Indahnya Persahabatan di Tengah Perbedaan Hidup

Jalan-jalan bareng teman ke destinasi wisata sejarah Museum Bank Indonesia di Surabaya
Jalan-jalan bareng teman ke destinasi wisata sejarah Museum Bank Indonesia di Surabaya.

Apa kabar kawan-kawan komunitas blogger Jombang hari ini? Semoga anda selalu sehat dan diberikan kelancaran dalam menjalani aktivitas bekerja di masa pandemi ini. Tahukah Anda bahwa setiap orang terlahir memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Segala kelebihan dan kekurangan manusia menjadi ciri khas masing-masing orang. Namun alangkah indahnya apabila setiap kekurangan tersebut bisa saling melengkapi dengan kelebihan masing-masing. Restiani (2015) menyatakan bahwa dalam persahabatan beberapa orang, kelebihan dan kekurangan menjadi hal yang wajar tetapi kadangkala menjadi suatu masalah dan perselisihan. 

Perilaku saling menyalahkan kelemahan yang lain dan menyombongkan kelebihan pribadi adalah sumber persoalan dalam perselisihan itu. Hal seperti ini dapat diambil pelajaran dari kisah anggota tubuh manusia. Anggota tubuh manusia terdiri dari kaki, tangan, otak, mulut, gigi, serta perut yang saling melengkapi. Semua anggota badan itu tidak dapat bekerja sendiri-sendiri, melainkan saling membantu satu sama lain. Kita tidak bisa makan hanya dengan mengandalkan tangan saja tetapi juga melibatkan lidah, mulut, dan organ-organ pencernaan lainnya. Demikian juga untuk melakukan aktivitas hidup lainnya kita perlu menggunakan beberapa anggota tubuh sekaligus agar dapat terlaksana tujuan kegiatan tersebut dengan baik. 

Sama halnya dengan persahabatan antar teman di lingkungan rumah, teman yang satu memiliki kelebihan dan kekurangan serta bakat yang berbeda-beda dengan teman-teman lainnya. Ada teman yang berkarakter keras, teguh pendirian, bersemangat dan cekatan. Namun ada juga teman kita lainnya dan saling melengkapi dengan karakter yang tenang, sabar dan terencana. Itulah pelajaran yang dapat diambil dari perbedaan kelebihan dan kekurangan dalam berteman. Perbedaan hidup berupa kelebihan dan kekurangan dalam berteman merupakan kesatuan yang saling melengkapi, bukan menjadi sebab perpecahan. 

Perbedaan pada pertemanan merupakan keindahan yang akan mewarnai setiap gerak langkah bersama kita dengan teman-teman kita. Anda tidak perlu mempermasalahkan perbedaan itu selama anda mampu menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan segala perbedaan yang ada. Anda juga perlu melakukan toleransi atau tenggang rasa terhadap perbedaan itu sehingga kekurangan yang dimiliki oleh teman-teman anda dapat anda tutupi dengan kelebihan yang anda miliki. Begitu juga sebaliknya jika anda memiliki sebuah kekurangan maka teman-teman anda tidak akan ragu untuk menutupi kekurangan anda dengan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh teman-teman anda.

Setiap bentuk persahabatan terdiri atas kumpulan orang-orang yang memiliki karakter yang unik. Keindahan persahabatan itu terletak pada kesatuan antar perbedaan yang saling melengkapi. Bagaimana dengan pengalaman Anda berteman dengan orang-orang yang memiliki karakter yang berbeda dengan diri Anda? Apakah Anda juga melakukan penyesuaian diri terhadap teman yang berbeda tersebut? Silakan berbagi pengalaman pada kolom komentar dibawah ini. 

Bagikan tulisan ini:

2 Replies to “Indahnya Persahabatan di Tengah Perbedaan Hidup”

  1. Tulisan yang sangat inspiratif mengingat saat ini Indonesia sudah mulai hilang sifat ramah tamah nya. Saat ini yang tersisa di Indonesia adalah semangat individualisme dan egois yang semakin tinggi di kalangan anak-anak, remaja dan orang dewasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *