Plus Minus Kepemimpinan Berdasarkan Sifat Air

Apakah Anda termasuk pemimpin bijak?

Gede Prama pernah menulis sebuah artikel di salah satu jurnal online beberapa tahun lalu. Saya lupa membaca di website yang mana. Namun saya masih ingat dengan jelas pernyataan beliau bahwa karakter seorang pemimpin hendaknya mencontoh sifat air. Air tidak pernah menabrak gunung dan bebatuan untuk sampai ke muara laut. Air mengalir menuruni lembah secara perlahan namun pasti. Itulah konsep dasar kepemimpinan berdasarkan karakter air.

Karakter air memiliki sisi plus dan minus. Kelebihan dan kekurangan tersebut merupakan cara alam menjaga keseimbangan hidup selain pengaruh tiga elemen lainnya, yaitu tanah, air dan logam. Kelebihan karakter air adalah luwes dalam bergaul, fleksibel dalam mengambil keputusan, berjiwa melayani anak buah, dan selalu rendah hati walaupun memiliki posisi teratas dalam unsur kehidupan.

Meski demikian, seorang pemimpin yang berkarakter air memiliki kekurangan tidak bisa tegas dalam bersikap, dianggap lemah oleh anak buah, bahkan dianggap lamban dalam menyikapi dinamika organisasi yang selalu berkembang. Fleksibilitas seorang pemimpin berkarakter air seringkali disalahgunakan oleh anak buah untuk melakukan pelanggaran. Disitulah peran serta pihak lain dibutuhkan dalam menciptakan keseimbangan iklim organisasi.

Lalu, dimanakah seorang pemimpin seharusnya menempatkan diri? Dunia organisasi saat ini membutuhkan pemimpin yang responsif. Saya mengamati saat ini masyarakat lebih menyukai pemimpin yang mampu menunjukkan sifat mengayomi orang-orang yang dipimpinnya. Pengalaman buruk masyarakat selama lima dekade terakhir setidaknya menjadi pelajaran penting bagi para calon pemimpin agar mampu melayani masyarakat sebaik-baiknya.

Bagaimana menurut pendapat Anda, apakah Anda setuju dengan konsep kepemimpinan berdasarkan karakter air? Silakan berbagi pengalaman di kolom komentar.

  • strategi kampanye politik di social media
  • Dampak sharing knowledge terhadap best operational practice

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

One thought on “Plus Minus Kepemimpinan Berdasarkan Sifat Air”

  1. Pingback: lunettes de soleil Carrera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *