Curhat Emak: Puasa di Masa Pandemi Mengajarkan Anak Tanggungjawab

Assalamu alaikum. Alhamdulillah kabar Asyifa sekeluarga baik. Atas rahmat Allah kami sekeluarga diberi kelancaran dalam menunaikan ibadah puasa di bulan Romadhon ini. Alhamdulillah Asyifa besar sekali keinginannya untuk melaksanakan puasa di bulan romadhon ini dengan penuh tanggungjawab.

Dia semangatnya luar biasa sejak awal bulan puasa. Dia juga bersemangat dalam menentukan menu hidangan untuk berbuka puasa. Dia pilih menu yang enak kesukaan dia saja, misalnya soto ayam, telor Bali, tahu krispi, dadar mi, dan lain-lain. Setiap hari dia yang membuat jadwal menu makanan.

Alhamdulillah jika dibangunkan untuk makan sahur dia selalu semangat dan tidak pernah rewel. Makan pun selalu habis. Dia bilang maem e di entekne engko awan wetenge cek gak krucuk-krucuk yo bu (makan sampai habis supaya nanti siang perutnya tidak lapar ya, Bu).

Mengenai ibadah sholat dia juga bersemangat menjalankannya. Terima kasih untuk Bapak dan Ibu guru karena sudah menyemangati anak-anak untuk rajin sholat lima waktu.

(Ibu Wati)

Dasar Hukum Otonomi Daerah di Indonesia Dari Waktu ke Waktu
Anak membantu orang tua bekerja. 

Komentar Penulis:

Bagaimana kabar sobat pembaca blog The Jombang Taste hari ini? Penulis hadir lagi melalui artikel inspirasi pendidikan Jombang. Semoga aktifitas Anda hari ini lancar dan tetap bersemangat menjalankan ibadah puasa di tengah merebaknya pandemi virus corona.

Memang tidak pernah terbayangkan sebelumnya bahwa masyarakat muslim di seluruh dunia harus menjalani ibadah puasa Ramadan tahun 2020 ini pada saat wabah virus korona menghampiri semua negara. Negara-negara maju yang selama ini mengklaim memiliki fasilitas kesehatan terbaik di dunia pun tak luput dari serangan virus Corona yang mematikan.  Jutaan nyawa manusia melayang di seluruh dunia selama 6 bulan terakhir ini.

Pandemi ini mengajarkan kita untuk selalu menjaga kebersihan dan beribadah dengan tekun kepada Tuhan Yang Maha Esa. Jika selama ini kita sering mengabaikan pesan tim medis untuk menjaga kebersihan tangan, maka mau tidak mau sekarang kita harus rajin mencuci tangan dan menggunakan masker ketika menjalankan ibadah di tempat ibadah umum. 

Ketergantungan orang tua untuk menyerahkan sepenuhnya pendidikan anak kepada guru di sekolah sedikit demi sedikit mulai terkikis dengan adanya kegiatan pembelajaran di rumah atau home learning. Mereka harus siap menjadi guru dadakan bagi anak-anak mereka yang menempuh pendidikan dari berbagai jenjang sekolah, mulai dari pendidikan anak usia dini hingga perguruan tinggi.

Karena setiap orang tua dan anak memiliki lebih banyak waktu untuk bersama-sama tinggal di rumah maka orang tua dapat mengajarkan tanggung jawab menjalankan tugas sehari-hari kepada anak.  Walaupun sedang menjalankan ibadah puasa, anak tetap bisa diberikan tugas untuk membantu pekerjaan sehari-hari seperti menyapu lantai, menyiram taman, mencuci piring, dan membantu memasak di dapur.

Demikian ulasan singkat blog pendidikan Jombang hari ini. Meski saat ini kita semua sedang prihatin, semoga para blogger guru di Jombang tidak pernah lelah menebarkan motivasi pendidikan untuk guru dan pelajar di Jombang. Nantikan terus inspirasi pendidikan Jombang hanya di blog The Jombang Taste.

Bagikan tulisan ini:

One Reply to “Curhat Emak: Puasa di Masa Pandemi Mengajarkan Anak Tanggungjawab”

  1. Pengalaman masa kecil yang paling saya sukai ketika bulan puasa adalah menyambut waktu berbuka puasa. Saya dan saudara selalu berebut menu-menu makanan yang enak. Kenangan tsb benar2 tidak terlupakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *