Motivasi Sukses Dari Ide Kebijaksaan Ilmuwan Robert Oppenheimer

Foto Robert Oppenheimer
Foto Robert Oppenheimer

Robert Oppenheimer adalah seorang fisikawan Amerika terkemuka yang dididik di Eropa. Robert Oppenheimer ditunjuk oleh Presiden Franklin Delano Roosevelt untuk menjabat sebagai direktur Proyek Manhattan. Proyek Manhattan merupakan usaha untuk membangun bom atom pertama di dunia yang berlangsung di instalasi paling rahasia di Los Alamos, New Mexico.

Seusai Perang Dunia II berlangsung, Robert Oppenheimer mengetuai Komite Penasehat Komisi Energi Atomik. Dalam komisi tersebut, Robert Oppenheimer menentang pengembangan bom-bom hidrogen yang lebih kuat dan lebih besar untuk senjata perang. Pemikiran Robert Oppenheimer ini tidak disukai secara politis di tahun-tahun berlangsungnya Perang Dingin antara Amerika dan Uni Soviet.

Inspirasi Alam Bagi Ilmuwan Fisika

Pada tahun 1953 Robert Oppenheimer dituduh telah menjadi simpatisan kelompok komunis. Walaupun ia dibersihkan dari tuduhan-tuduhan pengkhiatan, jarak ruang keamannya dicabut bersama posisinya di pemerintahan. Robert Oppenheimer menghabiskan tahun-tahun terakhirnya sebagai direktur institut bergengsi Princeton untuk studi lanjutan dimana Albert Einstein telah bekerja disana selama 20 tahun.

Menoleh ke belakang kepada kariernya yang terhormat di bidang fisika dan dalam hubungannya dengan dunia, Robert Oppenheimer merenungkan gagasan-gagasan umum tentang pengertian manusia yang digambarkan oleh temuan-temuan di dalam fisika atomik pada hakikatnya tidak sepenuhnya tak dikenal. Alam telah memberi gambaran betapa pengetahuan manusia sangat kecil dibanding Sang Maha Kuasa.

Robert Oppenheimer berpikiran bahwa hasil-hasil penemuan para ilmuwan tidak seluruhnya amat ganjil atau aneh, dan tak seluruhnya sebuah hal baru. Apa yang ditemukan oleh para ilmuwan merupakan suatu pemberian contoh, suatu dorongan, dan suatu penyulingan dari kebijaksaan lama yang telah tampak di muka bumi. Semoga kisah hidup Robert Oppenheimer ini bisa memberi inspirasi bagi kehidupan Anda.

Enjoy blogging, enjoy writing!

2 Replies to “Motivasi Sukses Dari Ide Kebijaksaan Ilmuwan Robert Oppenheimer”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *