Hidup Adalah Saat Ini, Bukan Nanti

I always survive.
I always survive.

Ketika ayah dari pebasket legendaris John Wooden berkata padanya, “Jadikan setiap hari sebagai mahakaryamu,” Wooden menangkap sesuatu yang sangat dalam. Ucapan tersebut bermakna: Hidup adalah saat ini. Hidup bukanlah saat nanti.

Semakin kita menghipnotis diri untuk berpikir bahwa kita memiliki semua waktu di dunia untuk melakukan apa yang ingin kita lakukan, semakin kita melewatkan kesempatan terbaik dalam hidup. Motivasi diri mengalir dari arti penting yang kita lakukan pada hari ini.

John Wooden adalah salah satu pelatih bolabasket perguruan tinggi yang paling sukses sepanjang zaman. Tim UCLA yang dilatih John Wooden berhasil menang 10 kali pertandingan nasional dalam waktu 12 tahun.

Wooden selalu berprinsip untuk menjadikan setiap hari sebagai mahakarya. Ketika pelatih lainnya sibuk mempersiapkan pemainnya untuk pertandingan penting di masa mendatang, John Wooden selalu fokus pada hari ini. Setiap latihan sama pentingnya untuk setiap pertandingan.

Dalam filosofinya, tidak ada alasan untuk tidak membuat hari ini sebagai hari yang paling membanggakan dalam hidupnya. Tidak ada alasan untuk tidak bermain sama kerasnya pada saat latihan seperti halnya pada saat bertanding.

Semoga tulisan ini bisa memberi inspirasi untuk Anda. Enjoy blogging, enjoy writing!

3 Replies to “Hidup Adalah Saat Ini, Bukan Nanti”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *