3 Sumber Semangat Belajar Murid di Sekolah

Setiap murid memiliki minat yang berbeda-beda untuk mengikuti kegiatan belajar di sekolah. Ada siswa yang bisa bersemangat di setiap mata pelajaran yang diikutinya. Namun ada juga siswa yang moody dan mau belajar hanya pada beberapa pelajaran tertentu yang disukai. Memang pada dasarnya manusia lebih memilih keadaan nyaman dalam hidup, termasuk anak. Anak akan bersemangat belajar bila telah menemuka kondisi nyaman di sekolah. Setidaknya ada 3 sumber semangat belajar siswa di sekolah, yaitu:

1. Keinginan Berprestasi Tinggi

Tidak bisa disangkal lagi bahwa setiap anak ingin berprestasi setinggi mungkin. Siswa yang memiliki pengharapan tinggi terhadap prestasi akan memiliki semangat belajar tinggi pula. Siswa jenis ini bisa diandalkan untuk selalu tersenyum sepanjang hari, baik pada jam pelajaran pertama sampai dengan jam pelajaran terakhir. Tidak ada hambatan yang cukup berarti dalam mendidik siswa seperti ini. Satu-satunya hambatan guru mengajar siswa yang sedang mengejar kompetisi adalah menjaga tingkah laku mulia agar tidak berbuat curang kepada lawan maupun lawan. Ini juga tidak mudah karena setiap anak memiliki tingkat egoisme yang berbeda-beda.

2. Terbawa Lingkungan Pertemanan

Lingkungan sangat berpengaruh terhadap semangat belajar murid, diantaranya adalah lingkungan pertemanan sebaya. Teman yang baik akan berdampak pada peningkatan semangat belajar anak, begitu pula sebaliknya. Para orang tua di rumah harus mampu menciptakan lingkungan yang mendukung anak-anak untuk selalu bersemangat belajar. Syarat utamanya adalah anak bermain sesuai dengan usia dan dengan kawan sebaya. Jangan gabungkan anak kecil untuk bergabung dalam permainan remaja. Hal ini akan berdampak kepada motivasi belajarnya. Anak yang tumbuh terlalu cepat dalam hal berpikir cenderung memiliki mental yang rentan terluka. Meskipun mereka tampak pintar dan gembira di luar, hakikatnya mereka lemah dan mudah rapuh.

3. Karakter Guru Menyenangkan

Guru yang mampu menghadirkan suasana menyenangkan di kelas akan dapat meningkatkan semangat belajar siswanya. Suasana menyenangkan tampak dari cara berbicara, cara berpakaian dan cara bertingkah laku. Oleh karena itu guru tidak boleh berhenti belajar. Guru harus selalu meningkatkan kemampuan diri dengan cara menyerap pembaharuan ilmu. Guru yang menyerah pada nasib cenderung tidak mau belajar. Jangankan pergi ke seminar pendidikan, berkunjung ke perpustakaan untuk membaca jurnal ilmiah pun tidak pernah. Siswa yang diajar oleh guru kekinian akan cepat mampu menangkap materi karena guru kekinian punya seratus cara untuk mengajar.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda dalam mendidik anak-anak.

Bagikan artikel ini melalui:

9 Replies to “3 Sumber Semangat Belajar Murid di Sekolah”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *