala perbedaan itu yang seolah-olah pada saat ini tidak dapat dipadukan menjadi satu ternyata bisa dipertemukan. Misalkan ada seseorang menjalani hidupnya dengan apa adanya, santai dan cenderung pemalas. Hal itu sangat bertolak belakang dengan seseorang lainnya yang berkarakter keras dan tegas serta bekerja keras untuk menggapai apa yang diinginkan. Ada juga seorang lainnya yang menjalani kehidupannya dengan penuh canda tawa, keriangan dan seakan tanpa beban dalam hidupnya. Berbagai karakteristik unik lainnya dalam setiap orang yang telah menjadi pendiriannya merupakan ciri khas orang tersebut.

Keindahan dalam persahabatan adalah makna dari perbedaan-perbedaan yang muncul menjadi satu. Jika dalam persahabatan itu mampu menanggapi dan menerima perbedaan yang ada bagaikan keindahan pelangi, maka persahabatan itu akan memiliki makna bagi setiap sahabat yang merasakannya. Titik keunikan karakter setiap orang dalam persahabatan yang sebelumnya seakan-akan tidak dapat disatukan, bagaikan warna-warni yang menyusun pelangi, ternyata dapat membentuk sebuah persahabatan sejati yang sangat erat dan saling melengkapi. Oleh karena itu, berbagai perbedaan dalam persahabatan adalah suatu keindahan bagaikan warna-warni yang berbeda menjadi pelangi yang indah dari turunnya hujan.

Demikian inspirasi persahabatan hari ini. Mudah-mudahan tulisan ini dapat menambah wawasan anda dalam membangun persahabatan di tengah perbedaan. Sampai jumpa dalam artikel motivasi diri lainnya bersama Blog The Jombang Taste. 

Bagikan tulisan ini:

2 Replies to “Bagaimana Cara Menghadapi Perbedaan dalam Persahabatan?”

  1. Berteman di zaman modern ini paling gampang Kalau urusan makan…. sebaliknya kalau berteman ketika kita dalam permasalahan pasti hanya sedikit orang yang mau Bertahan.

  2. Bila kita selalu fokus pada perbedaan maka tidak akan pernah tercapai perdamaian. Ragam perbedaan tidak harus disamaratakan karena justru berbeda2 itulah keindahan dunia tercipta. mudah-mudahan kita bisa selalu mengembangkan toleransi kehidupan bermasyarakat di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *