Heru Santoso: Rajin Donor Darah Bikin Awet Muda

Tidak semua orang memiliki keberanian mengikuti bakti sosial donor darah. Sebagian diantara mereka takut terhadap jarum suntik. Sebagian lainnya lebih takut melihat darah. Namun itu tidak berlaku bagi Muchammad Heru Santoso. Pria yang berprofesi sebagai guru Sekolah Dasar (SD) ini justru telah mendonorkan darahnya sebanyak 7 (tujuh) kali. Penulis berkesempatan untuk mewawancarai pria asal Jombang ini usai mengikuti acara donor darah di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Jombang pada Sabtu, 24 April 2020 lalu.

Sejak kapan Anda tertarik berdonor darah?

Saya donor darah pertama kali ketika ditunjuk menjadi panitia pelaksana bakti sosial donor darah di PT. VOLMA Mojoagung tahun 2016 lalu. Waktu itu panitia wajib ikut donor. Mau tidak mau saya juga ikut berdonor darah. Dan akhirnya keterusan sampai sekarang.

Apakah ada kejadian khusus yang membuat Anda terketuk hati untuk donor darah secara rutin?

Awalnya saya terpaksa ikut donor darah karena jadi panitia. Tapi setelah mengikuti kegiata  donor darah kondisi badan saya lebih bugar dan fresh. Sejak tahun 2016 itulah saya merasa lebih sehat dan jarang sakit. Akhirnya saya tersadar donor darah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan pendonor.

Apa manfaat yang Anda dapatkan dari donor darah?

Manfaat donor sangat banyak sekali. Tapi manfaat utama yang saya rasakan setelah donor darah adalah badan saya seperti enteng, lebih bugar dan seperti muda kembali.

Mengapa Anda bersedia donor darah di bulan puasa?

Sebenarnya donor darah tidak terpengaruh bulan puasa atau tidak. Persyaratan ikut donor darah adalah memiliki jarak waktu paling cepat 3 bulan dari waktu terakhir kita donor. Terakhir saya ikut donor darah bulan Oktober 2019. Bulan Januari lalu saya mau donor darah di acara komunitas fans club Arsenal Jombang tetapi tidak lolos karena kondisi sakit. Dan hari ini (24/4/2020) kebetulan saya bepergian ke Jombang dan pas lewat depan Kantor PMI ingat waktunya donor serta kebetulan juga bulan puasa.

Kapan dan dimana kegiatan donor darah yang paling berkesan bagi Anda? Alasannya?

Kegiatan donor darah paling berkesan yang pernah saya ikuti adalah donor darah hari ini karena PMI sedang kehabisan stok darah. Info dari petugas PMI, Pak Khotib, menyatakan terjadi kekosongan persediaan darah. Saya merasa sangat bahagia karena bisa membantu orang-orang yang membutuhkan.

Apa pesan Anda untuk masyarakat umum yang belum pernah donor darah?

Donor itu menyehatkan diri sendiri dan membuat sehat orang lain. Jangan takut donor darah. Donor darah bisa membuat Anda merasa terbang karena badan Anda terasa lebih enteng setelah donor.

Bagikan tulisan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *