7 Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan Untuk Murid Sekolah Dasar

Perubahan perilaku dalam belajar adalah akibat dari adanya interaksi pelajar dengan lingkungan. Interaksi itu biasanya berlangsung secara sengaja. Kesempatan berinteraksi antara pelajar dan lingkungan terjamin dari adanya faktor kesiapan motivasi sekolah dan tujuan belajar.

Kesiapan adalah kapasitas yang dimiliki oleh pelajar dalam bentuk kesiapan fisik maupun mental untuk melakukan sesuatu. Sedangkan motivasi yaitu dorongan dari dalam diri sendiri untuk melakukan sesuatu. Pengertian tujuan adalah sesuatu yang ingin dicapai oleh seorang pelajar.

Kesadaran diri untuk mencapai tujuan akan mendorong seorang pelajar untuk melakukan kegiatan belajar karena dengan belajar maka dia akan memperoleh kematangan pribadi. Untuk mencapai pribadi yang matang setiap individu manusia memerlukan sejumlah kecakapan dan keterampilan tertentu yang harus dikembangkan melalui proses belajar.

Belajar merupakan proses yang terjadi antara individu dengan lingkungan. Dari proses ini diharapkan seorang pelajar mempunyai sejumlah kepandaian dan kecakapan tertentu. Kecakapan hidup dapat membentuk pribadi yang terintegrasi dan berkualitas.

Fun Games Gerakan Pramuka Siaga
Fun Games Gerakan Pramuka Siaga – Lomba Rally Karet Gelang

Seorang pelajar perlu memperhatikan beberapa hal agar ia dapat belajar secara efektif dan memperoleh kesuksesan dalam belajar. Hal-hal itu adalah:

Pertama, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan merangsang aktivitas belajar siswa itu sendiri.

Kedua, mengoptimalkan hasil belajar dengan menyingkirkan berbagai gangguan belajar di sekitar lingkungan.

Ketiga, mengerjakan tugas dengan baik secara mandiri dan tanpa menyerah.

Keempat, merumuskan tujuan belajar secara nyata berupa tulisan dan gambar yang dapat dilihat setiap hari.

Kelima, melihat kembali hasil-hasil belajar yang telah dicapai dan melakukan perbaikan secara berkala.

Keenam, mencari jalan keluar agar kegiatan belajar lebih aktif dan kreatif.

Ketujuh, berdoa kepada Tuhan Yang Maha Berilmu semoga Dia berkehendak memberikan pengetahuan kepada Anda.

Peringatan Hari Isra Miraj atau Rejeban di SDN Japanan 1 Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang
Peringatan Hari Isra Miraj atau Rejeban di SDN Japanan 1 Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang

Belajar adalah suatu proses yang rumit, apalagi jika di dalam belajar itu ada tujuan dan cita-cita ingin sukses. Proses belajar bukan hanya mendengarkan informasi dan penjelasan dari guru, melainkan belajar memerlukan banyak kegiatan yang harus ditempuh dan dilakukan siswa.

Oleh karena itu dalam kerangka memperoleh kesuksesan dalam belajar, Anda perlu mengetahui, memahami dan terampil dalam belajar. Caranya adalah siswa harus mengetahui bagaimana cara belajar yang sukses. Kesuksesan belajar seseorang siswa tidak terlepas dari cara belajar yang telah dilaksanakan. Baik dan tidaknya suatu cara dapat dilihat dan dirasakan oleh pelaku itu sendiri.

Proses belajar dikatakan sukses apabila terdapat perubahan pada diri siswa. Perubahan perilaku menyangkut pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Di dalam proses belajar seorang siswa menunjukkan keaktifan belajar yang tinggi, semangat kerja yang besar, dan perdaya pada diri sendiri. Untuk mencapai hasil seperti itu maka salah satu jalan yang perlu dilakukan oleh siswa adalah meningkatkan kualitas belajar.

Berkaca dari tujuan itu maka setiap siswa perlu mengikuti berbagai kegiatan untuk menambah ilmu dan wawasan untuk bekal hidup di masa sekarang dan masa mendatang. Oleh sebab itu dengan mengikuti pelajaran dengan sungguh-sungguh diharapkan akan memperoleh hasil yang memuaskan sehingga tujuan hidup dan cita-citanya diharapkan dapat terlaksana.

Seorang pelajar perlu menggunakan cara-cara belajar yang efektif supaya kegiatan belajar memperoleh hasil yang memuaskan. Terdapat banyak cara yang dapat ditempuh oleh pelajar untuk memperoleh kesuksesan belajar. Langkah yang paling mudah dilakukan di era milenial ini adalah mendengarkan informasi dan penjelasan dari guru, mengerjakan tugas, melakukan praktek di laboratorium, dan melakukan praktek di lapangan. Semua kegiatan itu dapat dilaksanakan dengan sukses oleh seorang pelajar jika ia mengetahui cara belajar yang sukses pula. Selamat belajar!

Bagikan tulisan ini:

3 Replies to “7 Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan Untuk Murid Sekolah Dasar”

  1. Sepandai apapun seorang murid jangan pernah melupakan Tuhannya. murid yang memiliki praktek nilai-nilai agama bagus akan mampu memanfaatkan ilmunya untuk memberikan manfaat bagi orang lain dan bukannya untuk membodohi masyarakat di sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *